8

Iklim yang Sehat di Guraru (+4)

Taufik Ibrahim May 29, 2015

logo guraru

Masih terekam kuat di benak saya kala beberapa tahun lalu saya sempat bertanya kepada salah satu ekspert di web guraru ini, yaitu Pak Bukik Setiawan, dimana di sebuah kesempatan saya pernah bertanya seperti berikut ini:

Bagaimana cara yang paling efektif agar dalam sebuah organisasi dapat tercipta iklim yang sehat dalam arti semua pegawainya mau bekerja dan bergerak seirama dalam konteks bekerja dengan atmosfer kreasi dan inovasi? Misalnya para guru di sebuah sekolah.  Mohon sarannya, terima kasih sebelumnya!

Demikian pertanyaan saya saat itu, dan alhamdulillah tidak lama kemudian dijawab oleh Pak Bukik Setiawan demikian:

Kualitas organisasi sekolah menurut saya memang yang jarang diperbincangkan dalam pembicaraan mengenai pendidikan. Padahal kualitas sekolah yang bisa menstimulasi para guru untuk belajar dan berkembang.

Perlu dipahami di awal, perubahan iklim sekolah itu berkaitan dengan relasi, baik relasi antara kepala sekolah (manajemen) dengan guru maupun relasi antar guru sendiri. Jadi mari kita fokus pada penataan ulang relasi tersebut.

Pertama, dapatkan sponsor perubahan. Perubahan tergantung pada pemimpinnya. Bagaimana sikap kepala sekolah terhadap perubahan? Apakah aktif mendukung, pasif mendukung, pasif menolak atau aktif menolak? Bila aktif mendukung, maka sudah didapatkan sponsor perubahan. Tugas agen perubahan menjadi ringan. Diskusikan rencana perubahan dengan kepala sekolah. Bila tidak, maka perlu mencari dukungan dari seorang guru senior untuk mendukung perubahan.

Kedua, identifikasi guru-guru yang berperilaku positif. Dalam setiap komunitas, ada orang-orang yang menunjukkan penyimpangan positif. Cirinya: bertindak atau bersikap positif terhadap perubahan dan cenderung optimis. Agen perubahan perlu berbicara secara personal dengan guru-guru tersebut.

Ketiga, rancang aktivitas/kegiatan kecil yang pro perubahan. Ibaratnya seperti seorang petani, mereka menolak menggunakan bibit padi baru sebelum melihat sendiri buktinya. Jadi ciptakan aktivitas kecil yang pro perubahan dan tunjukkan manfaatnya bagi semua guru. Aktivitas ini bisa bersifat individual (praktek masing-masing guru di kelas) atau bersifat sosial (seminar, kunjungan dll). Mengapa kecil? Agar aktivitas mudah mencapai sasaran. Hanya dengan tercapainya sasaran, kita bisa menceritakan keberhasilan dan meyakinkan lebih banyak orang.

Keempat, berbagi cerita antar guru yang positif maupun dengan sponsor perubahan. Berbagi cerita ini akan saling menguatkan diantara pelaku perubahan. Setelah itu, seorang guru diminta menceritakan pengalaman perubahan guru positif yang lain kepada rekan-rekan guru. 

Kelima, ajak keterlibatan guru-guru yang lain. Bila cerita perubahan sudah banyak dan sering diceritakan maka akan tercipta suasana yang lebih menerima perubahan. Ajaklah keterlibatan guru untuk berubah. Dengarkan mereka, pahami kesulitannya dan sebisa mungkin membantu kesulitan tersebut.

Jadi kata kunci: sponsor perubahan, , identifikasi guru-guru yang berperilaku positif,  praktek baik oleh beberapa orang, sebarkan cerita perubahan, dan ajak guru yang lain. Karena perubahan adalah mengenai relasi, pastikan terjalin relasi yang saling menghargai, termasuk menghargai guru yang menolak perubahan. Semakin banyak cerita positif perubahan yang dibagikan, semakin perubahan dapat terwujud.

Sebuah jawaban yang sangat memukau menurut saya, mengapa demikian? Karena dengan jawaban seperti itu saya pun jadi punya semangat berlebih untuk mempraktekkannya. Nahhh…jika saya kaitkan dengan hadirnya web guraru ini maka menurut saya ada kaitannya dengan apa yang Pak Bukik sampaikan di atas,  terlebih lagi jawaban tersebut secara tidak langsung juga menggambarkan kondisi pola komunikasi para guraruers yang tergabung di web guraru ini. Hadirnya banyak guru hebat di web guraru ini dimana para guraruers tersebut sangat aktif berbagi pengalaman terbaik yang mereka miliki seputar pembelajaran serta adanya pola komunikasi yang positif dengan bermunculannya berbagai komentar yang saling menguatkan antar guru. Sebuah anugerah tak terhingga tentunya saat kita bisa mendapatkan energi positif di web guraru ini.

Terkait dengan Buku Quantum Ikhlas yang ditulis oleh Erbe Sentanu yang sempat saya baca, ada bagian buku tersebut yang membahas seputar Hukum Gaya Tarik Menarik atau yang disebut Law of Attraction (LOA) dimana di dalam LOA atau Hukum Daya Tarik Menarik tersebut secara ringkas dikatakan bahwa Manusia adalah magnet, dan setiap detail peristiwa yang dialaminya datang atas daya tarik menarik (undangan)nya sendiri. Dikatakan lebih lanjut dibuku Quantum Ikhlas tersebut adalah untuk lebih menghayati hukum daya tarik menarik, lihatlah diri anda sebagai sebuah magnet besar yang selalu menarik apa saja sesuai dengan fokus dengan apa yang sedang Anda pikirkan dan rasakan. LOA tersebut juga menyebutkan bahwa sesuatu akan menarik pada dirinya segala hal yang satu sifat dengannya. Ini menjelaskan mengapa seseorang senang berkumpul dengan mereka yang satu hobi. Atau ketika kita memutar tombol tunning radio ke 99,9 FM maka siaran radio 99,9 FM-lah yang akan kita dengar, karena kita paham bahwa sinyal di menara radio dan di pesawat radio kita harus sama.

Mungkin, inilah sebabnya mengapa di website Guraru ini berkumpul para guru-guru yang memiliki frekuensi yang sama, memiliki keinginan yang sama untuk berbagi pengetahuan, saling sharing, saling komentar atas artikel, saling memberi rating dan yang tidak kalah penting menurut penulis adalah berkumpulnya para guru di Guraru ini adalah untuk memajukan dunia pendidikan di Indonesia.

Bermunculannya para guru yang akhirnya masuk ke dunia kepenulisan baik yang masih baru taraf memunculkan semangat menulis (hehehe…termasuk saya yang masih belajar menulis) maupun yang sudah termasuk “senior” dalam hal kepenulisan, menandakan energi yang sangat positif dari ‘organisasi’ guraru ini. Sebuah Iklim yang sehat dari web guraru ini idealnya menjadi contoh yang pas bagi para guru di sebuah organisasi persekolahan dimana para gurunya terus terpacu untuk saling berbagi inspirasi dan ikut menciptakan atmosfer pendidikan yang kreatif dan inovatif.

Terlepas dari adanya Lomba Menulis Bulan Pendidikan yang diadakan beberapa pekan terakhir ini, sebagai salah satu sponsor perubahan, Guraru tentunya menjadi wadah yang tepat bagi para guru yang berperilaku positif untuk berkumpul sekaligus menjadi ‘magnet’ bagi guru lainnya untuk terinspirasi dan akhirnya ikut gabung di web guraru ini. Semoga Guraru tetap eksis dan konsisten untuk membantu memajukan dunia pendidikan di Indonesia!

Salam Kreasi Inovasi Motivasi!

opikdetik1

www.taufikibrahim.wordpress.com 

1,448 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (8)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar