5

Guru Inovatif: Media Sosial Sebagai Sarana Edukasi yang Asik (+2)

Mursid Firsabi May 30, 2017

Topik: Peran Guru Melek Teknologi dalam Digital Citizenship

Dunia teknologi telah mengalami perkembangan yang pesat. Teknologi seperti teknologi informasi, teknologi digital, teknologi komunikasi, dan sebagainya telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Sayangnya, pesatnya perkembangan teknologi tidak menjamin adanya kebermanfaatan dari penggunaan teknologi tersebut. Sebenarnya, penggunaan teknologi akan memberikan pengaruh positif terhadap berbagai aspek kegiatan jika digunakan dengan baik dan benar. Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, pemanfaatan teknologi sebagai alat edukasi akan memberikan dampak yang lebih daripada hanya menggunakan cara-cara konvensional. Guru seharusnya memahami betapa pentingnya sarana pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswanya.

Simak video berikut:

YouTube Preview Image

Remaja di Indonesia pada umumnya menyukai media sosial. Bahkan, tidak sedikit yang memiliki lebih dari satu jenis media sosial di handphone mereka. Media sosial memiliki berbagi dambak baik dampak positif maupun dampak negatif. Namun, media sosial memiliki kecenderungan dampak negatif lebih besar. Selain itu, penggunaan media sosial acap kali kurang bermanfaat.

status galau

Gambar 1. Contoh penggunaan media sosial yang kuarang bermanfaat

status keren

Gambar 2. Contoh penggunaan media sosial yang bermanfaat

Melihat fenomena tersebut, guru yang cerdas akan mampu membuat inovasi dengan memanfaatkan fenomena yang ada. Misalnya, siswa diberikan tugas untuk melakukan sebuah analisis terhadap suatu masalah yang tengah di hadapi oleh remaja Indonesia. Setelah melakukan analisa, kemudian siswa ditugaskan untuk memberikan solusi bagi permasalahan tersebut.  Kemudian analisis permasalahan beserta solusinya diunggah dijejaring sosial milik mereka. Dengan begitu secara tidak langsung siswa mendapatkan berbagai manfaat seperti kebiasaan untuk melakukan analisis terhadap permasalahan yang sedang mereka hadapi, terlatih untuk berpikir kritis dan solutif. Selain itu, mereka juga akan terlatih untuk menggunakan jejaring sosialnya dalam hal yang positif dan bermanfaat.

Dari uraian di atas, diketahui bahwa teknologi dapat digunakan untuk menunjang aktivitas pembelajaran. Guru yang melek teknologi akan mampu menggunakan teknologi guna memperlancar proses edukasi. Guru yang melek teknologi mempunyai peran penting dalam menentukan karakter siswanya dalam menyikapi perkembangan teknologi dan permasalahan yang ditimbulkan. Tentunya. hal ini secara tidak langsung juga berpengaruh terhadap perkembangan masyarakat digital pada umumnya.

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru

323 total views, 2 views today

Tagged with:

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (5)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!