7

Guru Gaul Doyan Ngeblog (+7)

Imam May 25, 2017

Wordpress

Assalamu’alaikum.. Wahai guru semua,  semoga dalam keadaan baik-baik saja hinga kini. Dalam era digital seperti sekarang ini setiap guru diharapkan terbiasa bergaul dengan teknologi. Karena inilah guru akan lebih dekat dengan para siswanya yang basik mereka sekarang dengan teknologi. Setiap dari mereka hampir semua memiliki alat komunikasi canggih seperti android. Jika guru tidak terpacu dengan alat komunikasi ini, bisa jadi guru tidak menjadi bahan ilmu oleh siswanya karena pemahaman yang minim terhadap teknologi. Guru hari ini belum dikatakan terlambat untuk MELEK TEKNOLOGI, selama masih ada keinginan kuat dari dalam hatinya untuk mendalaminya.

Guru Ngeblog-Guru Oke

ngeblog oke

Blog adalah sejenis konten dalam bentuk website yang bisa diisi berbagai informasi, khususnya masalah pendidikan. Di Indonesia aktivitas nge-Blog sudah menjamur secepat kilat dalam perdetiknya. Ribuan informasi bisa didapatkan dari blog. Uniknya nge-blog bisa dimiliki oleh siapappun, baik yang berprofesi sebagai guru atau lainnya. Dan sangat unik dan asyik sekali guru bisa nge-Blog di zaman ini. Karena dengan beban tugasnya sebagai pendidik mampu meluangkan waktunya untuk menulis dan mengotak-atik blog. Blog bersifat gratis yang bisa di dapatkan dari blogger atau wordpress.  Yang jadi pertanyaan, seberapa pentingkah blog itu bagi guru?? Apakah zaman ini, blog itu sangat mendesak sifatnya untuk dimiliki ?? Jika dilihat sekilas, ngeblog itu sebuah aktivitas sampingan jika ada waktu luang. Ssssst, tunggu dulu , ternyata bukan hanya aktivitas sampingan tapi aktivitas ini ternyata sangat berguna untuk Guru Era Baru  masa kini !! Apa saja manfaatnya bagi seorang guru !! Mari kita simak manfaat besar bagi guru jika memiliki sebuah blog, diantaranya :

  1. Guru bisa menulis apa saja dengan tema sesuai keinginan.
  2. Guru bisa membuat materi ringkasan dari pelajaran yang telah disampaikan dengan mempublish kontennya.
  3. Nge-Blog bagi guru adalah pekerjaan mengasah kemampuan dalam menghasilkan ide-ide kreatif dan inovatif.
  4. Guru bisa membuat soal latihan dengan jawaban di kolom komentar dengan aturan moderasi bagi setiap jawaban siswa. Kenapa harus dimoderasi? Jawabannya adalah agar siswa minim mengkopi paste jawaban temannya dan memacu para siswa membuat jawaban sendiri.
  5. Guru akan semakin mengetahui betapa manfaatnya mendalami teknologi karena langsung terjun di dunia blogger.
  6. Nge-Blog sebagai trik model pendekatan guru terhadapa peserta didik agar semakin hangat komunikasinya dengan para siswanya.
  7. Melalui blog guru bisa membuat soal online baik yang bentuknya pilihan ganda atau essay. Terlebih lagi soal UN masa kini sudah menggunakan UNBK(ujian nasional berbasis komputer). Guru sudah saatnya berlatih sejak dini mendalami soal yang demikian lewat aktivtas nge-Blog. Dan soal-soal online tersebut bisa didapat dari google drive sebagaimana yang saya pernah buat bagi peserta didik. Contohnya klik disini yang kami cantumkan di dalam konten blog “Quis Tauhid kelas 2 Mts “
  8. Dengan nge-Blog seorang guru akan memiliki teman para blogger yang senantiasa membatunya dalam pengembangan ilmunya terhadap dunia blog.
  9. Yang lebih utama lagi, guru akan mensharing hasil karya tulisannya untuk dimanfaatkan oleh banyak orang.

Dari segudang manfaat nge-Blog bagi guru yang disebutkan di atas, maka sudah saatnya masing-masing guru bidang study memiliki blog yang ia gunakan sebagai aktivitas keahlian tambahan di dunia maya. Kabar gembira bagi guru, ternyata untuk membuat blog cukup mudah. Syarat utama membuat blog adalah memiliki email. Bagi yang belum memiliki email kami jelaskan di sini. Setelah email sudah ada, maka ikuti langkah membuat blognya pada video tuturial yang kami buat untuk Anda sebagai pendidik. Selamat sukses mendidik!! Maju Pendidikan, Maju Indonesia !!

Berikut adalah langkah-langkah praktis membuat blog wordpress :

1. Buat email bagi yang belum punya. Klik disini buat email.

2. Jika ingin blognya berbahasa indonesia maka klik id.wordpress.com agar lebih mudah.

3. Setelah terbuka klik “mendaftar” pada pojok kanan atas.

4. klik “ daftar post terbaru saya “ di bagian bawah kiri.

5. lalu pilih tema yang dikehendaki, klik sekali.

6. kemudian buat URL/alamat situs yang dikehendaki, contoh “ gurusukangeblog”, lalu dipilih.

7. pilih paket hosting yang tersedia ada yang gratisan (Ruang simpan 3G), dan ada yang berbayar.

8. Setelah memilih paket gratis, lalu isilah email , nama pengguna & sandi. Lalu klik “buat akun “

9. Tunggu hingga muncul “lanjutkan” ,maka klik lah kata tersebut.

10. Saat web sudah muncul, maka klik aktivasi pada email yang dijadikan pendaftaran wordpress.

11. klik “ konfirmasi sekarang “ pada email yang masuk.

12. Jika sudah dikonfirmasi , maka web ini bisa digunakan. Alhamdulillah…

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

398 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (7)

  1. Avatar of Imam

    جزاكم الله على حضوركم
    وشكرا على تحيتكم
    Maksih sudah berkunjung pak M. Alim dan maksih juga atas sambutan hangatnya
    Semoga para guru termotivasi

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!