2

G Suite for Education, Sebuah Teknologi dari Google Penunjang Proses Belajar Mengajar Masa Kini (+1)

Juniawan Arif May 31, 2017

 

featured

Teaching in the Internet age means we must teach tomorrow’s skills today. ~Jennifer Fleming

Tak ayal lagi  di era digital seperti sekarang ini kita akui bahwasanya kutipan di atas benar adanya. Bahwa dalam mengimbangi arus perkembangan teknologi terutama internet, kita sebagai insan yang berkecimpung di dunia pendidikan sudah sepatutnya untuk selalu selangkah lebih maju. Jangan sampai tertinggal. Kenali tren dan lakukan inovasi yang berdampak positif demi kemajuan dunia pendidikan bangsa Indonesia.

Bicara tentang internet Anda tentu familiar dengan Google. Ya, siapa tak kenal Google? Sebuah perusahaan teknologi internet raksasa yang selalu mengedepankan inovasi. Dalam dunia pendidikan, nyatanya Google memiliki kontribusi yang sangat besar. Google menawarkan layanan bernama G Suite for Education (dulu bernama Google Apps for Education) kepada sekolah-sekolah, mulai dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi secara gratis. Di kampus tempat saya bekerja pun saat ini sudah hampir 4 tahun mengimplementasikan layanan istimewa dari Google tersebut untuk menunjang proses belajar mengajar. Berikut ini cerita selengkapnya :

title-pertama-kenal

Pada pertengahan tahun 2013 yang lalu, selembar kertas undangan workshop tiba di ruangan tempat saya bekerja. Selembar undangan yang akan merubah wajah manajemen komunikasi dan kolaborasi sebuah perguruan tinggi negeri di kawasan Bukit Jimbaran, Bali menjadi jauh lebih maju dan modern. Undangan tersebut adalah tentang workshop pengenalan G Suite for Education dari salah satu Google Partner yang berkantor di Surabaya.

Singkat cerita, saya dan tim saat itu menerima dengan senang hati untuk segera menggunakan layanan G Suite for Education di kampus kami. Tidak perlu waktu lama, hanya sekitar 3 minggu layanan tersebut sudah siap untuk kami gunakan.

title-domain

Pada dasarnya layanan G Suite for Education adalah layanan aplikasi-aplikasi terintegrasi yang menggunakan infrastruktur Google Mail (Gmail). Hal pertama yang dilakukan untuk dapat menggunakan layanan G Suite for Education adalah melakukan konfigurasi dan verifikasi domain sekolah yang kita miliki. Contohnya pada kampus saya yang memiliki domain pnb.ac.id, maka nantinya masing-masing user dalam hal ini civitas akademika Politeknik Negeri Bali baik mahasiswa, pegawai dan dosen akan dibuatkan alamat email dengan mail domain @pnb.ac.id. Berikut ini tampilan inbox email saya juniawanarif@pnb.ac.id :

contoh inbox

Tampilan inbox email saya sama persis dengan akun Gmail pada umumnya. Perbedaan yang mencolok adalah pada logo PNB Mail yang ada di bagian kiri atas. Ini merupakan karya saya yang pada saat itu diberi kebebasan oleh pihak Google untuk mendesain sendiri logo PNB Mail. Jadi masing-masing sekolah yang menggunakan G Suite for Education dapat mendesain sendiri logo mail sesuai keinginan. Eksklusif bukan?

peran-g-suite

Seperti sudah saya singgung di atas, bahwa G Suite for Education sebenarnya terdiri dari beberapa aplikasi yang terintegrasi. Antara lain : Classroom, Gmail, Drive, Calendar, Vault, Docs, Sheets, Forms, Slides, Sites dan Hangouts. Aplikasi-aplikasi tersebut memiliki perannya masing-masing dalam proses belajar mengajar. Berikut ini akan coba saya jelaskan beberapa diantaranya :

 classroom_md
Classroom : dengan Classroom guru maupun dosen dapat membuat kelas online lalu mengadakan ulang harian atau quiz secara online pula yang hasilnya dapat secara instant diketahui bersama. Sehingga kegiatan mengajar dapat dilakukan tanpa kertas tanpa papan tulis dan dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja asalkan terhubung dengan internet. Proses belajar mengajar pun akan semakin efektif dan efisien dalam hal waktu dan biaya. Selengkapnya tentang Classroom dapat Anda baca di artikel Guraru disini dan juga disini.


proses classroom

drive_md 
Drive :  merupakan media penyimpanan online yang menggunakan teknologi cloud. Para civitas akademika dapat menyimpan file secara aman dengan kapasitas penyimpanan tak terbatas (unlimited). Tidak hanya tersimpan rapi, file-file yang berada di Drive juga dapat dishare dengan mudah dari guru ke siswa atau sebaliknya. Tentu hal ini sangat menguntungkan jika dibandingkan dengan menggunakan akun gmail gratis pada umumnya yang terbatas hanya memiliki kapasitas 15 GB.


drive2

docs 
Docs : memungkinkan baik guru maupun siswa untuk berkolaborasi secara online. Membuat file docs (Words), sheets (Excel), slides (Powerpoint) dan mengeditnya secara bersamaan melalui browser meskipun sedang tidak berada di tempat yang sama. Contohnya ketika sekelompok siswa diberi tugas oleh guru untuk membuat sebuah karya tulis. Siswa-siswa tersebut dapat membuat karya tulis melalui Docs dan berkolaborasi secara real time dari rumah masing-masing mengakses satu file yang sama. Dalam satu file tersebut mereka juga dapat membubuhkan komentar dan juga chat untuk mendiskusikan tugas karya tulis mereka.


docs2

 

sites_md 
Sites : dengan Sites seorang guru dapat membuat website yang berkualitas, dapat digunakan untuk menyampaikan bahan pelajaran baik berupa teks bahkan sampai dengan embed video. Website yang dibuat dengan Sites akan selalu terlihat sempurna jika dilihat dari komputer, tablet maupun smartphone. Dan yang terpenting adalah tidak dibutuhkannya keahlian khusus dalam hal programming website untuk dapat membuat website yang secanggih itu. Selain digunakan untuk menyampaikan pelajaran, Sites juga dapat digunakan oleh pihak sekolah untuk menyampaikan pengumuman atau berita tentang proses belajar mengajar di sekolah tersebut. Tentunya masih banyak lagi manfaat positif dari Sites yang dapat diterapkan di sekolah. Tinggal sejauh mana guru dan siswa berfikir kreatif di era digital saat ini.


sites

hangouts_md 
Hangouts : nah ini adalah sebuah aplikasi mutakhir yang dapat digunakan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh atau akrab kita kenal sebagai e-learning. Karena dengan Hangouts memungkinkan seorang guru dapat bertatap muka dengan siswa-siswanya meskipun terpisah oleh jarak. Dengan teknologi multiway video conference guru dan siswanya dapat berinteraksi seakan berada di dalam satu kelas. Masing-masing guru dan siswa yang sedang terhubung dengan Hangouts juga dapat memperlihatkan tampilan layar monitor mereka melalui fitur screenshare. Sehingga pembelajaran tidak hanya terbatas pada guru yang berbicara di depan saja akan tetapi dapat juga ditunjukkan langsung tutorialnya melalui layar monitor sang guru, misalnya. Hangouts juga dapat diakses melalui perangkat mobile. 


hangouts

Itulah tadi beberapa aplikasi yang dapat saya jelaskan berdasarkan pengalaman selama 4 tahun menggunakan dan juga mensosialisasikan G Suite for Education di kampus saya.

title-penutup

Keunggulan dan keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan G Suite for Education nyatanya tidak atau lebih tepatnya belum semua orang memahaminya. Inilah yang menjadi kendala bagi saya dalam mensosialisasikan penggunaan G Suite for Education di kampus Politeknik Negeri Bali. Dibutuhkan sosialisasi yang gencar dan berkelanjutan untuk dapat mengajak segenap civitas akademika menggunakan G Suite for Education.

Memang kenyataannya untuk dapat menerapkan G Suite for Education dibutuhkan infrastruktur jaringan internet yang handal. Dan juga harus didukung dengan perangkat penunjang proses belajar mengajar yang mumpuni. Seperti misalnya Acer Chromebook 14.

Acer-Chromebook-14-tahan-lamaDengan teknologi cloud dan wifi-nya yang digadang-gadang dapat bekerja lebih cepat dari laptop lainnya tentu Acer Chromebook 14 ini cocok sekali digunakan oleh guru maupun siswa dalam mengoperasikan G Suite for Education.

YouTube Preview Image

Anda dapat mengunjungi website Google jika ingin mempelajari lebih lanjut mengenai G Suite for Education di halaman ini. Dan bagi Anda pihak sekolah yang ingin mengimplementasikan G Suite for Education saya sarankan menghubungi Google Partner terdekat. Tentu mereka akan dengan antusias membantu karena memang G Suite for Education sudah menjadi komitmen Google dalam dunia pendidikan. Menurut hemat saya, akan sayang sekali jika layanan gratis dan secanggih ini tidak kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jika ingin bertanya tentang G Suite for Education lewat kolom komentar dengan senang hati saya akan membantu Anda.

Sekian tulisan saya, semoga bermanfaat. Salam.

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

575 total views, 1 views today

Tagged with: ,

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!