2

Hidup Bermakna melalui Sikap Mental Positif (+2)

Usep Saefuddin December 25, 2015

Surround yourself with only people who are going to lift you higher

 (Kelilingi dirimu dengan hanya orang-orang yang akan mengangkatmu lebih tinggi)

-Oprah Winfrey-

Hidup lebih bermakna merupakan jalan menjadi kaya hati, jalan mendapat keberkahan, jalan meraih cinta illahi dan jalan memperoleh kebahagiaan. Dalam meraih hidup yang bermakna, tidak terlepas dari sikap mental positif. Hidup yang bermakna, ditandai dengan keberhasilan atau kesuksesan dalam aktivitas kehidupannya. Rahasia meraih formula sukses, antara lain:

  1. Hasil yang jelas
  2. Tindakan nyata
  3. Sikap mental positif

Hasil yang jelas dan tindakan nyata sangat dipengaruhi oleh sikap mental positif. Sikap (attitude) merupakan cara berpikir atau perasaan tentang seseorang atau sesuatu, biasanya tercermin dari perilaku seseorang. Sikap juga bisa diartikan sebagai sikap mental yang berperan sangat besar bagi kesuksesan seseorang. Sikap mental positif (positive attitude) yaitu sikap mental yang ditunjukan seseorang sebagai syarat mutlak meraih kesuksesan, peace of mind (kedamaian pikiran) dan kebermaknaan hidup dalam bidang apa pun termasuk di dunia kerja. Sikap yang positif akan memberikan dampak yang positif dan sikap yang negatif akan memberikan dampak yang negatif pula, baik secara langsung atau tidak langsung.

Hidup lebih bermakna melalui sikap mental positif sangat membantu dalam upaya meraih impian, keinginan dan harapan dalam kehidupan. Menurut Onggi Hianata dalam Hidayat (2015: 8) diungkapkan bahwa, “Kecepatan anda mencapai impian anda tergantung kepada seberapa butuhnya anda terhadap impian tersebut”. Karena dengan sikap mental positif menyadarkan kita untuk menerima kenyataan hidup bahwasannya setiap orang pasti memiliki masalah. Dengan demikian prinsip hidup yang harus dipegang adalah, “yang menjadi masalah bukan masalahnya, melainkan sikap kita terhadap masalah” (Karana, 2015: 2).

Meraih kebermaknaan hidup melalui sikap positif, implementasinya adalah syukur dan sabar.

Gambar 1 Rumus Bahagia=Sabar + Syukur

Sumber:https://syaifulmangantjo.files.wordpress.com/2013/03/sabar-dan-syukur-1.jpg

Syukur

Firman Allah SWT dalam QS Ibrahim ayat 7 dijelaskan bahwa:

Jika kalian bersyukur, maka Allah akan menambah nikmat itu kepada kalian. Dan jika kalian ingkar, maka siksa-Ku amat keras.

Syukur menurut Amiruddin (2015: 6) adalah, “menempatkan sesuatu secara proporsional dengan menerima realitas (kenyataan hidup) itu apa adanya”. Syukur mendorong untuk berusaha mengembangkan apa yang telah diraih, dengan menyadari bahwa kesuksesan itu bersifat temporer (sementara), begitu pun juga dengan kegagalan yang bersifat temporer.

Dengan demikian bersyukur merupakan kunci utama meraih hidup penuh makna. Seperti juga lirik lagu D Massive berikut ini:

Syukuri apa yang ada

Hidup adalah anugerah

Tetap jalani hidup ini

Melakukan yang terbaik

Tuhan pasti kan menunjukkan

Kebesaran dan kuasanya

Bagi hambanya yang sabar

Dan tak kenal putus asa

Makna lirik di atas bahwa kita patut senantiasa bersyukur atas karunia Tuhan yang telah diberikan. Kita akan senantiasa ditunjukkan kebesaran dan kuasanya, manakala disertai dengan kesabaran.

Sabar

Sabar menurut Amiruddin (2015: 6) adalah, “lapang hati menerima kegagalan dengan menyadari bahwa kegagalan itu bagian dari dinamika kehidupan”. Implementasi sabar, meyakini bahwa kegagalan merupakan bagian dari proses menuju kesuksesan (kesuksesan yang tertunda), yang harus dibayar dengan belajar tiada henti.

Dari uraian di atas, marilah kita meningkatkan kebermaknaan hidup kita melalui sikap mental positif dengan bersikap syukur dan sabar. Semoga bermanfaat…

Referensi:

Amiruddin, Aam. (2015). Membangun Bisnis Penuh Berkah. Handout Training PKBL PT Biofarma. Bandung: Tidak diterbitkan.

Hidayat, Muhammad. (2015). Going Winner. Handout Training PKBL PT Biofarma. Bandung: Tidak diterbitkan.

Karana, Asep Ridrid. (2015). Kiat-kiat Menuju Wirausaha Sukses. Handout Training PKBL PT Biofarma. Bandung: Tidak diterbitkan.

2,002 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar