2

Guru Ngajar Pake HP (+2)

Imam May 24, 2017

Assalamualaikum

Segala puji milik Allah ta’ala, shalawat serta salam terlimpahkan kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yang telah membina umatnya hingga tuntas.

Alhamdulillah atas segala kenikmatan yang Allah berikan berupa kemajuan teknologi zaman ini. Alangkah hebatnya otak yang Allah ciptakan untuk manusia hingga mereka menciptakan teknologi dengan izinNya. Betapa besar manfaat teknologi saat ini khususnya untuk kaum guru sebagai pendidik dan murid sebagai peserta didik yang menerima ilmu.

Guru Ngajar Pake HP

Monitor layar lewat HP

Tentunnya sangat asing bagi sebagian kalangan pendidik cuma bawa HP saat mengajar. Namun bagi kebanyakan guru yang memanfaatkan HP sebagai media pembelajaran tentu sangat bermanfaat. Efesien waktu dan cepat selesai pekerjaanya.

Apa saja yang bisa kita buat dengan HP mungil ini dalam dunia mengajar?? Tentunya banyak yang bisa kita buat, diantaranya :

  1. Merancang pengajaran di kelas
  2. Membuat soal-soal offline atau online. Baik yang pilihan ganda , essay, mencocokkan atau juga soal benar atau salah.
  3. Presentasi materi jarak jauh,tidak selalu duduk di tempat meja guru. yaitu dengan menghubungkan HP dengan komputer agar bisa digerakkan dari jarak jauh.
  4. Menyimpan data perangkat pembelajaran.
  5. Mengirim tugas-tugas online melalui blog dan email.
  6. Mengambil gambar diskusi siswa dan hasil karya mereka yang dihubung dunia internet.
  7. Dengan HP guru mencari informasi pendalaman materi guna meningkatakan wawasan guru.
  8. Membuat absen sidik jari online’ bisa dilakukan sesekali.

Dan masih banyak lainnya yang bisa kita buat dengan HP. Lebih menarik lagi jika gurunya mengenalkan dan meyakinkan muridnya akan manfaat HP dalam dunia pendidikan.

chatingan

Bukan sekedar chatingan, main game yang banyak menghabiskan waktu lagi melalaikan ,namun HP banyak bisa diambil manfaatnya sebagai ladang amal jariyah,seperti :

-seorang guru yang membuat presentasi cara belajar shalat,

– cara membaca alquran,

– cara cepat hafal alquaran

– cara belajar yang nyaman dan sebagainya.

Semua hal itu jika dilakukan oleh sang guru agar mendapatkan ribuan kebaikan bahkan jutaan kebaikan dunia akhirat dengan cara disharing dan diamalkan orang lain.

Apa fakta guru bisa disenangi oleh siswa?? Dengan guru mengolah materi yang disampaikan dengan cara yang kreatif dan inovatif tentu membuat murid mudah menerima ulasan yang disampaikan oleh guru. Dan guru tersebut akan menjadi buah bibir yang baik bagi murid-muridnya. Mereka akan gembira atas kedatangan sang guru yang kreatif dengan HP saat mengajar.

Menjadi Guru Idaman

Guru yang kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi akan lebih terjadi komunikasi  yang baik dengan siswanya. Guru yang seperti ini akan banyak dikerumunin oleh mereka yang antusiasias dengan dunia teknologi. Guru sekarang secara bijak hendaknya lebih suka dengan teknologi demi memperlancar pendidikan masa kini yang serba cepat dan kilat. Sangat disayangkan tidak memanfaatkan teknologi HP sebagai media pembelajaran eksklusif.

Wahai guru, jangan sungkan-sungkan menggunakan HP sebagai media pembelajaran.

Sebagai contoh kita praktekkan saat mengajar di kelas hanya dengan membawa HP. Lebih diutamakan HP yang terhubung ke internet. Maka sudah sepantasnya mengajar dengan HP kecil imut mempunyai daya tarik tersendiri bagi kawula muda zaman kini. Selamat sukses, dunia akhirat!!

 

“Artikel ini ditulis untuk mengikuti lomba Guru Era Baru”

 

 

 

495 total views, 3 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar