10

GURU ERA BARU TERUSLAH BERKARYA (+7)

Tri GP : @gurukimiaasyik May 19, 2015

Alhamdulillah puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan karunia ilmu yang bermanfaat kepada kita semua untuk terus berbagi dan berbagi untuk kemajuan literacy  IT. Terima kasih saya ucapkan sebesarnya kepada sahabat GURARU (Guru Era Baru) atas kritik, saran, motivasi untuk terus saling berbagi ilmu, dan menulis di guraru.org. Semoga kita para pendidik semua tetap semangat untuk berbagi untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia.
image
Nama Lengkap  : TRI GOESEMA PUTRA
Akun Twitter  : @gurukimiaasyik
Akun Facebook  : TRI GOESEMA PUTRA
Username pada Website Guraru  : Tri GP : @gurukimiaasyik
Tempat Mengajar  : SMK NEGERI 1 BANGKINANG
Mata Pelajaran  : Kimia

Menciptakan Suasana Belajar yang “Lain”

Saya adalah guru yang selalu memikirkan bagaimana membuat siswa senang dan menyukai pelajaran yang diajarkan. Sehingga, Saya sering memberikan motivasi-motivasi untuk terus belajar dan menggunakan bahan-bahan yang tersedia di alam untuk praktikum kimia di kelas. Dengan begitu siswa bisa menyenangi pelajaran kimia.
Kegiatan yang sering dilakukan adalah :
image
  • Pembelajaran kimia dengan model kontekstual : mendorong agar siswa dapat menemukan hubungan antara materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata, dan mendorong siswa untuk dapat menerapkan dalam kehidupan. Salah satu contoh pembelajaran kimia yang menggunakan model kontekstual yang pernah saya terapkan adalah “Menentukan Larutan Asam, Basa, dan Netral dengan Menggunakan Indikator Alami. Indikator asam-basa yang baik adalah zat warna yang memberi warna berbeda dalam larutan asam dan larutan basa seperti bayam merah, bunga kembang sepatu, kunyit, bunga Hidrangea, dan kol merah.

image
  • Wajib melaksanakan kegiatan praktikum kimia walaupun keterbatasan alat dan bahan. Dengan menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar kita. Salah satu contoh praktikum kimia yang saya terapkan di kelas adalah ”Menguji Daya Hantar Listrik Larutan dan Padatan”. Tujuan Kegiatan Praktikum adalah : 1) Siswa dapat mengamati gejala-gejala hantaran listrik melalui larutan dan padatan 2) Siswa dapat membedakan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit, dan 3) Konduktor dan Non Konduktor

    Alat dan bahan yang disiapkan adalah:

    • Sumber arus DC (Baterai) atau menggunakan buah-buahan seperti: tomat, jeruk nipis, dan buah-buahan lainnya.
    • Kabel bekas
    • Gelas kimia diganti dengan bekas aqua
    • Bola lampu atau bola led
    • Elektroda (bekas baterai)
    • Saklar

    Gambar Rangkaian Elektrolit

    Gambar Rangkaian Alat Uji Elektrolit:

    image

image
image
Guru Masa Kini Harus Berteknologi !
Saya mulai aktif menggunakan IT dan Nge-Blog pada bulan Juni tahun 2008 dengan blog pertamanya KIMIA SMK Asyik di http://trigps.blogspot.com/ dan di awal tahun 2014 mencoba lebih eksis di dunia maya dengan mengganti domain. Web barunya ini diberi nama Kimia SMK Asyik  (http://www.trigpss.com/). Selain itu, Saya juga memaksimalkan berbagai media sosial seperti  FB, Fan Page FB, Twitter, Forum FB, Google Plus, dan lain-lain.
Tools yang digunakan untuk dalam kegiatan belajar mengajar di kelas dan dunia maya adalah sebagai berikut:
–   Website                             :  KIMIA SMK ASYIK
–   Blog di WordPress            :  Kimia SMK
–   Facebook                           :  TRI GOESEMA PUTRA
–   Fan Page Kimia                 :  KIMIA SMK NEGERI 1 BANGKINANG
–   Forum Belajar Kimia FB  :  KIMIA SMK ASYIK
–   Twitter                               :  @gurukimiaasyik
–   Google Plus (+)                :  TRI GOESEMA PUTRA
–   Youtube                             :  TRI GOESEMA PUTRA
–   Drop Box                           :  trigoesema putra
–   4shared                             :  Tri Goesema
–   Scribd.com                        :  TRI GOESEMA PUTRA
–   Google Drive                     :  TRI GOESEMA PUTRA
Hal-hal kreatif yang dilakukan saya adalah sebagai berikut :
image
  • Di kelas menggunakan LCD/Projector dan membuka Web Kimia SMK Asyik dalam proses pembelajaran.
image
  • Membuat inovasi-inovasi baru misalnya membuat Games Pendidikan Kimia di Web Kimia SMK Asyik seperti : TTS Kimia, Wordsearch Kimia dan lain-lain.
image
  • Merekam kegiatan praktikum kimia yang menggunakan bahan-bahan alami dengan video HP, kemudian hasil video diupload ke Youtube.

Dapat di download di SINI

 

IT membantu proses belajar mengajar

Saya adalah salah satu guru era baru yang meyakini bahwa IT sangat membantu kegiatan belajar mengajar. Semisal, siswa mengerjakan quiz dan ujian online, guru tidak perlu memeriksa namun hasil/nilai langsung masuk ke email gurunya. Lalu, proses belajar mengajar bisa 24 jam tanpa batas di dunia maya. Selain itu, siswa dapat belajar di Web Kimia SMK Asyik kapan saja siswa tersebut mau.
Dengan IT, siswa dapat dengan mudah, mengumpulkan PR dan tugas, Unduh dan Upload Data, Chatting via FB, Kirim Tugas via FB, dan sebagainya. Siswa juga bisa diajak untuk bermain Games sambil Belajar Kimia seperti : TTS Kimia, Wordsearch Kimia, dll.
Menurut saya, penggunaan IT sangat memengaruhi kualitas pengajarannya di sekolah. Alhamdulilah para peserta didik yang dibimbing sangat antusias dan semangat mengikuti proses dalam pembelajaran, baik itu di kelas maupun di dunia maya. Sebagai guru kita memang harus terus termotivasi untuk up to date mencari hal-hal baru/inovasi baru pengajaran.
Penggunaan IT sudah pasti berpengaruh positip terhadap kedekatan antara guru dan murid. Kapan saja murid dapat berkomunikasi dengan guru untuk menanyakan sesuatu hal apakah tentang sekolah, tugas dan sebagainya. “Pernah saya punya pengalaman ada seorang siswa yang di kelas pemalu, tetapi di facebook si murid tersebut cukup terbuka dan sangat semangat belajar via/chat FB. Alhamdulilah siswa yang saya bimbing wajib mempunyai FB, karena kalau tidak punya berarti bukan siswa saya. he…he….”
IT dan Pembelajaran Kreatif
Menurut saya, IT sangat bermanfaat dalam sistem pengajaran yang kreatif dan terhadap efektivitas proses belajar mengajar, seperti :
  • Sangat mempermudah kita dalam proses pembelajaran di kelas
  • Data-data guru tersimpan dengan baik
  • Sangat mudah untuk diakses kapan saja dan dimanapun
  • Unduh dan upload data berupa : Video, Dokumen : PR dan Tugas, Gambar dan sebagainya.
  • Media untuk share ilmu, tugas, dan pengalaman.
Namun, walaupun pembelajaran sudah dirancang sedemikian kreatif, kendala dalam pelaksanaannya tetap ada. Kendala yang dirasakan saya selama mengajar dengan IT antara lain:
  • Tidak semua peserta didik tepat waktu mengumpulkan tugas via online karena keterbatasan ekonomi.
  • Kurang dukungan dari pihak sekolah dalam hal jaringan dan koneksi internet.
  • Program dari pimpinan sekolah kurang mendukung terhadap perkembangan pembelajaran e-learning di sekolah.
  • Guru yang aktif menggunakan IT masih sedikit sehingga sulit untuk mengembangkan e-learning di sekolah
Pendapat  saya untuk mengatasi masalah atau kendala tersebut adalah:
  • Pimpinan Kepala Dinas, dan Kepala Sekolah harus mendukung kegiatan guru untuk mengembangkan e-learning dengan memperbaiki jaringan internet di sekolah sehingga siswa dan guru semua dapat terkoneksi jaringan internet dengan baik.
  • Perlu ada pelatihan untuk seluruh guru di sekolah untuk mengenal cara pemanfaatan IT dalam pembelajaran.

Saran-saran saya untuk Guru Indonesia adalah :

  • Ayo Guru-Guru di Indonesia untuk segera memanfaatkan IT dalam pembelajaran. Setiap guru diharapkan dapat menggunakan E-learning dalam pembelajaran di sekolah.
  • Guru Era Baru selalu berpikir sesuatu yang baru untuk kemajuan pendidikan Indonesia ke depan.
  • Guraru adalah Guru Era Baru yang harus Kreatif untuk :
    Terus Berkarya dengan Membaca, Belajar dan Menulis : “Kerjakan Apa yang di Tulis dan Tulis Apa yang Kita Kerjakan”.
  • Harapan untuk Pendidikan Indonesia : “One Teacher One Blog One Laptop” dan “Guru Profesional Wajib Nge-Blog”. “Guru Era Baru Terus Berkarya”Salam Pendidikan Indonesia.

Maju Terus Guraru

🙂

Demikian sedikit pengalaman saya dalam proses pembelajaran yang gunakan dan terapkan di SMK Negeri 1 Bangkinang. Mohon maaf atas kekurangannya dan mohon bimbingan dan arahan untuk perbaikan ya sahabat guraruers. Terima kasih.

Semoga Bermanfaat buat sahabat Guraruers.

Aamiin

KOMPETISI GURU BLOGGER

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10


3,266 total views, 5 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Tri GP : @gurukimiaasyik

BANGKINANG, RIAU, Indonesia. Saya Tri GP lahir pada tanggal 18 Agustus 1974 di Pematang Siantar, Medan. Seorang guru biasa yang memiliki motivasi untuk berbagi dengan sesama, mendekatkan diri kepada ALLAH SWT, dan berbakti kepada orang tua. Passionnya adalah menulis, berkarya dan mengembangkan IT untuk Pembelajaran. Saya adalah guru kimia dan komputer, Trainer, Motivator, dan Narasumber/Instruktur terkait pemanfaatan IT untuk pembelajaran. Saya sangat giat mendorong Guru-guru agar Belajar IT dan aktif sharing/berbagi seputar pendidikan baik di website: guraru.org, kompasiana.com, web & blog pribadi: trigpss.com ; maupun media sosial. HP: 085271629875 e-mail: [email protected] PENDIDIKAN : SD NO. 104248 LUBUK PAKAM ; SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM ; SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM ; S1 IKIP MEDAN ; S2 UPI BANDUNG

View all posts by Tri GP : @gurukimiaasyik →

Comments (10)

  1. Ternyata alumninya Pak SUKANI guru melek IT to pak ? ketemu dengan “sahabat” lama berarti saya
    Luar biasa bisa ketemu lagi dengan bapak, semoga semakin semangat dalam mencerdaskan anak-anak bangsa.

    Salam Guraruer !!!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar