5

Kartini Modern (+2)

Ninik Febriani December 30, 2013
Kartini Modern itu status yang di tuliskan teman di fesbukku . Mengomentari kegiatan yang kuikuti TWC       ( Teacher Writing Camp ) 3 . Kartini dahulu berjuang untuk mendobrak kekakuan gender yang tidak mengijinkan anak wanita untuk bersekolah melalui surat yang dikirimkannya pada sahabatnya di Belanda.
Kartini modern tak lagi berkirim surat . Zaman surat menyurat sudah mulai ditinggalkan .
Yang dilakukan Kartini modern menuliskan dalam dunia digital .Menembus batas antar negara . Seperti yang diungkapkan oleh Ahmad Fuadi ketika menjadi nara sumber di kegiatan TWC 3. ” Tulisan lebih tajam dari senjata . Sasarannya bisa menembus batas peradaban” . Dahsyat ….
Apa jadinya ya , apabila kala itu Kartini tak suka menulis dan menuangkan kegundahannya . Mungkin tak akan ada kesempatan untuk mengenyam pendidikan bagi para wanita  Melalui tulisan di surat-suratnya Kartini menuangkan harapan dan pemikirannya . Yang kemudian dibukukan ” Habis Gelap Terbitlah Terang “
Melalui tulisan akan banyak hal-hal yang bisa kita bagikan pada banyak orang di era digital sekarang ini. Ungkapan untuk menulis juga disampaikan oleh Guru Gaul Dedi Dwitagama ” Menulislah maka kau akan meninggalkan jejak warna dalam kehidupan “. 
Ketika banyak nama Kartini terlahir di zaman itu ada satu Kartini yang berbeda karena tulisannya.
Dan Kartini era kini pun dapat juga berbeda , bermanfaat dan memberi warna dalam kehidupan.

1,163 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (5)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar