8

Info Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tkt.Nasional 2015 (+5)

Taufik Ibrahim May 13, 2015

Foot Inobel 2015

Info penting buat rekan guaruers yang mengajar di SMP dan yang suka membuat karya inovasi pembelajaran. Ini ada info lengkap terkait dengan Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional 2015 atau yang sering dikenal dengan Lomba INOBEL Guru SMP 2015. Kebetulan saya belum boleh ikut dulu tahun ini karena dua tahun lalu tepatnya di tahun 2013 cukup beruntung bisa menjadi salah satu pemenang di Lomba Inobel 2013.  Oleh karena itu, saya tergerak untuk memotivasi rekan-rekan guru SMP sekalian untuk mengikuti ajang bergengsi ini.

Guru sebagai pendidik dan pengajar mengemban tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik termasuk peserta didik di sekolah menengah pertama (SMP). Agar guru SMP dapat melaksanakan tugasnya secara optimum, maka guru SMP wajib melakukan inovasi pembelajaran dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang berdampak positif terhadap peningkatan mutu pendidikan nasional. Sejatinya, upaya peningkatan mutu pendidikan di SMP dapat dilaksanakan melalui berbagai cara. Salah satu di antaranya yaitu melalui lomba inovasi pembelajaran (Inovasi pembelajaran) bagi guru SMP.

Inovasi pembelajaran menjadi sangat penting dan diperlukan mana kala dikaitkan dengan peningkatan mutu pendidikan. Pembelajaran yang inovatif diyakini dapat menggerakkan, menyemangati, dan mendorong siswa untuk membelajarkan diri, untuk mengembangkan potensinya. Karenanya, guru SMP perlu didukung secara optimum untuk melakukan inovasi pembelajaran.

Berkenaan dengan hal itu, Direktorat P2TK Dikdas, Ditjen Dikdas, Kemdikbud melaksanakan Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2015. Penyelenggaraan lomba tersebut dimaksudkan untuk mendorong peningkatan profesionalisme guru dalam pembelajaran. Pada gilirannya, pelaksanaan lomba tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru dalam pengelolaan pembelajaran, sehingga dapat mewujudkan lulusan yang bermutu, produktif, kreatif, inovatif, dan memiliki daya saing global.

Pelaksanaan lomba ini merupakan ajang kompetisi inovasi pembelajaran bagi guru SMP, baik dalam hal pendekatan, model, metode, strategi, dan media pembelajaran untuk memecahkan masalah pembelajaran. Suatu inovasi yang dapat memecahkan masalah di kelas yang dapat meningkatkan mutu hasil belajar siswa. Melalui lomba ini, karya-karya inovasi yang terpilih dapat dimanfaatkan menjadi rujukan bagi guru SMP dalam peningkatan mutu pembelajaran.

Manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan ini di antaranya:

  1. meningkatnya profesionalisme guru SMP dalam proses pembelajaran;
  2. terbangunnya budaya belajar sepanjang hayat, kreatif, dan inovatif dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah;
  3. meningkatnya partisipasi guru SMP untuk melakukan inovasi pembelajaran;
  4. meningkatnya motivasi belajar siswa SMP yang pada gilirannya akan meningkatkan mutu hasil belajar siswa di sekolah; dan
  5. terbukanya peluang peningkatan karier dan penghargaan bagi guru SMP peserta lomba Inovasi pembelajaran.

Tema lomba inovasi pembelajaran bagi guru SMP tingkat nasional tahun 2015 adalah “Inovasiku Mendukung Proses Pembelajaran yang Bermutu Menuju Indonesia Pintar” Judul karya inovasi pembelajaran yang diikutkan dalam lomba mengacu pada tema tersebut di atas. Sedangkan isi karya inovasi pembelajaran yang dilombakan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan yang berkaitan dengan pengembangan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran.

Deadline pengiriman naskah lombanya ke Panitia Pusat sekitar pertengahan Juli 2015. Info lengkap jadwal lombanya ada di Pedoman Lomba Inobel 2015.

Penghargaan

Pemberian penghargaan bagi nominator dan pemenang Lomba Inovasi pembelajaran bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2015 untuk tingkat pusat/nasional, sebagai berikut.

  1. Peringkat 10 Terbaik Karya Inovasi Pembelajaran Tingkat Nasional (The Best Ten)

Tabel Penghargaan Lomba Inovasi Pembeajaran bagi Guru
SMP Tingkat Nasional Tahun 2015

NO

PERINGKAT

PENGHARGAAN

UANG *)

IMBAL PRESTASI

1 Juara 1 Rp35.000.000 1 Laptop
2 Juara 2 Rp33.000.000 1 Laptop
3 Juara 3 Rp31.000.000

1 Laptop

4 Juara 4 Rp29.000.000 1 Laptop
5 Juara 5 Rp27.000.000 1 Laptop
6 Juara 6 Rp25.000.000 1 Laptop
7 Juara 7 Rp23.000.000 1 Laptop
8 Juara 8 Rp20.000.000 1 Laptop
9 Juara 9 Rp18.000.000 1 Laptop
10 Juara 10 Rp15.000.000 1 Laptop

 

2. Peringkat 11 s.d 102 (Nominator)

Nominator dengan peringkat 11 s.d. 102 masing-masing akan menerima penghargaan dalam bentuk uang pembinaan sebesar Rp8.500.000*) (delapan juta lima ratus ribu rupiah) dan ditambah imbal prestasi berupa 1 (satu) laptop.

*)Pajak ditanggung penerima penghargaan.

Mengenai ketentuan terkait Persyaratan Peserta, persyaratan karya, serta teknik & sistem penulisan naskah serta ketentuan lainnya bisa unduh dan baca Pedoman Lomba Inobel 2015 Download Pedoman Inobel Tahun 2015

Semoga bermanfaat!

Salam Kreasi Inovasi Motivasi!

www.taufikibrahim.wordpress.com

2,257 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (8)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar