0

Ingin Jadi Guru Super Kreatif? Ikuti Tips Ini (+1)

Pengelola Guraru March 24, 2017

Menjadi seorang guru merupakan profesi yang menantang. Anda setuju? Tentu saja karena guru dituntut untuk mampu mendidik para murid agar seluruh ilmu diserap dengan baik oleh murid. Untuk itu, Anda harus mengerahkan kreativitas semaksimal mungkin. Nah, tantangan pun dimulai karena kreativitas tidak hadir begitu saja kapan pun Anda inginkan. Kabar baiknya, hal tersebut bisa diakali dengan menerapkan beberapa tips berikut ini.

Aktif Berkomunikasi dengan Sesama Guru

Training formal atau lembaga sekolah tertentu memang mampu membantu Anda mengembangkan diri sebagai guru, tetapi menjalin hubungan yang baik dengan sesama guru juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Melalui komunikasi yang aktif dengan sesama guru, Anda pasti akan mendapatkan berbagai inspirasi dari cerita-cerita yang disampaikan kepada satu sama lain. Selain mengobrol dengan sesama rekan guru di sekolah, cobalah untuk bergabung dengan grup guru di Facebook, follow akun-akun praktisi pendidikan di Twitter, atau subscribe blog milik guru-guru dari luar daerah. Siapa tahu Anda akan mendapat inspirasi yang bisa diterapkan untuk metode pengajaran Anda, bukan?

sesama guru

Jadikan Kesalahan Sebagai Motivasi

Untuk menjadi seorang guru yang kreatif, Anda perlu ingat bahwa tidak semua ide kreatif akan berhasil diterapkan. Namun, bukan berarti ide Anda jelek atau tidak berguna. Setiap kesalahan dapat menjadi dasar dari hal-hal besar yang akan terjadi nanti. Daripada menganggapnya sebagai suatu kegagalan, sebaiknya Anda mencari tahu mengapa suatu ide tidak berhasil diterapkan dan memperbaikinya. Jika terus-terusan merasa terpuruk atau menyesal karena melakukan kesalahan, Anda tidak akan bisa memotivasi anak didik Anda untuk terus maju.

Bawa Catatan ke Mana pun Anda Pergi

Kapan dan di mana Anda biasanya mendapatkan inspirasi? Saat makan siang? Di tengah proses belajar dan mengajar? Tidak ada yang bisa memprediksi kapan inspirasi akan menghampiri Anda. Oleh sebab itu, usahakan untuk selalu membawa catatan ke mana pun Anda pergi. Jadi, ketika suatu ide datang, langsung saja tuliskan pada catatan tersebut. Jangan berpikir apakah ide tersebut bagus atau tidak untuk dicatat. Anda selalu bisa melakukan review yang lebih mendalam kemudian. Membawa catatan juga meminimalisir adanya kemungkinan lupa pada diri Anda. Dengan begitu, tak ada lagi ide-ide yang akan terlewat.

take a note

Luangkan Waktu untuk Melatih Kreativitas

Tidak selamanya inspirasi atau ide kreatif datang menghampiri Anda secara tiba-tiba. Pada banyak waktu, justru Anda yang harus “menghampiri”-nya melalui metode brainstorming atau melatih kreativitas dengan melakukan aktivitas-aktivitas tertentu. Bermain puzzle, Sudoku, atau aktivitas serupa lainnya terbukti mampu meningkatkan konsentrasi dan kreativitas. Ketika melakukannya, jangan fokus kepada hasilnya. Nikmati saja setiap prosesnya. Namun, ingatlah bahwa peningkatkan kreativitas tidak bisa terjadi dalam semalam. Dibutuhkan kedisiplinan dan kesabaran yang cukup tinggi.

Gunakan Teknologi dengan Optimal

Teknologi merupakan salah satu perangkat terbaik yang bisa membantu Anda meningkatkan kreativitas. Anda bisa menggunakannya untuk mencari ide, melakukan brainstorming, dan hal-hal lainnya. Terlebih, di era digital seperti sekarang, guru memiliki tugas dan tanggung jawab untuk bisa menggunakan teknologi secara cerdas. Misalnya, Anda bisa memutarkan video YouTube sebagai bahan pembelajaran di salah satu mata pelajaran atau meminta murid membuat akun blog untuk menulis laporan mingguan tentang aktivitas pembelajaran di dalam kelas.

technology

Kreativitas dapat membantu Anda menyelesaikan masalah. Hal ini tentu sangat berguna bagi guru karena problem-solving merupakan hal yang guru lakukan setiap saat, mulai dari menentukan bahan ajar, menyusun peraturan dalam kelas, hingga membantu murid yang mengalami kesulitan. Kelima cara di atas dapat membantu Anda untuk menjadi guru kreatif yang dibutuhkan oleh anak didik Anda. Selamat bersenang-senang!

6,320 total views, 1 views today

Tagged with: , , ,

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!