8

Guru, Kunci sukses Kurikulum 2013 (+3)

Agus Purwanto September 13, 2013

Penerapan kurikulum 2013 telah bergulir dimulai dibeberapa sekolah negeri dan swasta. Sosialisasi pun terus digiatkan baik oleh pemerintah maupun oleh lembaga swasta yang koncern terhadap dunia pendidikan, dan atau oleh sekolah secara mandiri.

Dalam beberapa kesempatan sosialisasi masih saja terdengung kuat rasa galau atas penerapan kurikulum 2013 dalam diri banyak kepala sekolah dan guru. Lepas dari semua penyebab kegalauan (sebagaian besar disebabkan karena informasi yang kurang komprehensif), disadari pentingnya kualitas guru untuk mensukseskan kurikulum 2013.

Apapapun kurikulumnya yang terpenting adalah gurunya. Guru harus terus dibekali melalui pelatihan dan workshop. Kompetensi yang menjadi sasaran untuk mensukseskan implementasi kurikulum 2013 adalah pembelajaran yang menyenangkan dengan berbasis pda IT. IT tidak lagi diajarkan kepada siswa tetapi pembelajaran  di kelas  menggunakan IT.

Hal mendasar lain adalah karakter guru. Sehebat apapun guru dalam bidang IT jika karakter guru payah maka pembelajaran akan sangat mekanistik, dan terasa asing. Siswa bisa bener bener tercerabut dari akar budaya bangsa yang mengandung kearifan dan keluhuran. Oleh karena itu, bagaimana guru terus mengadakan pembaharuan diri dalam rangka pengembangan karakter.

Berbagai kompetensi lain dapat kita tuliskan lagi sebagai deretan atas kualifikasi guru yang profesional untuk implementasi kurikulum 2013. Tapi mulai dari sini nampaknya sangat penting jika tidak akan terus berada dalam arus kegalauan.

3,322 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (8)

  1. Avatar of Bu Etna @gurutematik

    Ya benar, bagaimanapun kunci suksesnya adalah guru. Gurulah yang langsung melayani siswa dalam pembelajaran. Guraru marilah kita tingkatkan terus profesionalisme kita, Insya Allah pendidikan di Indonesia terus meningkat kualitasnya. Terima kasih sharingnya pak Agus, salam perjuangan.

  2. Avatar of Botaksakti

    pelatihan dan workshop penting sekali. Hanya saja, guru tidak bisa hanya mengharapkan kesempatan seperti itu. Hendaknya guru juga lebih berupaya memajukan dirinya sendiri. Caranya? Ya begini ini, saling sharing gratisan. Ahahahahaa……..salam, Pak. Menarik sekali artikelnya!

  3. Avatar of Bu Etna @gurutematik

    Ya benar, saya juga ikut mengajar dengan kurikulum 2013, hanya menerapkan silabus dan mengembangkan ya berdasarkan analisis dan pengalaman kurikulum sebelumnya. Karena itu kami memerlukan masukan dari Guraru yang mengikuti workshop. Please help us Guraru, hehehe. Salam perjuangan.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!