3

Guru Lebih Pede Dengan Acer Chromebook 14 (+1)

Teddy Niswansyach Gaps May 29, 2017

IMG-20170529-WA0005

Pahlawan Tanpa Tanda Jasa. Begitu orang-orang menyebut profesi seorang guru di Negara tercinta ini. Bagi saya, menjadi seorang guru bukan sekedar pekerjaan mencari nafkah, namun seorang guru memiliki peran sosial di masyarakat. Guru dituntut berperan dalam memberantas kebodohan, dari tidak tau menjadi tau dan dari tidak mengerti menjadi mengerti, sehingga tercipta perubahan pola pikir dan perubahan sikap anak didik. Oleh karenanya, seorang guru yang professional harus memiliki kualitas dalam melaksanakan peran sosial tersebut.

Semakin lama, proses belajar mengajar terhadap anak didik terus mengalami peningkatan dan tantangan. Bagaimana tidak, di era teknologi informasi sekarang kehidupan berjalan cepat dan lebih praktis. Begitu pula halnya dengan proses belajar mengajar, jika seorang guru tidak mampu meningkatkan profesionalitas dan kualitas diri maka proses belajar mengajar akan mengalami tantangan hingga rintangan. Ada kalanya anak didik lebih mengetahui daripada guru kemudian guru lainnya akan cepat meningkatkan mutu belajar mengajarnya. Itu semua terjadi akibat era yang berubah, bahwa teknologi dan informasi telah merambah ke dunia pendidikan.

Untuk menjawab tantangan zaman itu semua, maka seorang guru harus mampu menyesuaikan diri dalam perubahan tersebut. Guru melek teknologi, seorang guru harus mampu menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi kedalam praktek belajar mengajar. Tidaklah sulit, selagi ada kemauan pasti ada jalan. Solusi jitunya adalah seorang guru harus mampu meningkatkan mutu pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi. Kemudian yang tak kalah pentingnya adalah dengan memilih produk teknologi yang tepat dan handal.

Sekolah adalah rumah kedua bagiku. Selain di rumah dan di kampus, sekolah merupakan tempat keseharian menghabiskan waktu untuk beraktivitas. Hari Senin sampai Sabtu diisi dengan mengajar di sekolah. Pada Sabtu siang dan hari Minggunya diisi dengan kuliah di Strata 2 jurusan Manajemen Pendidikan pada Perguruan Tinggi Negeri di Kota Pekanbaru. Memang begitulah, aktivitas yang dilakukan untuk mengejar impian. Mengajar dan juga terus belajar mengasah kualitas diri. Sepintas terfikir oleh-Ku bahwa tidak ada waktu untuk memanjakan diri dengan refreshing. Makanya tanggal merah dan hari libur kumanfaatkan sekali untuk me-recharging fikiran dan fisik yang sudah lelah ini.

Saya mengajar di SD Negeri 58 Kelurahan Suka Mulia Kecamatan Sail Kota Pekanbaru. Profesi guru sudah Ku-jalani selama hampir sepuluh tahun. Banyak suka dan duka dalam proses belajar mengajar. Namun semuanya wajib dijalani demi memajukan anak bangsa. Di tahun ini diriku diamanahkan untuk mengajar anak didik di kelas 4. Anak didik berjumlah 23 orang yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Mata pelajaran yang Ku-ajarkan kepada anak didik yakni PKN, Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, SBDK dan PLH.

SD Negeri 58 Kota Pekanbaru, tempat-Ku mengajar berjarak sekitar 5 km dari tempat tinggal. Aktivitas yang selalu kulakukan setiap hari mulai dari Senin hingga Sabtu. Memang dibutuhkan keyakinan dalam melaksanakan kewajiban sebagai seorang guru. Sebab menghadapi anak didik tidaklah mudah seperti yang dibayangkan. Dua puluh tiga orang anak tentu memiliki kharakter yang berbeda pula. Diperlukan kesabaran dan ketekunan untuk dapat menjadikan mereka berguna bagi bangsa dan membanggakan keluarganya.

Bagi seorang guru, teknologi berperan penting didalam proses belajar mengajar di masa kini. Oleh sebab itu pemilihan produk teknologi yang tepat dan handal menjadi salah satu kunci kesuksesan proses belajar mengajar. Laptop merupakan penunjang proses belajar mengajar. Setelah dua kali gonta ganti laptop, akhirnya pilihan-Ku jatuh kepada laptop yang canggih satu ini, yakni Acer Chromebook 14. Laptop yang memilki segudang keunggulan dan jawara di kelasnya.

Acer Chromebook 14 memberikan performa handal sesuai ekspektasi kita para guru yang memiliki jadwal padat mengajar. Kenapa harus memilih dan menggunakan Acer Chromebook 14? Pertama adalah karena Acer Chromebook 14 kuat dan tahan lama. Bagaimana tidak, Acer Chromebook 14 telah dirancang sebagai perangkat untuk produktivitas tinggi dan portable dibuktikan dengan baterai yang memiliki tenaga hingga 12 jam. Daya tahan baterai yang lama ini tentu cocok dengan profesi guru yang memiliki produktifitas tinggi. Dengan demikian kita tidak perlu khawatir mencari colokan untuk recharging.

Bodi Acer Chromebook 14 dikontruksi lebih solid sehingga membuatnya tangguh. Bodinya dilapisi teknologi Gorilla Glass 3 sehingga aman dari resiko goresan, bantingan, dan kerusakan bodi lainnya. Laptop ini juga tahan bantingan meskipun terjatuh dari ketinggian 48 inci dan mampu menahan beban hingga 60 kg. Ada lagi, keyboardnya didesain secara spill-resistant agar mencegah dari tumpahan air. Sistem ‘selokan’ dibawah keyboard dan touchpad dapat mengalirkan tumpahan air hingga 330 ml air kebawah laptop melalui dua lubang pembuangan air, keren kan?.

Tidak saja kuat diluar begitu juga di dalamnya. Acer Chromebook 14 memiliki prosesor Intel generasi ke-6, yaitu Skylake dengan performa lebih cepat dan tangguh dalam menangani pekerjaan yang kompleks. Pekerjaan kita pun menjadi lancar karena laptop ini didukung dengan RAM yang dapat di-upgrade hingga 8 GB.

Di era digital seperti sekarang, pekerjaan sering dituntut serba cepat, namun juga harus tepat dan teliti. Informasi dan teknologi menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan dari pekerjaan sehari-hari. Oleh karena itu, internet dan media sosial telah menjadi kebutuhan sekunder untuk menunjang pekerjaan guru yang kompleks.

Untungnya Acer Chromebook 14 didukung dengan standar teknologi koneksi wireless terbaru, yaitu WiFi MIMO 2×2 802. 11 ac yang tersedia didalam laptop. Teknologi koneksi itu akan meningkatkan koneksi internet lebih optimal. Kita bisa menikmati konektivitas dan stabilitas internet 3x lebih cepat sehingga mengunduh film berkualitas HD, merngirim e-mail hingga meng-upload album atau video di media sosial hanya dalam hitungan jari.

Jangan khawatir bagi para guru yang sering mentransfer data. Karena Acer Chromebook 14 dilengkapi dengan USB 3.1 type C yang mampu melakukan transfer data lebih cepat dibandingkan USB biasa. Ukurannya juga kecil, dan port ini bisa digunakan bolak-balik sehingga lebih praktis dan tidak ribet. Jadi, pantas saja Acer Chromebook 14 dengan keunggulan-keunggulannya mengukuhkan sebagai laptop 14 inci tercepat di kelasnya.

Dengan Laptop yang handal, maka sudah seharusnya proses belajar mengajar akan berlangsung lebih baik lagi. Oleh karena itu, seorang guru yang melek teknologi dan informasi akan lebih mampu menampillkan kualitas belajarnya. Teknologi Informasi dan Komunikasi memang telah memberi arti yang significant dalam proses belajar mengajar, terutama di sekolah. Media pembelajaran yang dapat Ku-rekomendasikan dengan pemanfaatan Teknologi Informasi antara lain yakni :

  1. Presentasi

Presentasi di sekolah bertujuan agar anak didik lebih mudah memahami dan menangkap materi yang disampaikan. Dalam presentasi kita dapat membuat slide semenarik mungkin dengan menambahkan tampilam warna, dan menampilkan animasi maupun film. Untuk menunjang kualitas presentasi yang baik maka tentu ditunjang dengan laptop yang handal terutama Acer Chromebook 14.

Kemudian presntasi akan lebih tepat dengan menggunakan LCD proyektor yang mampu menampilkan gambar dengan kualitas tinggi. Proses belajar dengan presentasi menjadi kiat pembelajaran yang kekinian sehingga diharapakan mampu meningkatkan pemahaman anak didik.

  1. Demonstrasi

Demonstrasi biasanya digunakan untuk menampilkan suatau kegiatan di depan kelas, semisal eksperimen. Kita dapat membuat film seperti tayangan yang menampilkan cara-cara mencari soal matematika. Kita juga dapat memanfaatkan media internet untuk menampilkan animasi yang berhubungan dengan materi yang diajarkan.

Tayangan tersebut tentu akan lebih menarik minat anak didik sehingga minat anak didik lebih tinggi untuk belajar.

  1. Dokumentasi

Pendokumentasian proses belajar mengajar di sekolah dengan menggunakan laptop Acer Chromebook 14 tentu akan lebih memudahkan menyampaikan materi pembelajaran. Banyak materi pengajaran yang dapat kita simpan di laptop sehingga mudah untuk kita sampaikan di depan kelas. Begitu juga, proses belajar seperti kerja kelompok yang dapat kita dokumentasikan melalui kamera laptop. Pendokumentasian itu bertujuan agar menumbuhkan semangat dan minat anak didik sekaligus sebagai bahan evaluasi belajar bagi guru.

  1. Media Sosial

Media sosial yang sedang populer dan menjamur di masyarakat tentu memiliki segi positif yang dapat kita tarik dalam proses belajar mengajar. Jejaring sosial akan mampu menghubungkan guru dengan anak didik di luar sekolah. Jika kita berfikir bahwa proses belajar mengajar tidak saja di dalam sekolah, tentu jejaring sosial akan mampu membantu anak didik yang kesulitan dalam mengerjakan PR nya.

Ada kalanya anak didik yang tengah mengerjakan PR ataupun sedang belajar kelompok menanyakan pelajaran melalui media sosial. Sebagai guru sebaiknya dengan senang hati akan merespon berbagai kesulitan belajar anak didik diluar sekolah.

Semoga pengalaman ini dapat memberikan inspirasi terhadap guru-guru lainnya dalam menghadapi era digital sekarang. Meskipun demikian, seorang guru sepertiku tentu harus lebih banyak belajar lagi dan meningkatkan kualitas dengan sesama tenaga pendidik. Karena yang mesti diingat adalah tujuan yang sama dari proses belajar mengajar yakni menjadikan anak-anak didik berguna bagi bangsa, agama dan keluarga mereka. ***

Artikel ini diikutkan dalam dalam “Lomba Menulis Guru Era Baru”

926 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar