1

“Janji Jadi Sarjana” untuk Memotivasi Mahasiswa agar Lulus Cepat (+1)

Usep Suhud September 20, 2015

Tulisan di bawah ini terinspirasi dari tulisan berjudul “Mantra Ajaib: Selamat Pagi!” tulisan Ibu Rosiana Febrianti.

Hampir setiap hari saya bertemu dengan mahasiswa tingkat akhir yang sedang menulis Tugas Akhir berupa skripsi. Bagi sebagian mahasiswa, menulis skripsi tentu bukanlah hal yang mudah, untuk itu mereka perlu bimbingan yang inten agar mereka dapat menyelesaikan Tugas Akhirnya tetap waktu. Mahasiswa bisa lulus tepat waktu, artinya kredit akreditasi perguruan tinggi bisa baik.

Untuk menyemangati dan memotivasi, saya membuat sejumlah kartu ukuran besar berbentuk bulat yang saya tulisi “Janji Jadi Sarjana 2015”. Satu per satu mereka saya foto, dan mereka pun selfie dengan kartu itu. Hampir semua dari mereka bahkan memasang foto tersebut sebagai avatar pada akun sosmed mereka masing-masing. Tujuan dari pembuatan dokumentasi ini tak lain agar mereka terus waspada, fokus pada aktivitas yang sedang mereka kerjakan: Cepat selesai menulis Tugas Akhir dan lulus cepat!

Alhamdulillah, semua mahasiswa saya terus semangat menulis hingga akhirnya mereka dapat menyelesaikan Tugas Akhirnya tepat waktu. Dan, awal September lalu mereka diwisuda sebagai Sarjana Ekonomi. Lalu, saya membayangkan, Bapak dan Ibu Guru dapat juga menyemangati siswa-siswinya yang kelak akan mengikuti ujian kelulusan hingga ujian masuk perguruan tinggi, dengan cara yang saya pernah lakukan.

IMG_0907 IMG_0931 IMG_0933 IMG_0935

 

 

 

1,241 total views, 1 views today

Tagged with:

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar