4

Guru dan Chromebook 14 di Era Cyber (+2)

Sry Eka Handayani Part II May 31, 2017

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat berdampak besar dalam dimensi kehidupan manusia. Perubahan ini bisa disebut dengan “Revolusi teknologi informasi dan komunikasi”. Revolusi teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah gaya hidup yang semulanya konvensional menjadi kehidupan yang serba digital. Kehidupan yang dimanjakan dengan kemudahan-kemudahan sehingga jarak dan waktu bukan lagi menjadi halangan dalam kehidupan di era cyber.

Revolusi teknologi informasi dan komunikasi juga berpengaruh dalam dunia pendidikan, khususnya dalam proses belajar mengajar. Proses belajar mengajar membutuhkan media pembelajaran yang mengikuti perkembangan teknologi, agar kegiatan pembelajaran lebih cepat, lebih berhasil dan lebih bermanfaat. Seorang guru dapat menyampaikan pesan dalam bentuk materi dengan mudah dan inovatif dan peserta didik dapat memahami materi tersebut dengan cepat dan mudah serta tidak membosankan.

Media pembelajaran dan metode pembelajaran dahulu dan kini

Dahulu, proses belajar mengajar masih mengunakan media-media tradisional seperti papan tulis, kapur, spidol dan kertas chart. Seiring kemajuan teknologi, media pembelajaran berubah menjadi serba digital. Media-media pembelajaran tradisional tergantikan dengan  Notebook, LCD Projector, Tablet, HP dan sebagainya. Hal serupa juga terjadi dalam penggunaan bahan ajar seperti buku, modul, diktat dan lembar kerja siswa (LKS) digantikan dengan E-Book, video di channel You Tube dan halaman website dan blog di internet.

 blackboard

Revolusi teknologi informasi dan komunikasi juga turut mengubah metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang dahulunya dominan menggunakan tatap muka dikelas dimana seorang guru sebagai penyampai ilmu pengetahuan dan peserta didik menjadi pendengar perlahan-lahan berubah di era yang serba digital, peran guru sebagai penyampai ilmu pengetahuan telah tergantikan dengan google dan wikipedia, maka peran guru harus berubah dari pengajar menjadi fasilitator. Artinya, guru berperan memberikan pelayanan untuk memudahkan peserta didik berproses belajar.

InFocus-IN1110-Hero

 Guru dan peserta didik harus memiliki kompetensi teknologi informasi dan komunikasi

 Kehadiran media-media pembelajaran yang serba digital dan perubahan metode pembelajaran  menjadi sebuah tantangan besar bagi pelaku pendidikan terutama bagi guru, yang menjadi ujung tombak pendidikan yang bersentuhan langsung dengan peserta didik. Seorang guru dituntun mempunyai kompetensi teknologi infomasi dan komunikasi (TIK) yang baik agar menciptakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Kehadiran media pembelajaran yang kreatif dan inovatif  dalam proses belajar mengajar dapat membantu peningkatan pemahaman siswa, penyajian informasi lebih menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data, dan memadatkan informasi.

Perubahan proses belajar mengajar dengan media pembelajaran yang serba digital bukan hanya diperuntukan kepada guru saja, akan tetapi peran aktif peserta didik untuk menguasi kompetensi teknologi informasi dan komunikasi akan memudahkan proses belajar mengajar.

Guru dan peserta didik harus bersinergi dengan pemerintah sebagai stake holder dan regulator dalam memenuhi perkembangan teknologi infomasi dan komunikasi. Pemerintah diharapkan bisa menyediakan sarana dan prasarana berupa layanan internet disekolah-sekolah dan difasilitas umum agar kemudahan akses internet dapat dirasakan oleh semua pihak terutama pelaku pendidikan.

Chromebook 14 menjad patner kerja dan mengajar

Chromebook-14-isi

Kompetensi teknologi informasi dan komunikasi yang dibutuhkan guru dan peserta didik harus didukung dengan perangkat teknologi yang mumpuni. Menjamurnya perangkat-perangkat teknologi di era cyber sekarang ini membuat pelaku pendidikan lebih selektif dalam memilih perangkat teknologi seperti laptop yang akan menjadi patner kerja dan mengajar. Chromebook 14 dari Acer merupakan solusi bagi pelaku pendidikan untuk memilih perangkat mengajar yang handal. Selain memiliki performa mengagumkan, berbagai fitur yang dihadirkan dalam laptop ini juga memberikan kesempatan bagi siswa dan guru untuk belajar online dengan Google Classroom. Anda juga bisa menambahkan aplikasi belajar seperti World Map, Model Periodic Table, atau Any.do di laptop ini.

Berikut keunggulan dari Acer Chromebook 14 :

  1. Tampilan Layar Lebih Luas dan Jernih

Acer Chromebook 14 memiliki Full HD 14 inci. Terlebih lagi, Chromebook 14 dilengkapi teknologi IPS yang menjadikan gambar dan teks semakin jelas dan tajam. Dengan begini, Anda dapat melihat tulisan teks, table Excel mata pelajaran hingga gambar peraga dengan lebih tajam dan mudah dibaca.

Keunggulan lainnya, layar Chromebook 14 juga dilengkapi dengan fitur Wide Viewing Angle display yang memungkinkan Anda dapat melihat layar dari berbagai sudut dengan tingkat kecerahan konsisten. Selain itu, Anda dijamin merasa nyaman menggunakan Chromebook 14 seharian karena adanya fitur ComfyView Display yang membuat layar tidak memantulkan cahaya ketika digunakan sehingga aman bagi kesehatan mata untuk jangka panjang.

  1. Performa Mengagumkan

Keunggulan lain yang diusung Chromebook 14 adalah performa lebih cepat dan tangguh berkat dukungan prosesor Intel generasi ke-6 yang ditandem dengan RAM yang dapat di-upgrade hingga 8 GB. Sementara untuk mendukung kebutuhan transfer data, Chromebook 14 dilengkapi USB 3.1 Type C yang mampu melakukan transfer data lebih cepat dibandingkan USB generasi sebelumnya.

Chromebook 14 juga dirancang sebagai perangkat untuk produktivitas tinggi. Hal ini dibuktikan dengan penggunaan baterai yang memiliki tenaga hingga 12 jam. Daya tahan baterai yang panjang ini cocok digunakan di ruang kelas yang biasanya memiliki akses terbatas untuk mencolokkan kabel. Guraru tetap bisa produktif mengajar dan bekerja dari pagi hingga sore tanpa khawatir laptop cepat lowbat.

  1. Cepat dan Kaya Fitur

Chromebook 14 memiliki kecepatan di atas kecepatan laptop pada umumnya. Laptop ini telah dilengkapi teknologi Wireless Dual Band MU-MIMO 802.11ac yang mendukung penggunaan fitur Google Classroom. Koneksi internet yang cepat dapat mempermudah siswa mengunduh tugas yang diberikan guru. Sebaliknya, guru juga lebih mudah membuat dan mendistribusikan dokumen kepada siswa secara online. Jadi, siswa dan guru bisa belajar dan bekerja dari mana dengan sistem pelajaran secara paperless.

Agar proses belajar mengajar semakin berjalan lancar, Chromebook 14 memiliki webcam High Dynamic Range (HDR) dan Dual-array Digital Microphones. Kedua fitur ini memaksimalkan pengalaman menggunakan Google Hangout karena membantu Guraru dan siswa saling berdiskusi secara tatap muka dari lokasi berjauhan dengan tampilan kualitas gambar yang jernih, sementara dual-array digital microphones memastikan suara chat video terdengar jelas tanpa terganggu lingkungan sekitar yang berisik.

Jadi ketika Anda memiliki aplikasi edukatif seperti World Map untuk menampilkan gambar peta dunia dalam bentuk digital atau membuka aplikasi Mode Periodic Table untuk menampilkan unsur-unsur kimia dalam bentuk tabel, laptop ini tidak akan membuat pekerjaan jadi nge-lag karena koneksi internet sudah lebih maksimal.

Akhirnya, proses belajar mengajar di era yang serba digital dapat diikuti oleh guru yang berkompetensi teknologi informasi dan komunikasi, guru telah melek teknologi sehingga akan menciptakan media dan metode pembelajaran kreatif dan inovatif yang memudahkan peserta didik menerima segala ilmu yang diperoleh dalam proses belajar mengajar. Selain itu dukungan perangkat yang mumpuni, seperti Chromebook 14 dari Acer memudahkan guru membuat media pembelajar yang kreatif dan inovatif, chromebook 14 adalah patner kerja dan mengajar yang handal.

Sumber gambar :

LCD Proyektor : http://www.infocus.com

Papan tulis : http://s60-developer.blogponsel.net/content/blackboard.jpg

Chromebook 14 : http://guraru.org/guru-berbagi/chromebook-14-teman-belajar/

Referensi:

http://www.updateilmu.com/peranan-teknologi-dalam-perkembangan-media-pembelajaran/

http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/tantangan-guru-pada-era-digital/

http://guraru.org/guru-berbagi/chromebook-14-teman-belajar/

 

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

 

1,199 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar