6

Go Guru Digital dengan Perangkat yang Tepat (+2)

Roni Yusron Fauzi | Guru Muda May 24, 2017

“Guru yang akan diganti oleh teknologi itu adalah guru yang bukan pendidik, tukang mengajar, yang hanya memberi materi… “  (Anies Baswedan)

go guru digital dengan perangkat yang tepat guraru writing competition 2017

Dulu, untuk mengakses segala informasi, siswa hanya bisa mengaksesnya melalui buku, koran atau majalah, dan tentu saja guru. Berbeda dengan sekarang, siswa dapat dengan mudahnya mengakses informasi melalui internet.

Maka banyak bermunculan buku elektronik (ebook), koran digital, majalah digital, termasuk sekolah digital yang dengan mudahnya kita mengaksesnya.

Memerhatikan kondisi seperti ini, tidak bisa dimungkiri, guru segaptek apapun akan berhubungan dengan alat digital seperti saat ini. Dengan “terpaksa” guru gaptek akan diseret dalam arus digitalisasi. Jika tidak bisa mengendalikan keadaan yang semakin tergerus zaman, maka guru gaptek akan hanyut.

Guru Gaptek alias gagap teknologi diistilahkan bagi guru yang ketinggalan zaman, tidak tahu teknologi terkini. Istilah gaptek pun disematkan kepada guru yang dianggap tidak bisa mengoperasikan komputer atau laptop.

Lalu, bagaimana solusinya bagi guru gaptek yang hidup di zaman digital?

Mau tidak mau, untuk menghadapi tantangan mengajar di zaman digital, para guru gaptek harus ‘hijrah’ menjadi guru digital. Guru harus siap belajar kembali menyesuaikan cara mengajar dengan menggunakan berbagai perangkat teknologi. Dengan memiliki kemampuan teknologi, maka guru akan mudah memberikan pelajaran kepada siswa.

Untuk beralih menjadi guru digital demi mencetak anak didik yang berkualitas, ada baiknya guru terus berinovasi untuk memiliki kualitas yang mumpuni.Tentu saja kualitas guru digital akan mumpuni jika didampingi dengan perangkat yang tepat.

Guru Digital Butuh Perangkat yang Tepat

Menjadi guru digital adalah pilihan yang harus diupayakan bagi setiap guru manapun. Karena dengan cara seperti inilah rasa tanggung jawab kita sebagai guru di zaman digital dituntut.

Sebagai seorang guru di era digital yang sering melakukan aktifitas yang didukung oleh laptop, tentunya saya lebih memilih Acer Chromebook 14. Sebuah laptop yang memiliki segudang manfaat dan fitur yang mendukung aktifitas keseharian saya sebagai guru yang juga senang menulis.

Menulis artikel untuk media massa dan di blog pribadi www.gurumuda.web.id, dimana aktifitas ini adalah kegiatan tambahan saya sebagai seorang guru muda tentu membutuhkan laptop yang gesit.

Guru Digital Harus Memiliki Online Classroom

Tidak setiap guru selalu bertatap muka di depan kelas. Diantara alasannya, karena guru sakit, atau mengisi/mengikuti seminar pendidikan. Sementara materi pelajaran tetap harus disampaikan kepada anak didik.

Pun sebaliknya, sering saya dapati siswa yang tidak bisa mengikuti pelajaran dikarenakan sakit. Maka, untuk menyiasatinya saya mempunai kelas online.

Dengan Acer Chromebook 14 dimana memiliki performa yang cepat juga dilengkapi dengan webcam HD sudut yang lebar, memastikan kita akan mudah menyampaikan materi ajar dengan baik kepada siswa.

Tak hanya sampai di situ, mikrofon digital dual-array yang dimiliki Acer Chromebook 14 berfungsi untuk menangkap dan mentransmisikan percakapan yang jelas tanpa gangguan latar belakang yang mengganggu.

Dengan fitur Acer Chromebook 14 yang super lengkap ini, guru digital sangat dimanjakan ketika memberikan materi ajar. Materi ajar pun bisa dilakukan guru dan siswa secara mobile, artinya bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja dengan menggunakan Google Hangout dengan mulus dan jelas.

Semoga dengan meng-upgrade menjadi guru digital, guru era baru benar-benar menjadi guru yang bermutu. Karena salah satu tugas guru bermutu di zaman digital adalah berorientasi pada siswa dengan memfaatkan digitalisasi pendidikan.

 

***

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru

1,243 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (6)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar