0

Enam Ganti Rugi Ketika Delay Pesawat (0)

Saskia Nikita Sibo February 11, 2017

Maskapai Penerbangan memiliki kebijakan serta tanggung jawab masing-masing dalam menangani kejadian dalam hal delay pesawat. Namun tanggung jawab tersebut tidak lepas dari peraturan pemerintah yang sudah ditentukan.
Keterlambatan pesawat di Indonesia sering terjadi. Kompensasi atau ganti rugi atas keterlambatan penerbangan telah diatur melalui peraturan menteri perhubungan sejak tahun 2015 lalu. Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 89 Tahun 2015 tentang Penanganan Keterlambatan pada Pesawat Niaga Berjadwal. “Peraturan ini masih berlaku sampai sekarang dan jadi pegangan bagi konsumen,” kata J. A Barata, juru bicara Kementerian Perhubungan. Pada peraturan tersebut, diatur enam jenis keterlambatan dan kompensasinya bagi konsumen serta diatur tentang pengembalian uang tiket jika kamu membeli tiket dengan menggunakan kartu kredit. Kompensasi ini berlaku jika keterlambatan atau delay pesawat terjadi karena kelalaian perusahaan penerbangan. Bukan karena sesuatu di luar kemampuan perusahaan penerbangan. “Misalnya saat mau mendarat, ternyata di bandara tujuan ada asap tebal, ini di luar kendali perusahaan penerbangan,” jelas Barata.

Tetapi, jika perusahaan penerbangan ingin menjaga loyalitas pelanggannya, kata Barata, perusahaan penerbangan itu akan memberikan kompensasi meskipun delay atau gangguan itu bukan karena  kelalaiannya. “Sekarang semua bisa ketahui kok, konsumen udah pinter, pasti konsumen tahu jika alasan itu tidak benar,” kata Barata.

Coba amati infografik berikut ini:

kompensasi-delay-infographic

Mulai sekarang, setelah membaca infografik ini, kamu tidak perlu bingung lagi dengan hak-hak kamu jika mengalami delay pesawat. Kamu juga gak perlu takut menggunakan kartu kredit untuk membeli tiket pesawat untuk berwisata ke destinasi favoritmu. Jika kamu belum memiliki kartu kredit, Ajukan Sekarang!

Sumber: Halomoney.co.id

2,004 total views, 2 views today

Tagged with:

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!