3

KALO BUKAN ANDA WAHAI GURU!!, SIAPA LAGI YANG MEMAJUKAN BANGSA INI (+2)

Imam May 31, 2017

Assalamu’laikum..

PicsArt_05-30-11.26.03

Salam kenal untuk para guru seperjuangan. Dengan segala nikmat yang diberikan oleh Allah dengan kemajuan teknologi yang dasyat membuat para guru mengambil peran yang penting di dalamnya pada dunia pendidikan. Zaman yang serba teknologi menuntut para guru harus bisa menguasai teknologi. Baik guru di perkotaan maupun di pedesaan. Jaringan internet yang sudah dirasakan hingga ke pedesaan tak membuat kecil hati para guru yang ingin mengembangkan keahliannya sebagai pendidik anak bangsa walaupun penghasilannya dibilang masih minim. Berbeda dengan guru yang tidak antusias dengan perkembangan teknologi sekarang, walaupun jaringan internet dimana-mana ia masih belum mampu memaksimalkan penggunaan teknologi sehingga ia akan tertinggal jauh dengan guru yang bergelut dan bergaul dalam teknologi pendidikan.

Pemanfaatan Teknologi

Teknologi sudah banyak sekali orang yang memanfaatkannya dalam dunia pendidikan. Sudah berhamburan di dunia maya pelaku pendidikan telah membuka belajar jarak jauh baik melalui medsos,website maupun produk lain. Semua itu sebagai langkah kongkrit yang telah dibuktikan oleh para guru yang memanfaatkan teknologi semacam ini dalam sharing ilmu pengetahuan dan pengalamannya. Maka para guru yang berstatus resmi pembina anak bangsa janganlah kalah dengan mereka yang tidak mengambil alih pembelajaran di dunia sekolah.

PicsArt_05-31-07.22.34

Peran pemerintah dalam memajukan pendidikan

Pemerintah sangat peduli dengan dunia pendidikan dengan menghadirkan teknologi pendidikan yang berbasis website di setiap sekolah. Pemerintah dengan program setiap sekolah memiliki website menandakan seriusnya pemerintah dalam pengeloaan teknologi pendidikan. Dengan website yang ada pada tiap sekolah segala informasi tentang sekolah dapat tertampung dengan rapi dan tertib. Siapapun bisa mengakses isi informasi sekolah yang berkaitan. Dengan ini juga memacu para guru untuk berfikir kembali sejauh mana pemanfaatan  web dalam dunia pendidikan.

PicsArt_05-31-07.01.10

Guru Adalah Pemeran Utama Dalam Teknologi

Bagaimana mungkin teknologi bisa berkembang sejauh ini jika manusia tidak bersusah payah mengembangkannya. Sejauh ini para guru telah menjadi pemeran utama dalam akses teknologi. Dengan kemampuannya mengendalikan teknologi akam nampak hasilnya dalam menghasilkan anak bangsa yang jenius dan kreatif. Terlebih lagi dunia teknologi dimanfaakannya dalam dunia pendidikan. Siswa masa kini sangat doyan kali dengan kecepatan akses sekarang. Jika guru tidak menjadi pemeran utama di dalamnya maka akan terjadi salah persepsi di antara para anak didiknya, seperti perasaan mereka yang mengatakan “guruku gaptek”. Ini mungkin akan terjadi di daerah yang siswanya yang sangat antusias penuh dengan teknologi.

PicsArt_05-31-07.33.33

Tujuan Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

Seorang guru langsung bisa mentransfer ilmu dan pengalamannya kepada siswa dalam waktu singkat,kapanpun dan dimanapun mereka semua bisa mengakses dari jarak jauh dengan memakai jaringan internet. Tugas dan ujianpun dapat mereka nikmati dengan nyamannya tanpa mesti datang ke rumah guru jika ada soal yang belum dipahami dan dimengerti. Mereka dengan teknologi bisa langsung bertanya melalui medsos atau kolom yang disediakan oleh guru yang gagah teknologi. Dengan mudahnya seorang guru menjawab berbagai soal para siswanya. Sehingga dengan itu semua akan sering terus terjadi dialog dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan selanjutnya diantara guru dan peserta didiknya.

PicsArt_05-31-06.47.33

HP adalah modal

Handphone yang ada di tangan Anda sekarang ini adalah modal utama untuk mengembangkan keahlian Anda sebagai seorang guru dan membantu anak didik mengembangkan prestasi mereka. Dengan HP yang terhubung internet akan lebih mudah mencari informasi pengembangan diri dan membantu siswanya menemukan bakat terbaik bagi mereka.

Menulis pesan dari Handphone

Dengan perangkat yang unik ini seorang guru langsung membina peserta didiknya dari jarak jauh,baik di dalam sekolah maupun di luar sekolah. Namun kebanyakan sekolah-sekolah tidak banyak mengizinkan siswanya membawa handphone dengan alasan dan pertimbangan tertentu. Tapi minat guru menulis pesan tidaklah terhalang karenanya. Masih banyak waktu bagi mereka menerima pesan-pesan dari sang pendidik. Waktu pulang dari sekolah adalah waktu yang efektif bagi mereka menerima pesan-pesan dan nasehat dari guru yang bijak. Pesan ini adalah jalur estafet yang belum maksimal tersampaikan selama di sekolah. Sehingga siswa merasa dipedulikan oleh pendidiknya walaupun mereka sudah tiba di rumah.  Pesan ini bisa dikatakan ‘PESAN MORAL’ bagi seorang peserta didik yang mungkin jauh dari nasehat selama di rumahnya. Pesan moral ini dengan sejuknya bisa dilayangkan melalui medsos siswa atau melalui blog guru dengan terhubung ke group medsos para siswa. Isi pesan singkat disesuaikan dengan tingkat jenjang pendidikan mereka di sekolah. Kalimat yang disampaikan mesti ada perbedaan antara siswa SD, SMP dan SMA atau yang sederajat. Tingkat kepahaman mereka terhadap bunyi pesan sangat diutamakan. Dengan jalan ini akan terus terjalin hubungan sosial  yang hangat diantara para guru dan siswa. Dan isi pesan utama bisa berupa kalimat pertanyaan, motivasi, pernyataan dan sebagainya. Semua kalimat yang disampaikan berisi kalimat positif sesuai perkembangannya.

PicsArt_05-31-06.55.44

Siswa adalah Modal Kebaikan

Guru yang memanfaatkan teknologi dalam pembelajarannya akan berefek baik bagi siswanya dan dirinya selaku pendidik. Bagi dirinya akan mendapatkan kebaikan yang begitu banyak, berapapun yang mendengar penjelasannya asalkan mereka paham dan mengerti hal itu akan menjadi kebaikan untuknya. Lebih lagi jika mereka ikut mengirimkan pesan nasehatmu wahai guru, maka akan ada jutaan kebaikan yang engkau akan dapatkan kelak melalui tangan-tangan mereka. Antusias mereka melebihi antusiasmu dalam hal teknologi sehingga bagi mereka sangat mudah sekali mengshare ulang hasil pesan dan nasehat-nasehat gurunya yang menjadi pavoritnya.

Akhir kata saya sampaikan, bahwa teknologi ini bukanlah semata-mata alat terakhir yang bisa memajukan anak bangsa,namun ketulusan dan semangat guru dalam membina dan mendidik mereka sebagi kunci utama melahirkan generasi anak bangsa yang terbaik. Selamat bagi para guru yang tetap eksis mendidik para siswa walaupun hambatan dan tantangan makin besar yang dihadapinya. Semoga hari demi hari, makin mudah diatasi. Sukses guru Indonesia!!, sukses generasi masa depan..✊

“tulisan ini diikutkan dalam perlombaan menulis Guru Era Baru”

285 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (3)

  1. Avatar of mokhamad subakri

    kalau bukan kita siapa? GURARU jawabannya heeeeeeeee

    tetap semagat pak

    bahwa teknologi ini bukanlah semata-mata alat terakhir yang bisa memajukan anak bangsa,namun ketulusan dan semangat guru dalam membina dan mendidik mereka sebagi kunci utama melahirkan generasi anak bangsa yang terbaik.

    benar sekali teknologi hanya alat

    artikelnya sudah sy VOTE UP dan like facebook
    semoga sukses
    bisa lihat juga inovasi pembelajaran berikut ini
    http://guraru.org/guru-berbagi/peningkatan-motivasi-belajar-siswa-saat-liburan-dengan-game-bom-whatsapp/?replytocom=43267#respond

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!