2

Harapan Guru dan Harapan Siswa (+1)

Kusnandar Putra August 11, 2013

Suatu saat kita akan memanggil anak-anak kita yang telah dewasa. Mereka kini telah menjadi seorang ulama, seorang dokter, seorang guru, se0rang yang bermanfaat tentunya. Mereka akan menggenggam masa depan, sehingga kita yang kemudian akan menjadi tua, dan hanya berhadap kepada yang muda. Apa yang sudah kita bekali pada diri mereka sejak berada di kelas? Apakah hanya bersenda gurau?

Teringat penulis dengan sebuah penilitian, tenyata ada sekian persen anak-anak SMA turut meramaikan penjara. Mereka adalah korban tawuran, narkoba, pemerkosaan, dan semislanya. Ini merupakan pertanyaan bagi guru, mengapa bisa terjadi? Bukankah bekal pendidikan agama sudah mumpuni di kelas? Apa yang sebenarnya kita sajikan di kelas? Apakah semata mata pelajaran dunia? Dan menghilangkan nilai-nilai spiritual (baca: tauhid)?

Sudah saatnya kita kembali mengevaluasi pembelajaran kita. Mari kita membuat sebuah pola pikir ke depan, bagaimana bisa merefleksikan pembelajaran ke masa tua. Mau jadi apa anak-anak kita nantinya? Apakah menjadi sosok yang membanggakan atau membangkrutkan?

Siswa kita punya harapan, siapkah kita mewujudkan yang terbaik untuk mereka?

Wallohu a’lam…[]

2,288 total views, 3 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

  1. Avatar of Pak Sukani @gurumelekIT

    Terimakasih pak Kusnandar Putra atas sharingnya. Harapan guru dan harapan siswa tentunya yang baik-baik dan tentunya harus bisa diwujudkan. Yang mewujudkan harapan siswa adalah siswa itu sendiri dengan segala ikhtiarnya dan kita sebagai guru sebagai fasilitator dapat memotivasi, membimbing, mengarahkan dan mengawasi pergaulan siswa tersebut.

    Orang tua siswa juga memberikan peran penting disini dalam mewujudkan harapan siswa tersebut.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!