5

Guru Harus Menjadi Penguasa (+2)

Botaksakti June 13, 2013

Ada pepatah, dalam abad informasi ini, pemilik informasi adalah penguasa. Maknanya, siapa yang bisa menciptakan informasi maka dialah yang akan ‘mengendalikan’ hidup banyak orang. Tentu bukan berarti bisa menentukan hidup mati orang lain, melainkan informasi-informasinya tersebut akan membuat orang lain mengikutinya atau bahkan meneladaninya.

Untukbisa menciptakan informasi tentu bukanlah pekerjaan mudah. Butuh kecerdasan, kreativitas, dan kerja keras. Akan tetapi, kalaupun belum bisa menciptakan informasi, menjadi yang selalu up date terhadap informasi baru juga sudah cukup membantu.

Berkait dengan profesi keguruan yang kita jalani, penguasaan terhadap informasi ini menjadi begitu penting. Kita berhadapan dengan anak-anak yang lahir dan besar dalam asuhan arus zaman yang begitu cepat. Sumber aneka informasi bisa mereka akses dengan sangat mudah dan cepat pula. Ini jelas memungkinkan mereka mendapatkan informasi semau mereka. Mengeremnya sama saja dengan merangsang mereka untuk menambah kecepatan  berlarinya.

Barangkali hal itu pula yang menjadi penyebab semakin merosotnya kewibawaan guru.

“Halah….gurunya saja tidak tahu!”, begitu mungkin rutuk siswa manakala menemukan guru yang tidak mengetahui informasi terupdate.

Bila itu sampai terjadi, boleh jadi guru akan diposisikan semakin terpinggirkan. Buat apa guru, di luar sana banyak ‘guru’ yang lebih pandai, lebih ‘gaul’, dan lebih segalanya. Bahkan, juauh….lebih sabar(internet kan guru yang tak pernah marah?).

Oleh karena itu, sebagai guru sudah semestinya untuk terus berupaya menjadi guru yang terdepan, utamanya dalam soal up date informasi. Kita akan dipandang ‘berat’ oleh siswa manakala kita bisa mengimbangi atau sukur-sukur bisa mendahului pengetahuan mereka. Manakala mereka tahu kita ‘nyambung’ dengan informasi yang menyerbu mereka, mereka akan tunduk dan kagum.

“Wah, guru saya keren, lho. Sepertinya tahu banyak hal. Gaul benar pokoknya!”, begitu kira-kira celoteh mereka.

Bila sudah begitu, percayalah segala tindak dan pemikiran kita akan mereka ikuti. Mereka akan menaruh kepercayaan bahwa mereka berada di tangan guru yang tepat.

203 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (5)

  1. Avatar of Bu Etna @gurutematik

    Bapak, penguasa kan berarti ganda, hehehe. Ternyata dugaanku keliru, isinya bagus sekali. Insya Allah kita semua bisa menjadi guru yang handal, sehingga generasi penerus kita dapat membuat Indonesia melejit, menyamai bahkan melebihi negara-negara yang sudah sangat maju. Amin. Terima kasih atas motivasinya, semoga saya masih mampu meningkatkan diri demi melayani bangsa. Kita harus belajar untuk mengajar yang lebih baik; pengalaman sendiri atau orang lain dapat dijadikan contoh.

  2. Avatar of Botaksakti

    Hehehe…maaf, Ibu, sengaja :D Sepakat, Bu, tugas guru itu belajar, fungsi guru adalah sebagai pengajar. Keduanya dalam satu rangkaian yaitu mendidik, diri sendiri dan anak bangsa. Terimakasih, Bu, salam hormat!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!