3

Guru melek internet akan mencerdaskan siswa (+3)

I Gusti Lanang Gede Putra Astawa May 30, 2017

Lebih siap menghadapi perkembangan jaman menjadi salah satu tujuan pendidikan yang terimplisit di era sekarang ini. Hal ini disebabkan oleh perkembangan teknologi dan informasi yang berjalan dengan pesat menyentuh hampir ke seluruh lapisan masyarakat. Diharapkan peserta didik mampu untuk menghadapi perkembangan teknologi dan informasi untuk kehidupan mereka di masa depan.

Oleh karena itu, pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah hendaknya harus mampu memfasilitasi peserta didik dalam menghadapi dampak dari perkembangan teknologi dan informasi tesebut. Karena, kita menyadari tidak semua perkembangan teknologi dan informasi tersebut berdampak positif. Tanpa adanya kesiapan, tidak heran generasi muda lebih mudah terjerumus ke dampak negative dari pesatnya perkembangan teknologi dan informasi.

Melihat fenomena perkembangan teknologi dan informasi sekarang ini, dapat kita simpulkan bahwa kita berada dalam era digital. Kehadiran telepon pintar (smartphone) dan teknologi internet yang paling dominan menjamah ke kehidupan siswa. Munculnya social media yang beragam dan perkembangan game smartphone menjadi salah satu alasan siswa untuk memiliki sebuah smartphone. Sehingga, tidklah heran, hampir setiap siswa memiliki sebuah smartphone yang mereka pergunakan dalam kehidupan sehari-hari

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia (APII) menunjukkan bahwa sebanyak 6,3% dari pengguna internet di Indonesia adalah pelajar. Angka ini menunjukkan bahwa internet sudah menjadi primadona di kalangan pelajar di Indonesia.

Sumber : www.apjii.or.id

Sumber : www.apjii.or.id

Angka yang tinggi juga ditunjukkan oleh statistic pengguna internet di Indonesia. Dari 8,3 juta pengguna, sebanyak 768 ribu merupakan pengguna yang berusia 10-14 tahun. Usia ini adalah usia siswa SD dan SMP. Di mana dalam usia ini, anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Sehingga, jika tidak diarahkan dengan baik dapat menyebabkan mereka terjerumus ke hal yang negative.

Sumber : www.lpjii.or.id

Sumber : www.lpjii.or.id

Peran guru dalam memberikan manfaat positif internet ke siswa

Guru seharusnya tidak merasa kahwatir dengan perkembangan internet. Jika bisa memanfaatkan dengan baik, internet bisa menjadi sarana pembelajaran yang menyenangkan. Bisa memberikan pengetahuan baru yang tidak terdapat dalam buku teks pelajaran. Contoh sedehananya adalah dengan memanfaatkan search engine google untuk mencari informasi yang dapat pemahaman siswa dalam mempelajari sebuah materi atau memanfaatkan Youtube untuk mencari video tentang pembelajaran.

Untuk bisa memotivasi siswa untuk belajar, guru bisa memberikan informasi tentang berbagai macam kuis maupun soal online kepada siswa. Salah satunya adalah lomba KUIS KIHAJAR yang diselenggarakan oleh Kemendikbud. Berikut merupakan langkah untuk mengikuti KUIS KIHAJAR 2017.

TV Edukasi

Klik gambar untuk melihat langkah

  • Untuk bisa mengikuti kuis, siswa harus mendaftar dulu dengan melakukan klik daftar di menu atas dan mengisi segala informasi.
Klik untuk melihat langkah

Klik gambar untuk melihat langkah

  • Setelah mendaftar, silakan masuk dengan menggunakan username dan sandi yang telah dibuat saat mendafar.
Login

Klik gambar untuk melihat langkah

  • Dalam sebulan, siswa dapat mengerjakan 30 paket soal yang diberikan.
  • Tiga peserta terbaik, akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti kegiatan final KUIS KIHAJAR 2017.
Peserta Kius KIHAJAR dari sekolah tempat penulis mengajar

Peserta Kuis KIHAJAR dari sekolah tempat penulis mengajar

  • Selain, dengan mengikuti kuis yang diselenggarakan secara online, siswa juga bisa mengikuti kuis KI HAJAR melalui mengirim SMS. Syaratnya adalah siswa harus menonton tayangan TV Edukasi. Soal kuis SMS akan diberikan di sela-sela tayangan TV Edukasi.

Rasa ingin berkarya siswa juga dapat ditingkatkan melalui internet. Banyak informasi lomba bisa diperoleh melalui internet. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut. (Klik untuk link untuk informasi lebih lengkap)

Adanya media komunikasi seperti Whatsapp, BBM, dan Line dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah grup belajar. Ini memberikan akses kepada guru untuk dapat lebih sering berbagi informasi dan memberikan materi maupun soal.

Rajin-rajinlah membelajarkan diri untuk bisa terjun ke dunia internet. Salah satunya adalah menjadi guru blogger. Blog bisa menjadi media pembelajaran dan sarana untuk berbagi informasi kepada siswa. Selain itu, blog juga dapat dijadikan sarana untuk memotivasi siswa untuk menulis.

Gatra Guru

Blog berbagi informasi yang dibuat penulis

Blog buatan penulis sebagai media pembelajaran siswa

Blog buatan penulis sebagai media pembelajaran siswa

Untuk mengatasi keinginan siswa bermain game, berikan mereka masukan game atau aplikasi yang memberikan edukasi. Selain di playstore, kita bisa mencari game dan aplikasi tersebut di website m-edukasi.kemdikbud.go.id. Di sana banyak terdapat aplikasi maupun game edukasi yang bisa diunduh secara gratis.

cocokkan

Game melatih ingatan yang penulis upload ke playstore. Sumber : https://play.google.com

 

medukasi

Sumber: m-edukasi.kemdikbud.go.id

 

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

1,165 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar