2

Guru gaul, disayang murid? (+4)

Dewiayu May 31, 2017

251

Seperti apa sih guru yang jadi kesayangan siswanya?
Apa harus cantik? Harus tampan? Harus cerdas? Atau harus gaul?

Sebenarnya tugas pokok seorang guru adalah mendidik bukan hanya mengajar, apa perbedaan mendidik dan mengajar?
Sangat berbeda sekali mendidik berarti membentuk sedangkan mengajar berarti memberi ajaran.

Membentuk sama halnya dengan membuat fondasi, jadi tugas dari seorang guru adalah membuat fondasi dari siswa-siswa yang di didiknya, fondasi di sini memiliki pengertian yang mengarah pada pembentukan karakter dan untuk membentuk karakter seseorang diperlukan seseorang yang dekat dengannya.

Di zaman serba tekhnologi begini terutama yang tinggal di kota besar sangat tidak mungkin bagi anak-anak muda tidak memiliki yang namanya media sosial.
Media sosial sudah bagaikan nafas kehidupan disetiap detik mereka, aktivitas setiap orang dapat kita ketahui melalui media sosial, namun sayangnya generasi tua membiarkan dirinya dalam keadaan gaptek (gagap teknologi) karena mereka merasa teknologi bukan style mereka dan bukan zaman mereka lagi.

Namun, para guru harus mengubur dalam-dalam pemikiran bahwa teknologi hanya pantas untuk anak-anak muda saja, karena guru mesti tahu peran teknologi dalam menciptakan profesionalitas dunia pendidikan :

  1. Surga Informasi
    seperti halnya buku sebagai jendela ilmu, jika pemanfaatan teknologi dilakukan secara tepat hasilnya juga akan sangat bermanfaat,teacher and internet
    dengan internet apapun yang kita ketik dan kita cari akan langsung muncul hanya dalam hitungan detik di layar persegi anda
  2. Sumber Referensi Baru
    Karena siswa sangat menyukai hal-hal baru yang tidak membosankan dan terdengar tidak kuno, guru bisa mencari pengetahuan bermanfaat yang menghilangkan rasa jenuh para siswa meskipun bukan membahas tentang topik pelajaran, pengetahuan seputar pendidikan juga penting lo teachers
  3. Dekat dengan siswa
    Guru tidak secara penuh memantau para siswanya dalam 24 jam, tetapi guru dapat mengenal siswanya lebih dekat dengan berkomunikasi lewat berbagai media sosial.
    Guru juga dapat berperan menjadi teman curhat siswa yang menyenangkan
    cyberbullying
  4. Mengerti ancaman Cyber-Bullying
    Banyak kasus siswa mencoba bunuh diri karena bullying yang dilakukan oleh teman-temannya sendiri baik secara nyata maupun melalui sosial media, dengan pemantauan guru terhadap proses interaksi antar siswa di sosial media, guru dapat mencegah dan mencari solusi terhadap kasus seperti ini.
    Gurupun dapat membekali dirinya dengan informasi-informasi dalam menghadapi siswa yang tertutup dan anti sosial
  5. Mengikuti Alur Perkembangan Zaman
    Zaman sekarang semua validasi berkas dan melakukan pendataan dilakukan menggunakan teknologi dan cenderung dilakukan secara online. Jadi, akan sangat merepotkan bukan bila guru tidak belajar menggunakan internet mulai sekarang?
    online-bully
  6. Meringankan Pekerjaan
    Menggunakan Ms. Word dan Ms. Excel menjadikan pekerjaan kita menjadi 2x lebih cepat daripada dilakukan secara manual, terutama bagi guru yang menjadi wali kelas para murid tentu harus mendata nama dan nilai pada rapor para siswa.
  7. Belajar Have fun
    Kumpulan-Contoh-Percakapan-Bahasa-Jepang-dan-ArtinyaTidak semua guru mampu mengajar dengan menyenangkan, paling tidak dengan mencari tau topik apa dan bagaimana guru sebaiknya mengajar menjadikan suasana kelas lebih santai dan tidak membosankan.Belajar menggunakan Ms, Power Point juga mampu mengembangkan kreaktivitas anak2 muda

 

Itulah beberapa keuntungan teknologi dalam perkembangan pendidikan bagi para guru. Karena tujuan para guru adalah mendidik caranya adalah dengan mendekatkan diri dengan siswanya, siswa akan merasa nyaman dengan sesosok guru dan merindukan pengalaman sekolah mereka, bukan rasa takut yang harus ditanamkan kepada murid tetapi rasa hormat kepada yang lebih tua, para guru pun harus menyesuaikan dirinya dengan perkembangan yang semakin pesat dari hari ke hari melalui teknologi sehingga para guru tidak diremehkan oleh siswanya karena tidak tahu menahu tentang teknologi.
Jadi, teachers tau kan guru bagaimana yang akan disayangi para muridnya? Bukan karena tampan, cantik ataupun gaul melainkan guru yang mampu mendidik siswanya tidak dengan paksaan melainkan dengan menyesuaikan dirinya kepada siswanya.

-“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

 

493 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!