1

Google Classroom: Sistem Belajar Lintas Digital (+2)

Pengelola Guraru January 6, 2017

Pesatnya perkembangan teknologi dan internet dalam beberapa tahun terakhir memengaruhi dunia pendidikan, terutama metode pembelajaran. Anda mungkin masih ingat rasanya duduk di bangku kelas bersama teman-teman lain, sementara seorang guru menerangkan pelajaran di papan tulis. Cara ini memang masih diterapkan, tetapi kecanggihan teknologi berpengaruh dalam perubahan pola mengajar.

Salah satu perkembangan tersebut muncul melalui Google Classroom yang dirilis resmi pada Agustus 2014. Sesuai dengan namanya, Google Classroom mencoba “memindahkan” ruang kelas ke ranah online. Jadi Anda masih bisa bertemu para murid, hanya saja kini melakukannya melalui layar gadget masing-masing. Praktis, bukan?

Dukung Sistem Pembelajaran Paperless

Masih ingat dengan berbagai gerakan go green yang digalakkan banyak pihak? Kini, Anda juga turut aktif mendukung misi tersebut sambil tetap melaksanakan kegiatan mengajar melalui Google Classroom. Melalui desain khusus untuk para guru dan siswa, Google Classroom menyediakan serangkaian perangkat gratis penunjang produktivitas Anda, mulai dari Gmail, Drive, dan Docs. Namun, Google Classroom cuma tersedia bagi pengguna Google Apps for Education.

Adanya berbagai perangkat tersebut memungkinkan siswa untuk mengerjakan dan mengumpulkan tugas tanpa menggunakan kertas. Nantinya, para guru dapat membuat folder Drive untuk setiap tugas dan untuk siswa sehingga semuanya lebih teratur serta membuat salinan Google Docs secara otomatis untuk setiap siswa.

guru era baru

Tak Harus Berada di Ruangan yang Sama

Terdapat fitur yang bernama Class Stream. Fitur ini memungkinkan siswa melakukan debat, diskusi, dan Q&A (Question & Ask) dengan sesama siswa lain atau guru. Guru dapat mengirim pertanyaan ke kelas, lalu siswa dan teman-teman bisa berdiskusi untuk menjawab pertanyaan tersebut. Tidak hanya dalam bentuk teks, guru juga bisa mengirim pertanyaan dalam bentuk video atau artikel kemudian meminta siswa untuk menulis rangkumannya.

Fitur tersebut memungkinkan siswa dan guru tetap berinteraksi meski tidak berada dalam kelas atau ruang yang sama. Hal ini tentu saja sangat praktis dan hemat waktu bagi guru yang misalnya memiliki kesibukan lain atau siswa yang sedang berada di lokasi yang berbeda.

guru era baru

Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa

Dilansir dai laman forbes.com, sebuah riset dilakukan lembaga penyedia konten bernama Front Row Education telah menemukan adanya peningkatan sebesar 10% untuk penggunaan teknologi di tahun 2016 ini. Dari yang semula hanya digunakan di laboratorium komputer, kini fungsi teknologi dimaksimalkan dalam kurikulum pembelajaran. Bahkan laporan dari OECD (Organisation for Economic Co-operation and Development) menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan komputer dengan intensitas cukup di sekolah cenderung memiliki hasil pembelajaran lebih baik dibandingkan dengan mereka yang jarang menggunakan komputer.

guru era baru

Praktis  untuk Guru dan Murid

Menggunakan Goggle Classroom secara langsung dapat memberikan manfaat besar untuk guru dan murid. Seperti contoh, ketika tugas berbentuk pilihan ganda, guru tidak perlu lagi mengoreksi satu persatu di lembaran kertas, dengan Google Classroom nilai akan otomatis keluar saat itu juga. Selain itu juga membantu menganalisa pembahasan mana yang belum dipahami oleh mayoritas murid sehingga pelajaran yang mayoritas belum dipahami tersebut dapat diulangi dengan cara yang lebih baik.

Sementara manfaat untuk murid yaitu para murid tetap dapat mengikuti kelas meski murid tersebut berhalangan hadir karena sakit atau tidak memungkinkan datang ke sekolah karena alasan tertentu. Tentu saja cara ini memberikan kesempatan luas bagi murid untuk tetap belajar di mana pun.

Bertatap dengan Para Pakar

Google Classroom juga dapat mempertemukan murid dan guru dengan para pakar melalui video call google hangout. Contohnya saja ketika guru mengundang pakar ternama seperti BJ Habibie untuk menjelaskan tentang pesawat kepada murid-muridnya. Sang pakar tidak perlu hadir di tempat, cukup bertatap secara online melalui video, pembelajaran tetap berjalan lancar.

Keberadaan sistem pembelajaran ini memang menarik dan efektif membantu guru atau siswa yang tidak memiliki banyak waktu untuk bertemu tatap muka serta memberikan pengalaman berbeda dari biasanya.  Mencoba sistem belajar digital bisa menjadi alternatif Anda untuk mengajar yang tak biasa. Silakan mencoba!

6,374 total views, 4 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar