2

Ensiklopedia Microsoft Encarta Sarana Teknologi Pembelajaran Edukatif dan Interaktif (+3)

A. Reztu Eko Saputro May 31, 2017

RE 0 LOGOTUBAN, 31 MEI 2017 – Perkembangan teknologi masa kini telah banyak membawa kemajuan yang luar biasa dari berbagai sektor kehidupan yang telah menggunakan keberadaan dari teknologi itu sendiri. Kehadiran teknologi telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dan dimensi. Dengan teknologi manusia mampu merubah sesuatu yang mustahil dilakukan menjadi sebuah kenyataan, tidak hanya sampai disitu saja teknologi juga terus berubah dan mengalami perkembangan beriringan dengan perkembangan zaman. Hal ini terjadi karena semakin berkembang maju sebuah peradaban manusia maka teknologi pun akan terus mengalami perkembangan untuk meyelaraskan pola peradaban manusia itu sendiri.

Perlu diketahui bahwa tidak ada hal yang tidak lepas dari teknologi termasuk Pendidikan. Teknologi sangat berperan penting terhadap Pendidikan utamanya dalam proses belajar mengajar dengan teknologi pelajar dapat memiliki kesempatan lebih besar dalam mencari sumber ilmu selain itu kehadiran teknologi yang ada saat ini diharapkan agar pelajar semakin aktif dan kreatif serta menemukan wadah baru agar dapat meluaskan dan mengembangangkan pembelajaran yang diperolehnya di sekolah.

Permasalahan serius yang masih dirasakan didalam pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi adalah masalah kualitas, sebenarnay permesalahan ini dapat di pecahkan melalui pendekatan teknologi. Didalam teknologi di dunia pendidikan sendiri memiliki tiga prinsip yang dijadikan sebagai acuan pengembangan serta pemanfaatan yaitu pendekatan sistem, berorientasi pada pelajar, serta pemanfaatan sumber belajar yang akan melahirkan sebuah pemikiran modernisasi pendidikan yang dapat dirumuskan kedalam tiga rumusan yaitu :

  1. Bagaimana kita belajar (how people learn)
  2. Apa yang kita pelajari (what people learn)
  3. Kapan dan dimana kita belajar (where and when people learn).

Dilandasi ketiga rumusan tersebut tercipta sebuah trobosan pendekatan dalam dunia pendidikan yang menciptakan banyak cara dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan teknologi. Salah satu yang ingin saya bagikan adalah Microsoft Encarta yang merupakan salah satu jenis media pembelajaran berbasis ensiklopedia digital mutimedia yang masuk kedalam keluarga Microsoft Student yang khusus dihadirkan untuk para pelajar di seluruh dunia untuk memudahkan proses pembelajaran sedangkan Ensiklopedia sendiri adalah sejumlah tulisan yang berisi penjelasan yang menyimpan informasi secara komprehensif dan cepat dipahami serta dimengerti mengenai keseluruhan cabang ilmu pengetahuan atau khusus dalam satu cabang ilmu pengetahuan tertentu yang tersusun dalam bagian artikel-artikel dengan satu topik bahasan pada tiap-tiap artikel yang disusun berdasarkan abjad, kategori atau volume terbitan dan pada umumnya tercetak dalam bentuk rangkaian buku yang tergantung pada jumlah bahan yang disertakan. Microsoft Encarta ini sendiri dikembangkan pada 1993 sampai 2009 dengan berisikan beratus ribu konten pendidikan mulai dari artikel, gambar, video, audio, atlas, game dan media interaktif lainnya. Microsoft Encarta ini adalah satu-satunya media ensiklopedia yang dapat berjalan dengan baik tanpa koneksi Internet, sehingga dapat diakses kapanpun dan dimanapun oleh guru dan pelajar.

RE 1 MENU

Berikut video penjelajahan fitur penunjang pendidikan dengan Microsoft Encarta yang eksklusif saya hadirkan buat sobat Guraru.org dan AcerID.com

Dengan semakin majunya proses belajar mengajar menciptakan peranan penting dalam pembelajaran menggunakan teknologi pada umumnya dan pada Microsoft Encarta khususnya sebagai berikut :

1 Menciptakan Wawasan Global
Semakin maju dan berkembang pesat teknologi pelajar dituntun memiliki, meningkatkan dan memperluas wawasan global. Sebab meningkatkan dan memperluas wawasan global merupakan unsur penting untuk memahami masalah global. Menurut Makagiansar (Mimbar Pendidikan, 1989) agar dapat meningkatkan wawasan global, maka pendidikan memegang peranan penting. Dengan demikian pentingnya (urgensi) wawasan global dalam pengelolaan pendidikan ialah sebagai langkah upaya dalam peningkatan mutu pendidikan nasional.

RE 2 ARTIKEL
Untuk meciptakan wawasan global guru dan pelajar dapat menggunakan Ensiklopedia yang merupakan sarana menambah ilmu pengetahuan di seluruh cabang pendidikan sebagai media pembelajaran. Berbeda dengan Ensiklopedia tenpo dulu yang sebatas bentuk fisik seperti buku di era teknologi kini para pelajar dapat meningkatkan wawasan global dengan lebih cepat dan mudah berkat munculnya revolusi informasi digital sehingga muncullah Ensiklopedia dalam bentuk didital menggunakan perangkat lunak seperti Microsoft Encarta dan Wikipedia yang di mana setiap entri atau lemma bisa dicari dengan mudah dan cepat sehingga dapat digunakan sebagai media belajar alternatif selain bentuk buku.

RE 3 ARTIKEL
Dengan munculnya revolusi Ensiklopedia Digital seperti Microsoft Encarta ini konten Ensiklopedia tidak hanya sebatas sebuat tulisan dan gambar saja bahkan sampai animasi, video, audio, atlas dan grafik yang menyimpan informasi secara komprehensif dan cepat dipahami, serta dimengerti, mengenai keseluruhan cabang ilmu penge tahuan atau khusus dalam satu cabang ilmu pengetahuan. Tujuannya agar dapat mempermudah dalam proses pembelajaran serta dapat menarik minat belajar para pelajar.

2 Melihat Bentuk Dunia
Pemanfaatan atlas sebagai media pembelajaran khususnya pelajaran Geografi di dalam kelas yang  mempunyai peranan yang sangat penting guna membantu pelajar memahami konsep ruang (geospasial) dengan tepat serta dapat meningkatkan hasil belajar. Sehinga para guru geografi perlu merencanakan dan memilih media yang sesuai dengan materi ajar yang akan disampaikan diantaranyanya, baik dengan menggunakan peta dinding, atlas, globe maupun dalam bentuk digital. Dengan semakin majunya teknologi pendidikan akhir ini terjadi pergeseran penggunaan atlas dari yang bentuk fisik menjadi atlas  digital. Pemanfaatan atlas digital ini akan semakin diminati dan akan semakin banyak digunakan dalam pembelajaran karena lebih menarik, interaktif dan mempunyai ragam kelebihan dibandingkan atlas fisik. Namun sayangnya kebanyakan atlas digital memerlukan koneksi internet sedangkan koneksi internet belum diratakan sampai ke daerah-daerah terpencil. Untuk mengatasi masalah ini para guru dan pelajar dapan memanfaatkan fasilitas atlas offline dari Microsoft Encarta yang bernama World Atlas yang memiliki fasilitas yang sama seperti atlas digital di internet. Selain itu untuk memudahkan pemahaman pelajar World Atlas ini langsung terhubung dengan Ensiklopedi dari Microsoft Encarta sehingga pelajar dapat memperoleh penjelasan lebih rinci dari suatu tempat yang ditampilkan di World Atlas.

RE 4 ATLAS
Menurut Bakosurtanal pada sinopsis (2011 : 1) Atlas, merupakan titik terluar (frontier) dari galaksi pengelolaan data dan informasi geospasial yang bersentuhan langsung dengan dunia luar (masyarakat), memiliki posisi yang sangat penting baik itu sebagai representasi dari kondisi pengelolaan data dan informasi geospasial maupun sebagai pintu masuk bagi dunia luar untuk lebih mendalami data dan informasi geospasial. Bisa dikatakan, salah satu ukuran dari baik atau buruknya sebuah proses pengelolaan data dan informasi geospasial dapat ditentukan dari kualitas atlas yang dihasilkan sehingga sangatlah tepat dalam peralihan pengguna atlas digital, karena lebih interaktif, praktis, mudah dan juga selalu mengalami pembaharuan.

RE 5 ATLAS
Atlas digital ini juga harus mampu beradaptasi terhadap kondisi yang seseuai dengan kebutuhan guru dan pelajar. Untuk dapat beradaptasi dengan baik dan mulus dukungan dari pengelolaan data dan informasi geospasial, baik itu tematik maupun dasar, mutlak diperlukan. Pengelolaan ini harus mampu menyediakan kebutuhan data dan informasi geospasial dalam bentuk digital yang berorientasi sesuai dengan kebutuhan dunia pendidikan. Melihat kebutuhan ini Microsoft Encarta menghadirkan World Atlas yang disesuikan untuk kebutuhan dunia pendidikan. Bentuk penampilan altas milik Microsoft Encarta ini tidak hanya menampilkan atlas bentuk permukaan bumi tetapi juga atlas comprehensive, atlas political, atlas ecoregion, atlas temperatur, atlas precipitation, atlas tektonik dan atlas lain-lainnya bahkan sampai atlas satelite bulan.

RE 6 ATLAS

3 Menjelajahi Sejarah Dunia
Menurut Bettelheim (Nash, 1996 : 2) mempelajari sejarah bagi pelajar adalah ”rich food for their imagination, a sense of history, how the present situation come about” . Sejarah akan memperluas pengalaman pelajar, sebagaimana dikatakan oleh Phenix (Nash, 1996 : 2) ”a sense of personal involvement in exemplary lives and significant events, an appreciation of values and vision of greatness”. Sejarah menghubungkan setiap pelajar dengan “akarnya” dan mengembangkan rasa memiliki (a sense of personal belonging).

RE 8 JELAJAH
Agar dapat mencapai apa yang dikemukakan baik oleh Bettelheim maupun Phenix, maka pembelajaran sejarah harus kaya dengan sumber atau resource agar pelajar dapat mengembangkan imajinasinya. Sumber atau resource yang paling kaya dapat ditemukan dengan pendekatan teknologi seperti internet namu terkadang persoalan muncul sebagai akibat dari perbedaan persepsi antar penulis akan membuat guru dan pelajar untuk berpikir lebih tajam, sensitif dan berupaya mengembangkan kemampuan nalarnya. Persoalan yang muncul tersebut kemudian adalah bagaimana mengembangkan pembelajaran yang berbasis teknologi.

RE 7 JELAJAH
Semakin majunya teknologi membuat semakin banyak konten yang dapat digunakan untuk memperkaya pengetahuan sejarah seperti artikel, ensiklopedia, foto bersejarah, peta bersejarah hingga sebuah video dokumenter yang semuanya dapat digunakan sebagai bahan belajar sejarah. Salah satu media interaktif dalam mempelajari sejarah dapat melalui Microsoft Encarta dengan konten berbasis game simulasi travelling bernama 3D Acient Sites yang menarik dan inovatif dalam belajar sejarah, pasalnya dengaan 3D Acient Sites guru dan pelajar menjelajahi sebut situs layaknya sedang melaknya kunjungan wisata.

RE 9 JELAJAH
Situs yang ditampilkan 3D Acient Sites ini juga memiliki struktur bangunan situs yang sesuai dengan kondisi sebenarnya bahkan sampai tiap detail benda yang berada di situs tersebut. Selain itu agar wawasan sejarah pelajar lebih luas Microsoft Encarta menghubungkan setiap konten yang berada di situs tersebut dengan Ensiklopedia untuk penjelasan lebih lengkap sehingga mudah dipahami pelajar.

4 Memudahkan Melakukan Perhitungan
Perhitungan adalah cara mengerjakan soal pada pelajaran rumpun MIPA seperti matematika, fisika dan kimia. Menurut Wahyudi dan Damayanti (2005 : 104) matematika (berhitung) meliputi semua pemikiran dan keahlian yang membantu manusia dalam mengatur dunia. Sehingga keahlihan dalam menguasai perhitungan sangatah penting bagi pelajar, namun terkadang pelajar dibuat kebingungan dalam melakukan atau mengerjakan perhitungan. Dengan semakin berkembangnya teknologi semua hal dapat dilakukakan dengan mudah termasuk melakukan perhitungan.

RE 10 MATEMATIKA
Untuk memudahkan melakukan perhitungan pelajar dapat menggunakan media kalkulator fisik atau digita sebagai alat bantu hitung biasa namun untuk melakukan perhitungan yang lebih rumit pelajar dapat melakukan peritungan dengan alat bantu hitung digital Microsoft Math yang merupakan paket Microsoft Student. Microsoft Math ini menyediakan sederetan alat matematika untuk menyelesaikan berbagai kasus matematika dan solusi pemecahannya serta memberikan pengajaran mengenai pra-aljabar, aljabar, trigonometri, fisika, kimia dan kalkulus. Microsoft Math juga memiliki beberapa fungsi lainnya seperti kalkulator grafik lengkap yang dirancang untuk bekerja layaknya kalkulator gengam. Microsoft Math dapat membantu pelajar untuk mengevaluasi bentuk seperti segitiga, mengonversi dari satu sistem ke sistem unit lainnya dan memecahkan berbagai persoalan seputar permasalahan atau persamaan beserta penyelesaian langkah demi langkah. Khusus pada Microsoft Math 3.0 telah memiliki support untuk Ink Handwriting yang memperbolehkan pelajar untuk menulis permasalahan atau persamaan pada Handwriting Pad menggunakan mouse untuk kemudian dikenali atau discan oleh Microsoft Math. Harus digaris bawahi kemudahan teknologi seperti yang diberikan Microsoft Math ini harus digunakan dengan bijak.

5 Melatih Keterampilan Berbahasa
Menghadapi era dunia globalisasi selain pelajar dituntut untuk memiliki wawasan gllobal yang luas pelajar juga dituntut bisa berbahasa dengan baik dan benar. Selain berbahasa baik dan benar dalam bahasa nasional Bahasa Indonesia pelajar juga harus bisa berbahasa dengan baik dan benar menggunakan bahasa asing juga tidak hanya satu bahasa asing banyak bahasa asing karena kunci untuk menguasai pengetahuan adalah berbahasa. Belajar berbahasa harus dimulai seawal mungki senjak dini karena menurt ahli Bahasa Inggris, Lenneberg (1967 : 116) mengatakan, “there was a neurologically based “critical period”, which complete mastery of language, but it is no longer possible, because it will end around the onset of puberty”. Menurut Lenneberg, seorang individu mempunyai masa penting (periode sensitif) untuk dapat dengan mudah dan cepat menguasai bahasa, yang disebut dengan “critical period” disini adalah pada saat individu tersebut belum memasuki masa pubertas.

RE 11 KAMUS
Tidak ada kata terlambat dengan kehadiran teknologi yang memberikan peranan penting dalam kemudahan pengguasaan bahasa bagi siapapun. Kunci dari berbahasa dengan baik dan benar dapat kita peroleh dengan melakukan melihat, mengucapkan dan mendengar yang perlu guru hadirkan didalam kelas. Sebab itu dihadiran teknologi dalam mendidik pelajar agar dapat berbahasa dengan baik dan benar dengan bantuan kamus digital baik offline maupun online sehingga lebih mudah mencari dan menterjemahkan kata dalam bahasa asing sehingga dapat mengetahui penulisan kata-kata dengan benar dan juga terkadang sebagian besar kamus juga dilengkapi dengan fitur audio agar pelajar tau cara pengucapan yang benar seperti yang diucapkan oleh native speaker sama seperti halnya kamus di dalam Google Translate dan Microsoft Encarta, selain itu untuk Microsoft Encarta karena berbasis Ensiklopedia kamus pada Microsoft Encarta ini juga memberikan penjelasan pada setiap kata yang dicari. Selain itu praktek latih yang rutin dapat membantu pelajar dalam mencapai kelancaran bagi pelajar dalam berbahasa asing.

6 Sarana Belajar Menyenangkan
Belajar yang menyenangkan menjadi dambaan setiap pelajar, karena dengan pembelajaran yang menyenangkan pelajar dapat menyerap materi pelajaran dengan mudah. Menurut Darmansyah, (2010 : 22) Pendekatan pembelajaran yang menyenangkan merupakan salah satu pendekatan dalam pembelajaran yang mendukung pengembangan keterampilan proses sains dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan. Pembelajaran yang menyenangkan adalah sistem pembelajaran yang berusaha untuk membangkitkan minat, adanya keterlibatan penuh, dan terciptanya makna, pemahaman, nilai yang membahagiakan pada pelajarab. Pendekatan pembelajaran yang menyenangkan merupakan suatu pendekatan yang membut peserta didik nyaman, aktif melibatkan pelajar sehingga pelajar lebih dapat menerima materi yang disampaikan dan memaksimalkan partisipasi pelajar karena pembelajaran berjalan tanpa tekanan.

RE 12 GAME
Zaman serba teknologi ini pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dapat terlaksana dengan mudah dengan konten-konten yang menyenangkan namun tetap mengedukasi seperti quiz, game, video, animasi dan lain-lain. Dengan konten-konten tersebut pelajar dapat mengeksplorasi dan mengembangkankan lebih lanjut pelajaran yang disampaikan. Salah satu media untuk pembelajaran yang menyenangkan adalah Microsoft Encarta dengan menggunakan sarana yang menyenangkan membuat pelajar terus bersemangat untuk melakukan pembelajaran yang menyenangkan menggunakan teknologi. Microsoft Encarta sendiri memiliki konten untuk sarana pembelajaran yang menyenangkan berupa game and fun stuff di berbagai ilmu pengetahuan.

RE 13 GAME
Salah satu media pembelajaran pada teknologi yang menyenangkan dan menjadi favourite para pelajar adalah game karena dengan dengan game selain dapat membuat hati pelajar senang salain itu juga dapat membuat pelajar lebih mudah untuk mengingat, mengambil keputusan dan juga membangun strategi.

7 Mencetak Bibit Unggul
Menurut David G. Amstrogn and Tom V. Savage (1983; 327) mengemukakan; “Gifted and talented students are individuals who arecharacteristized by a blaned of (1) high intelligence, (2) high task comitment, and (3) high creativity, yang intinya pelajar yang unggul dan berkualitas memiliki kemampuan yang tinggi. Tentunya di era globalisasi ini pelajar sebagai bibit atau generasi penerus wajib memiliki kualitas dan kapabilitas berdaya saing global.

RE 14 KID
Teknologi sendiri hadir dengan peran sebagai salah satu sarana untuk mencetak bibit yang unggul dengan memberikan ilmu pengetahuan kepada generasi penerus dalam usia sedini mungkin, karena usia dini adalah usia keemasan yang sayang dilewatkan untuk menciptakan generasi penerus yang unggul. Pendekatan terhadap teknologi dalam usia dini perlu untuk para orang tua, guru, dan pemerintah untuk melakukan bimbingan dan pengawasan lebih ketat dalam melakukan akses teknologi karena diusia dini yang  masih belum bisa memilah dan menyaring dengan sendirinya mana yang baik dan benar.

RE 15 KID
Salah satu cara yang tetapat dalam pendekatan teknologi adalah dengan cara memberikan konten yang hanya untuk usia dini, yaitu dengan membatasi akses internet bahkan lebih baik tidak memberikan akses internet dan memberikan aplikasi khusus untuk mengedukasi seperti mewarnai, mengaji, menggambar, membaca dan lain-lain. Salah satu aplikasi untuk usia dinia adalah Encarta Kids yang memberikan edukasi yang sesuai dengan usia keemasan, sama seperti Microsoft Encarta yang berbasis ensiklopedia Encarta Kids ini juga memiliki basis yang sama namun dengan tampilan serta konten yang menarik untuk usia dini.

RE 16 KID
Didalam Encarta Kids berfungsi menambah wawasan dengan menyenangkan tanpa memberi rasa bosan dengan menghadirkan konten yang interaktif serta edukatif selain itu Encarta Kids juga memiliki cara pengoprasian yang mudah dijalankan pada usia dini.

 
Selain itu pada dasarnya pembelajaran berbasis teknologi memiliki peranan penting tersendiri di dalam dunia pendidikan, yang meliputi :

  1. Sebagai peralatan untuk mendukung kontruksi pengetahuan:
    ⦁    Untuk mewakili gagasan pelajar pemahaman dan kepercayaan.
    ⦁    Untuk organisir produksi, multi media sebagai dasar pengetahuan pelajar.
  2. Sebagai sarana informasi untuk menyelidiki pengetahuan yang mendukung pelajar :
    ⦁    Untuk mengakses informasi yang diperlukan.
    ⦁    Untuk perbandingan persektif, kepercayaan dan pandangan dunia.
  3. Sebagai media social untuk mendukung pelajaran dengan berbicara:
    ⦁    Untuk berkolaborasi dengan orang lain.
  4. Sebagai mitra intelektual untuk mendukung pelajar.
  5. Untuk meningkatkan efektifitas dan efisien proses belajar mengajar.
  6. Untuk meningkatkan mutu pendidikan.
  7. Untuk dapat mempermudah mencapai tujuan pendidikan.

 

Agar tercapai peranan pendidikan menggunakan teknologi dengan baik perlu ada peranan penting dari orang tua, guru serta pemerintah untuk membimbing dengan menanamkan :

  1. Pendampingan pendidikan teknologi dengan bimbingan moral yang seimbang, sehingga pelajar mampu memilih penggunaan teknologi yang bermanfaat.
  2. Memberikan pengawasan dan perlindungan dengan pembatasan akses konten-konten yang tidak baik atau pemberian sangsi yang tegas.
  3. Mendorong motivasi anak didik kearah pengembangan IPTEK dengan selalu menempatkan pendekatan nilai-nilai Islami menjadi sumber acuannya.
  4. Menciptakan jalinan yang kuat antara ajaran agama dan IPTEK, serta hubungan yang akrab dengan para ilmuwan yang memegang otoritas IPTEK dalam bidang masing-masing.
  5. Menanamkan sikap dan wawasan yang luas terhadap kehidupan masa depan umat manusia melalui kemampuan menginterpretasikan ajaran agama dari kehidupan manusia.

 

Selain penjabaran diatas, pendidikan teknologi memerlukan sebuah alat atau device untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran seperti Acer Chromebook 14 karena di era serba teknologi yang serba cepat guru dan pelajar dituntut untuk melakukan aktifitas pembelajaran lebih efisien dan mengena sasaran pendidikan. Dengan menggunakan teknologi berbasis cloud membuat Acer Chromebook 14 sangat bermanfaat untuk proses pembelajaran seperti berbagi pengetahuan, melakukan diskusi, kelas online dan mengumpulkan tugas dapat dengan mudah dilakukan oleh guru dan pelajar.

RE 17 Chromebook
Selain itu untuk mempercepat pengerjaan tugas pelajar Acer Chromebook 14 menghadirkan teknologi Wi-Fi yang lebih cepat dan efisien dalam penggunaan data internet ditamabah lagi dengan 4 GB RAM dan Prosessor Intel Celeron N3060 membuat Acer Chromebook 14 tidak akan mengalami lag selama membuat tugas pelajaran sedangkan untuk akses penggunaan yang lebih lama battery dari Acer Chromebook14 ini dapat bertahan selama 12 jam penuh selain itu Acer Chromebook 14 memiliki design stylist dan kokoh dengan body full metal dan layar Full HD 14 inch.
Jadi dengan kehadiran Acer Chromebook 14 ini akan sangat membantu dalam proses belajar mengajar di dunia pendidikan.

 

— Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru —

449 total views, 3 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!