0

Guru Berani Menginspirasi dengan Teknologi (+1)

Pengelola Guraru May 19, 2017

isi 1

Entah karena sudah merasa terlalu nyaman atau “takut” dengan perubahan, ada kalanya  beberapa guru masih memilih untuk tidak menyentuh teknologi dalam proses belajar dan mengajar. Mereka akan berkata, “Mengapa saya harus mencoba teknologi X atau Y jika selama bertahun-tahun saya bisa mengajar dengan baik tanpa hal tersebut?”

Apabila menemui rekan sesama guru yang mengatakan hal serupa, jangan pernah meremehkannya atau bahkan menjauhinya. Sebaliknya, Anda justru harus merangkul guru tersebut untuk membantu mengajarinya menggunakan teknologi dalam proses belajar mengajar. Ingatkan bahwa seperti murid, guru pun juga tak boleh berhenti belajar agar bisa terus update dengan dunia pendidikan, khususnya pada bidang teknologi. Karena guru menjadi ujung tombak di lapangan dalam program pemanfaatan internet untuk pembelajaran.

Membantu Murid Menggunakan Teknologi Secara Positif

Di era digital, tidak mengherankan apabila murid Anda sudah melek teknologi sejak kecil sehingga ia terbiasa menggunakannya. Masalahnya, tidak ada yang bisa menjamin bahwa konten yang diakses murid Anda benar-benar sesuai dengan usia dan kebutuhannya. Sebagai guru, Anda bisa mengajak rekan-rekan guru lain untuk membantu murid menggunakan teknologi secara positif, khususnya pada bidang pendidikan.  Seperti konsep digital citizenship, yaitu konsep bagaimana menggunakan perangkat digital secara cerdas.

Misalnya, saat mendapatkan konten menarik dari internet yang sesuai dengan materi pelajaran, Anda bisa membagikannya kepada murid, contohnya seperti e-book atau artikel blog. Coba jelaskan pula kepada rekan-rekan guru bahwa jika bukan mereka, siapa lagi yang akan membantu murid untuk menggunakan teknologi secara positif selain orangtua?

isi 2-2

Kerja Sama Antar Guru dalam Membuat Konten Pembelajaran

Menggunakan teknologi bisa cukup merepotkan bagi para guru yang belum familiar dengan hal tersebut. Karenanya, usahakan untuk membentuk tim teknologi demi mengajarkan penerapan teknologi pada guru-guru lain. Selain itu, diperlukan pula kerja sama antar guru dalam membuat konten pembelajaran, yang pasti akan melibatkan guru Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Guru TIK ini akan membantu guru lain untuk mengaplikasikan internet dan teknologi dalam mata pelajaran masing-masing. Sebagai contoh, untuk pelajaran agama, guru bisa membuat video yang berisi aktivitas keagamaan sebagai sumber belajar yang menyenangkan.

Metode Belajar yang Selalu Baru dan Seru

Tren di Indonesia selalu datang dan pergi dengan cepat. Sebagai orang yang bertanggung jawab dalam bidang pendidikan, seorang guru dituntut untuk selalu update dengan berbagai isu yang beredar agar materi yang dijelaskan kepada murid tidak ketinggalan zaman. Teknologi bisa membantu Anda dan rekan guru lain untuk mewujudkan hal tersebut.

Tidak hanya update tentang isu terkini, Anda juga bisa update dengan teknologi itu sendiri sehingga mampu menciptakan berbagai metode belajar baru seiring dengan adanya teknologi terbaru. Dengan menerapkan metode belajar yang selalu berbeda, murid Anda pasti akan jauh lebih semangat untuk belajar di dalam kelas.

isi 3

Teknologi Bisa Menghemat Waktu

Guru merupakan profesi yang sangat mulia sekaligus menantang. Tugas Anda tidak hanya masuk ke kelas, mengajarkan materi, lalu selesai. Anda juga harus memastikan bahwa setiap murid mampu memahami materi yang Anda sampaikan. Di luar kelas, Anda juga masih harus bertemu dengan setumpuk tugas lain seperti menilai tugas, membuat soal, dan lain sebagainya sehingga waktu menjadi hal yang amat berharga.

Nah, dengan teknologi semakin membantu Anda dan rekan sesama guru lebih menghemat waktu. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan teknologi untuk mempermudah pekerjaan Anda, misalnya seperti aplikasi electronic grade book untuk mencatat seluruh progress murid atau electronic lesson planner.

Informasi tentang pembelajaran menggunakan teknologi lebih jauhnya bisa Anda cari melalui situs-situs kredibel seperti erintegration.com dan learningliftoff.com. Sebagai ujung tombang pendidikan, sudah saatnya seluruh guru di Indonesia melek teknologi demi pembelajaran yang semakin optimal dan jauh dari kata membosankan. Semangat!

612 total views, 3 views today

Tagged with:

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar