1

Edukasi Seru Melalui Ted Talks Channel (+1)

Pengelola Guraru November 16, 2016

Guraru sedang mencari inspirasi sebelum masuk mengajar di kelas? Atau Anda selalu ‘memancing’ untuk mengajak murid dapat berdiskusi melalui suatu topik pelajaran? Guraru yang haus inspirasi dan motivasi dalam kehidupan dan pendidikan, dapat menjadikan TED sebagai sumber motivasi, pembelajaran, dan pengetahuan secara keseluruhan

isi

TED (Technology, Entertainment, and Design) merupakan organisasi non profit yang dibentuk Sapling Foundation di tahun 1984 sebagai sebuah konferensi. TED menyajikan speech atau presentasi (TED Talks) para tokoh inspiratif dunia dari berbagai bidang dengan berbagai topik menarik dan telah disadur di lebih dari 100 bahasa. Dengan moto “Ideas Worth Spreading”, TED Talks dibuat untuk mengubah dunia melalui gagasan besar dari para pemikir dunia.

Tokoh-tokoh inspiratif seperti Al Gore, Bill Gate, Steve Jobs, Michelle Obama, J.K. Rowling, dan sebagainya pernah berkesempatan menjadi pembicara. Hingga saat ini, ada lebih dari 300 juta video dari berbagai bidang, mulai dari teknologi, psikologi, entertainment, desain, bisnis, ilmu pengetahuan hingga isu-isu global, bisa Guraru tonton gratis di laman ted.com.

Lantas, mengapa harus menonton video TED Talks? Pertama, TED Talks sangat menginspirasi. Guraru pasti akan terpesona dengan berbagai video inspiratif yang ditawarkan, bahkan bisa mendapat pelajaran hidup yang berharga hanya dengan menonton video.

TED Talks juga sangat efektif sebagai media pembelajaran. Semua video di TED Talk disusun secara ringkas, padat dan menarik agar pendengarnya tidak merasa cepat bosan. Rata-rata video TED Talks memiliki durasi minimal 5 menit dan maksimal 18 menit. Durasi tersebut dianggap efektif bagi seorang pembicara untuk menguraikan sebuah tema dan memberikan informasi lebih lengkap dan cukup, serta dapat menjaga perhatian para pendengarnya.

Dari ratusan juta konten tersebut, ada 4 video TED Talks yang direkomendasikan untuk segera Guraru tonton. Berikut daftarnya!

  1.    Sir Ken Robinson: How School Kills Creativity

Inilah presentasi yang paling populer sepanjang masa. Tak hanya pembawaan Sir Ken Robinson yang humoris, tetapi ia juga sukses membuat pendengarnya berpikir tentang sistem pendidikan. Dalam presentasinya, ia berpendapat bahwa sekolah seharusnya menjaga dan mendorong kreativitas para siswanya, serta mengakui adanya beberapa jenis kecerdasan lain.

ted talks guraru - sir ken

Sir Ken Robinson mengambil contoh kasus koreografer musikal terkenal Gillian Lynne yang dianggap memiliki gangguan belajar oleh gurunya. Namun dokter menunjukkan bahwa Gillian tidak memiliki gangguan apapun. Sejak saat itu, orangtuanya sadar bahwa Gillian sebenarnya talented di dunia tari, kemudian memasukkannya ke sekolah tari.

  1.    Angela Lee Duckworth: The Key to Success? Grit

Psychologist Angela Lee Duckworth menyadari bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor penentu kesuksesan seorang murid. Ia menjelaskan teorinya bahwa tekat menjadi kunci kesuksesan seseorang. Tekat diartikannya sebagai passion, ketekunan, dan kemauan melalui segala rintangan untuk mencapai tujuan jangka panjang.  

ted talks guraru

Untuk membangun tekat tersebut, ia menyampaikan bahwa para guru dapat menumbuhkan pola pikir anak-anak dan menjelaskan bahwa kegagalan hanya bersifat sementara. Sebaliknya, siswa juga perlu belajar dari kesalahan dan terus bergerak maju.

  1.     Rita Pierson : Every Kid Needs A Champion

Rita Pierson mengabdikan dirinya sebagai seorang pengajar. Dalam presentasinya, beliau menyoroti pentingnya membangun hubungan personal antara guru dengan siswa demi menunjang prestasi siswa. Hal ini penting karena anak-anak tidak akan mau belajar dari orang yang tidak mereka sukai.

ted talks

Oleh karena itu, anak layak memiliki seorang jawara, orang dewasa yang tidak pernah menyerah untuk mengajarkan mereka dan bersikeras bawa mereka bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

4.   Margaret Heffernan: Dare to Disagree

Kebanyakan orang secara naluriah menghindari konflik, tetapi Margaret Heffernan mengatakan bahwa mengemukakan pendapat justru salah satu kunci kesuksesan seseorang. Baginya, konflik justru merupakan bentuk pemikiran dan penggerak perubahan.

margaret

Ia menggiring anak-anak membuka pikiran bahwa ada jawaban yang benar dari sebuah argumen. Margaret juga menganggap penting mengajarkan anak cara menyampaikan pendapat dan mempertahankannya sejak dini.

Yuk, buka website resminya atau langsung download aplikasinya di smartphone atau tablet Guraru. Jika Guraru ingin mengeksplor dan download video presentasi lainnya, silahkan langsung visit ted.com. Arahkan mouse ke menu Participate, lalu pilih Translate. Setelah itu, klik Our Language dan pilih Indonesian. Silahkan untuk memilih video yang Guraru ingin tonton atau download.

Kesimpulannya, TED Talks menjadi salah satu cara seru untuk bahan mengajar dan belajar. Selamat mencoba!

Baca juga: 5 Rekomendasi Menarik Seputar Metode Mengajar

Sumber :

ted talks advantages and disadvantages

belajar presentasi efektif menarik dan inspiratif dari ted

10 best ted talks of 2014 for educators

most popular ted talks 2016

899 total views, 3 views today

Tagged with: , ,

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!