3

Ini Dia Panduan Cara Membuat E-Book Sendiri (+3)

Pengelola Guraru March 18, 2016

Digitalisasi menjadi tantangan tersendiri bagi Guraru untuk menjadi pribadi yang melek teknologi. Dalam dunia pendidikan, teknologi memegang peranan penting sebagai media belajar mengajar. Bukan tanpa alasan, menjadi guru yang update perkembangan teknologi dapat membantu Guraru untuk menemukan metode-metode mengajar yang lebih efektif. Salah satunya adalah metode pembelajaran yang beralih menggunakan e-book.

E-book adalah buku elektronik yang bisa digunakan Guraru untuk meningkatkan produktivitas belajar. E-book dapat menjadi sarana untuk mengeksplorasi materi pembelajaran berkualitas melalui literatur, jurnal, buku, dan sebagainya, dengan lebih praktis. Buku berformat digital ini juga mudah dibawa ke mana saja dan dapat dibuka di berbagai perangkat. Dalam penggunaannya, e-book turut didukung teknologi digital dan audio visual yang membuatnya kian menarik untuk dinikmati.

Dengan keunggulan tersebut, Guraru harus memiliki kemampuan untuk membuat sebuah e-book. Membuatnya tidak sesulit seperti yang Guraru pikirkan, lho. Beberapa software gratis ini bisa memudahkan Guraru untuk membuat e-book sebagai media pembelajaran.

Calibre

 googleimage-Calibre

Sumber : www.google.com

Calibre merupakan software pembuat e-book yang banyak digunakan karena mampu menkonversi ke dan dari hampir seluruh format e-book. Selain didukung multiplatform seperti Windows, Linux dan iOS, Calibre juga memiliki fitur e-book cover creator yang memungkinkan Guraru untuk membuat cover e-book sendiri. Anda bahkan dapat menambahkan daftar isi dan mengubah tampilan e-book supaya lebih menarik.

Mobipocket Creator

googleimage-mobipocket

Sumber : www.google.com

Software ini mendukung Guraru untuk membuat e-book baru dari awal atau import konten yang telah dibuat. Bahkan dengan software ini, Guraru dapat menerbitkan secara langsung e-book melalui Mobipocket Creator. Template e-book pun sudah disediakan oleh software ini seperti photo album, date book, dictionary, quizzes, list, generic database, dan sebagainya.

ePUBee Maker

googleimage-ePUBee-Maker

Sumber : www.google.com

Jika Guraru termasuk guru yang sibuk, maka ePUBee Maker dapat membantu Anda! EPUBee Maker merupakan software yang sangat mudah dan efisien dalam penggunaannya. Tools pada ePUBee Maker juga dapat mengkonversi file Ms.Word ke format ePUB dan PDF secara langsung. Lebih praktis, kan?

Sigil

googleimage-Sigil

Sumber : www.google.com

Berbagai fitur yang tersedia dalam Sigil, mulai dari cover picture, daftar isi, dan indeks, menjadi nilai tambah dari software ini. Fitur tambahan yang tak kalah keren yang dimiliki software ini adalah spell checker untuk mencegah terjadinya typo atau kesalahan penulisan. Bahkan, Guraru bisa menambahkan audio dan video pada e-book melalui software ini!

EcoverMaker

googleimage-Ecover-Maker

Sumber : www.google.com

Selain membuat isi, Guraru juga harus memperhatikan cover atau sampul dari e-book Anda. Oleh karena itu, Guraru membutuhkan software seperti ECoverMaker agar e-book Anda terlihat lebih menarik dan profesional.  Fitur 3D gratis yang ditawarkan oleh software ini bisa Guraru coba untuk membuat cover e-book mandiri.

Kini, Guraru hanya perlu memilih software mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah mengunduh dan meng-install software tersebut dalam PC atau notebook, Guraru bisa langsung membuat e-book dengan praktis.  Yuk, segera buat e-book untuk menambah koleksi buku elektronik dalam perpustakaan digital Anda, Guraru!

 

 

2,167 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar