12

Format Laporan Wali Kelas 2013 (+9)

Pak Sukani @gurumelekIT October 12, 2013

Assalamualikum Wr. Wb.

Selamat pagi Guraru, bagaimana kabarnya? Semoga guraru dalam keadaan sehat dan dalam limpahan rahmad dari Allah SWT. Amin ya Ra.

Untuk mengawali kegiatan di pagi hari ini, saya akan sharing tentang “Format Laporan Wali Kelas 2013″. Menjadi wali kelas merupakan salah satu tugas tambahan seorang guru. Tugas tambahan sebagai wali kelas tentunya dengan SK kepala sekolah dengan diikuti uraian tugas yang jelas. Memang komplek sekali tugas wali kelas, diantaranya adalah membinaan anak-anak di kelasnya, termasuk menjaga sarana dan prasarana di kelasnya. Wali kelas jangan sampai lengah dalam membina anak-anak binaannya misalnya dalam hal absensi kehadiran siswa. Wali kelas harus intensif berkoordinasi dengan orang tua siswa terkait anak-anak binaannya. Setiap wali kelas dalam melakukan pembinaan terhadap anak-anaknya harus dicatat dan terdokumentasi, walau sekecil apapun. Tulis apa yang dikerjakan.

Tugas melaporkan kondisi sarana dan prasarana di kelas binaannya muncul dalam rangka membantu sekolah dalam monotoring dan evaluasi sarana prasarana sekolah, khususnya di kelas. Wali kelas membina anak dan sarana prasarana di kelas binaannya. Dengan begitu maka konsisi dan jumlah sarana prasarana yang ada di masing-masing kelas menjadi diketahui dan terkendali setiap bulannya secara efektif. Jika terjadi ketidaksesuaian maka dapat langsung dilakukan tindakan. Wali kelas pun dapat memberikan komplain terkait ketidaksesuain kondisi sarana prasarana di kelas binaannya. Hal ini semua untuk memenuhi kepuasan pelanggan (siswa).

Jika Guraru tertarik dan berkenan maka silahkan download format laporan wali kelas 2013 ini dengan cara mengklik gambar atau dengan cara klik DISINI.

1

Demikianlah sharing saya pada pagi hari ini, mudah-mudahan dapat memberikan manfaat. Saya menyadari bahwa tulisan saya banyak sekali kekurangannya, oleh karena itu saya terus belajar dan memperbaiki diri. Tak ada gading yang tak retak. Semua manusia pasti ada kekurangannya. Hanya Allah SWT lah yang maha sempurna.

Waalaikumsalam Wr. Wb.

 

Pak Sukani

SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan.

14,683 total views, 3 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Avatar of Pak Sukani @gurumelekIT
Pak Sukani @gurumelekIT

Pak Sukani @gurumelekIT merupakan guru matematika di SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan. Beliau merupakan seorang trainer, motivator dan pembicara dalam diklat maupun seminar-seminar di Indonesia. Passionnya adalah menulis dan mengembangkan IT untuk pembelajaran. Pak Sukani aktif mendorong guru-guru Indonesia agar melek IT dan memanfaatkannya untuk pendidikan. Kunjungi blognya di http://trainergurumelekit.wordpress.com atau 085695685815

View all posts by Pak Sukani @gurumelekIT →

Comments (12)

  1. Avatar of Bu Etna @gurutematik

    Alhamdulillah, benar pak Sukani, pencatatan apapun tentang kemajuan siswa, hambatan dan solusi harus selalu dilakukan. Terima kasih sharingnya, dahulu saya pernah menjadi wali kelas teladan terbaik, data terlengkap, proses 3 ranah lancar, rekaman kelanjutan studi dan terjun ke masyarakat sukses, alhamdulilah. Insya Allah melalui sharing ini, kita makin mantap dalam melaksanakan tugas mulia guru, amin. Terima kasih sharingnya, salam perjuangan.

  2. Avatar of Pak Sukani @gurumelekIT

    Sama-sama bunda. Terimakasih pula atas komentar dan kunjungannya. Wow, luar biasa bu. Alhamdulillah saya juga pernah menjadi walikelas terbaik dan terfavorit. Setiap melakukan suatu kegiatan/pembinaan memang harus dicatat dan terdokumentasi. Hal ini yang harus dibiasakan dan semoga menjadi suatu budaya. Lagi-lagi guru harus bisa menulis, mencatat untuk merekam segala aktifitas yang telah dilakukannya.

    Salam hormat,

  3. Avatar of Pak Sukani @gurumelekIT

    Dengan terdokumentasikannya semua kegiatan sekolah maka menunjukkan sekolah telah melakukan pengendalian dokumen yang baik dan telah melakukan salah satu sistem manajemen mutu.

    Pak Quimussadad : betul sekali pak agar saat akreditasi tidak mengalami kesulitan. Sip!

    Salam perjuangan,

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!