2

Guru Masa Kini, Sahabat Teknologi (+2)

HIDAYATI ida June 1, 2017

      Tidak dapat dipungkiri, bahwa saat ini dunia telah mengalami perubahan peradaban yang semakin maju . Kemajuan peradaban tersebut disebabkan oleh perkembangan teknologi yang semakin pesat dan canggih . Kemajuan teknologi yang semakin canggih membawa peradaban yang maju masuk ke dalam era globalisasi, yaitu sebuah era dan masa terjadinya sistem kerja global secara cepat dan mendunia, sehingga dunia menjadi semakin dekat dan seolah tanpa jarak. Karena globalisasi terjadi hampir menyeluruh, dan menyentuh semua aspek dan sistem peradaban dunia, maka tak pelak lagi, dunia pendidikan juga tersentuh oleh arus globalisasi, terutama sistem pendidikan.
Globalisasi yang menyentuh sistem pendidikan, menyebabkan semua pendukung yang terlibat dalam sistem tersebut, baik itu kurikulum, guru, siswa serta sarana dan prasarana pendidikan, masuk dalam pusaran tekologi yang semakin cepat dan canggih, sehingga dibutuhkan perubahan pola pikir dan tingkah laku, serta sikap proaktif untuk menyikapi globalisasi yang terjadi dalam sistem pendidikan. Sebagai ujung tombak sistem pendidikan, maka gurulah yang menjadi pelopor utama dalam mengubah pola pikir, tingkah laku serta sikap proaktif untuk menjadi lebih masa kini.
Lebih masa kini , berarti guru dapat mengambil serta menerapkan kecanggihan teknologi dalam mengajarkan disiplin keilmuannya. Guru harus menjadi sahabat teknologi yang baik, minimal guru bisa mengenalkan dan menggunakan aplikasi pembelajaran berbasis web, buku digital, aplikasi soal online, mengenalkan macam-macam mesin pencari informasi / browser untuk mencari informasi tentang pendidikan , serta berbagai macam fitur teknologi lainnya. Ketika guru menjadi sahabat teknologi yang baik, maka secara tidak langsung, guru juga mendidik siswa untuk menjadi sahabat teknologi yang baik, sehingga kelak mereka menjadi lebih siap dan bijak untuk hidup disuatu era dan masa yang tentu saja lebih canggih dari era saat ini , yaitu “ abad 21”.
Berikut ini adalah berbagai macam contoh penggunaan teknologi yang positif , yang dapat di jadikan sumber pembelajaran .

1.Memanfaatkan web browser / mesin pencari informasi, sebagai sumber referensi dalam pembelajaran.
Keberadaan mesin pencari informasi yang terhubung dengan jaringan online, memudahkan guru untuk mengakses beragam informasi sebagai sumber referensi dalam pembelajaran. Dengan beragamnya sumber referensi, membuat pembelajaran semakin lebih kaya akan informasi, lebih aktual, dan lebih masa kini, sesuai dengan perkembangan zaman.
Ada berbagai macam mesin pencari yang dapat digunakan ketika akan mencari sumber pembelajaran secara online diantaranya , Google chrome, internet explorer, Mozilla firefox, tube mate, atau you tube. Mesin pencari ini mi apat diinstal ke dalam computer, maupun smartphone, serta tablet. Cara pengunaannya juga mudah, tinggal mengklik gambar aplikasi tersebut, kemudian kita tinggal mengetik kata kunci/kata utama dari bahan yang akan kita cari, bahan yang diperoleh juga bisa didownload dan disimpan, ataupun dibagikan kepada siswa dalam bentuk file.
Berikut ini adalah tampilan icon dari mesin pencari / web browser

download (3)

images_1496299535621

2. Memanfaatkan aplikasi smartphone note ( smartphone tablet) untuk membuat bahan ajar digital
Teknologi yang semakin canggih juga berdampak pada penambahan fungsi dari sebuah telepon genggam . Telepon genggam yang dulunya hanya sebagai alat komunikasi, kini didesain menjadi lebih canggih. Kecanggihan telepon genggam dapat terlihat dari cara penggunaan melalui layar sentuh / screentouch , serta tampilan yang trendy dengan beragam aplikasi yang dimiliki. Karena itu, dimasa kini, telepon genggam dikenal dengan telepon pintar / smartphone.
Satu diantara aplikasi dari telepon pintar adalah smartphone note, aplikasi note ini membuat guru dapat menulis, membuat gambar, serta menyusun bahan ajar secara digital. Sisi positif dari smartphone note adalah lebih “ ramah lingkungan”, karena guru tidak perlu lagi menulis pada kertas yang berbahan dasar pepohonan, tetapi cukup menulis diaplikasi note pada telepon pintar. Bahan yang ditulis dapat disimpan dalam bentuk gambar, dan file berbentuk pdf, dan guru dapat membagikannya pada siswa . Berikut ini adalah gambar hasil tulisan digital pada telepon pintar / smartphone note.

FB_IMG_1496300214773FB_IMG_1496300025941

3. Memanfaatkan proyektor, dan blog dalam menyampaikan materi pembelajaran.
Beragam sumber pembelajaran yang diperoleh secara online, maupun bahan ajar yang disusun secara digital, dapat dibagikan kepada siswa dalam bentuk file, melalui e-mail, shareit, ataupun Bluetooth, serta dapat juga dicopy melalui flashdisk, atau bisa juga menggunakan WhatsApp, Face Book, maupun BBM. Dalam kelas, guru dapat menggunakan proyektor, untuk menyampaikan detil dari materi pembelajaran, bahannya bisa dalam bentuk power point melalui komputer, atau bisa juga langsung melalui smartphone. Diluar kelas, sebagai bahan pembelajaran siswa dirumah ,guru bisa memberikan latihan soal yang di bagikan di blog yang dibuat oleh guru. Sebagai contoh blog guru matematika yang beralamat di www.ida-aboutida. blogspot.com.

4. Memanfaatkan portal kelas online serta portal guru online sebagai sumber informasi peningkatan kompetensi guru, dan siswa.
Teknologi yang semakin canggih, memungkinkan siswa dan guru belajar kapan dan dimanapun. Beragam portal kelas online seperti Edmodo, Quipper school, maupun kelas 123, memungkinkan siswa dan guru berkomunikasi dalam kelas maya. Kelas ini sangat membantu guru memantau perkembangan pembelajaran siswa, saat harus meninggalkan siswa melaksanakan tugas di luar daerah.

  Screenshot_2016-11-15-05-15-48-886_com.miui.homeScreenshot_2016-11-15-04-54-38-467_com.fusionprojects.edmodo

Untuk portal guru online, guru dapat mengikuti beragam portal guru untuk meningkatkan kompetensi yang, diantaranya

1. SEAMOLEC  yang beralamat di www.seamolec.org.  Di SEAMOLEC, guru dapat mengikuti beragam pelatihan online, yang menawarkan beragam media pembelajaran yang aktual dan menyenangkan

2. guraru,  yang beralamat di www.guraru.org.  Di guraru guru dapat mencari beragam informasi yang dapat dijadikan bahan  referensi pembelajaran,  baik artikel, video, serta informasi tentang guru era baru

3.Kesharlindungdikmen, beralamat diwww.kesharlindungdikmen.id.         Kesharlindungdikmen,  merupakan portal online dibawah naungan KEMDIKBUD,  yang menawarkan berbagai informasi baik berupa bimtek, lomba serta peningkatan mutu guru lainnya

4. Komunitas Guru menulis yang beralamat di Facebook Guru Menulis.  Guru  dapat bergabung menjadi anggota komunitas untuk melestarikan budaya berliterasi, dengan menulis fiksi maupun non fiksi,  yang selanjutnya akan dibukukan dan terbit menjadi buku ber ISBN

Begitu beragamnya kecanggihan teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai sumber peningkatan kompetensi guru dan siswa.  Guru harus bisa bersahabat baik dengan teknologi, agar siswa dapat belajar dari guru cara yang baik memanfaatkan teknologi lebih positif, dan mampu menjadi guru masa kini, yang mampu mempersiapkan siswa menyongsong abad 21

453 total views, 3 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

  1. Avatar of mokhamad subakri

    sy belum bergabung di pont 1 dan 4 mas, semoga bisa bergabung di sana
    terima kasih sudah berbagi, ulasannya lengap top banget

    artikelnya sudah sy VOTE UP dan like facebook
    semoga sukses
    bisa lihat juga inovasi pembelajaran berikut ini
    artikel 1
    http://guraru.org/guru-berbagi/peningkatan-motivasi-belajar-siswa-saat-liburan-dengan-game-bom-whatsapp/?replytocom=43267#respond
    artikel 2
    http://guraru.org/guru-berbagi/kearifan-lokal-dunia-digital-belajar-menakjubkan-2/

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!