3

KEARIFAN LOKAL + DUNIA DIGITAL = BELAJAR MENAKJUBKAN (+4)

mokhamad subakri May 31, 2017

1 kerja kelompok kearifan lokal ayo mendidik

KEARIFAN LOKAL

Yang menjadikan siswa kita semakin tertarik untuk terus belajar adalah memulai belajar dari hal yang dekat dengan dunia mereka. Membangun pemahamannya dengan pengalaman-pengalaman belajar nyata sebelumnya. Dengan demikian mereka akan terus merasa nyaman untuk belajar.

DUNIA DIGITAL

Karena mereka Digital Native, tambah bagus dunia nyata yang sedang mereka pelajari kita jadikan media digital. Secara psikologis cara belajar digital sudah sesuai dengan dunia mereka saat ini. Tentunya dunia digital yang kita kenalkan mulai dari hal yang sederhana. Dari yang sederhana ini akan membuat mereka membangun pemahaman tentang dunia digitalnya seperti membangun pembahaman di dunia nyata.

BELAJAR MENAKJUBAKAN

Belajar Menakjubkan merupakan proses belajar di mana siswa tidak merasa belajar. Seluruh indranya ikut belajar hingga semua yang ia pelajari terekam lama di otak bawah sadarnya. Bukan itu saja, ia mampu belajar lebih lama tanpa merasa bosan, waktu serasa begitu cepat berlalu.

Menurut Carin (dalam Anggriamurti, 2009) bahwa teori konstruktivisme adalah teori belajar yang menenkankan bahwa para siswa sebagai pebelajar tidak menerima begitu saja pengetahuan yang mereka dapatkan, tetapi mereka secara aktif membengun pengetahuan secara individual. Menurut Von Glasersfeld (dalam Anggriamurti, 2009) bahwa konstruktivisme adalah salah satu filsafat pengetahuan yang menekankan bahwa pengetahuan kita adalah konstruksi ( bentukan ) kita sendiri. pengetahuan itu dibentuk oleh struktur konsepsi seseorang sewaktu berinteraksi dengan lingkungannya.

2 generasi digital native ayo mendidikDunia digital tidak harus selalu terkoneksi internet. Kita bisa memulainya dengan dunia offline, hal ini bagus bagi anak-anak kita yang belum bisa memfilter dunia maya yang isinya beraneka ragam terbuka bebas.

Salah satu contoh perpaduan kearifan lokal dengan dunia digital yang pernah kami terapkan dalam pembelajaran membuat teka-teki silang materi tema 9 kelas 5. Berikut langkah-langkah dalam pembelajaran tersebut.

  1. Kelas dibentuk menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 4 siswa.
  2. Tiap kelompok membuat 1 muatan pelajaran dengan 1 teka-teki silang
  3. Minimal membuat 3 muatan pelajaran misalkan muatan IPA, IPS, dan SBdP
  4. Tiap muatan minimal terdiri dari 5 pertanyaan mendatar dan menurun
  5. Teka-teki silang ditulis dikertas ulangan
  6. Jika sudah berhasil membuat 1 teka-teki silang di kertas, barulah merubahnya dalam bentuk digital dengan program Excel (program sederhana yang mereka fahami). Lebih bagus mengeditnya dengan laptop apa lagi laptop ACER CHROOMBOOK 14, tambah matab tentunya (maaf bukan promosi ya heeee….)
  7. Guru menilai hasil kerja teka-teki silang.
  8. File teka-teki silangnya diberikan ke kelompok lain untuk dikerjakan di excel. (boleh dengan laptop atau smartphone)
  9. Guru menerima file hasil jawaban siswa lain di file excel. Bisa juga jawaban siswa dikirim hasil screenshoot atau printscreen jika di laptop. Tentuna jika pakai ACER CHROOMBOOK 14 hasil printscreennya semakin jelas dan tajam (bukan promosi lagi ya ….. heeee)
  10. Guru menyimpan file teka-teki silang untuk diprint out dan dikerjakan secara manual dikemudian hari sebagai bentuk lain dari model ulangan tertulis

3 belajar menakjubkan ayo mendidik

KESIMPULAN

Dengan belajar seperti ini siswa akan semakin tertarik untuk belajar. Sebelumnya mereka hanya tahu teka-teki silang dalam bentuk kertas. Kini mereka bisa melihat dan mengerjakan dalam laptop (kami sarankan memakai ACER CHROOMBOOK 14 ….. heee …. Promosi ke-3 kalinya) atau smarphone. Kapan saja dan di mana saja mereka bisa belajar.

SARAN

Guraruers bisa menemukan kaerifan lokal lain yang bisa dipadukan dengan dunia digital. Tentunya mulai dari yang sederhana dan tidak harus online jika dirasa masih ragu untuk anak-anak usia dini (SD). Jika sudah menemukan jangan lupa dibagi di guraru.org. Selamat berinovasi untuk kemajuan pendidikan kita.

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

==============================================*

guraru

AYO MENDIDIK | m. subakri

********************************************

ANIMASI AYO MENDIDIK DINAS TERKAIT

 

520 total views, 3 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!