5

EDUGAME, solusi cerdas dalam belajar dan mengajar (+3)

Crysna Rhany Ningrum May 31, 2017

Masih marah melihat anak-anak kita bermain game? Atau tegas melarang saat para siswa menghabiskan waktu untuk bermain game di dalam kelas? Mungkin ada baiknya kita mulai membiasakan diri untuk bisa bersahabat dengan kegemaran anak-anak dan para siswa kita agar mereka makin enjoy belajar melalui cara yang mereka sukai. Salah satunya adalah dengan menggunakan media Game Edukasi atau yang lebih dikenal dengan istilah Edugame.

Mengapa harus dengan Edugame?

pengguna internet

Gb 1. Pengguna Internet di Indonesia

Taukah Anda bahwa negara Indonesia termasuk negara pengguna internet tertinggi di ASEAN? Dan tahukah Anda bahwa negara Indonesia juga menduduki peringkat sebagai negara pengguna internet tertinggi nomer tiga di dunia? Keren bukan? Secara logika, dengan peringkat yang sedasyat itu, seharusnya negara kita juga harus mampu menjadi negara termaju dan tercanggih da ASEAN dan nomer tiga di dunia. Tapi mengapa kita justru harus kalah maju di bandingkan dengan negara-negara lain? Manakah bagian yang salah?

Mari kita telusuri bersama. Banyaknya pengguna internet di Indonesia di dominasi oleh pengguna di usia sekolah.  Bisa dibayangkan jika anak-anak usia sekolah itu mampu menggunakan internet untuk hal-hal yang positif. Betapa cepat meroketnya kemajuan di Indonesia ini. Tidak bisa dibayangkan lagi bagaimana cerdasnya para pelajar di Indonesia. Tapi itu semua akan terwujud apabila para siswa mampu menggunakan internet secara cerdas dan bijak.

ba350b5a878c962459f7c93b2666b6fb

Gb 2. Mayoritas pengguna internet berada pada usia sekolah

Namun kenyataannya, mayoritas para anak usia sekolah ini menggunakan internet jutru untuk bermain game online, melihat youtube, update status di media sosial atau sekedar download lagu untuk menambah isian playlist di katalog mp3 nya. Bermain game merupakan aktivitas utama para anak muda ini. Itu menunjukkan betapa besar ketertarikan para siswa untuk bermain game. Pernahkah kita memaksa anak-anak ini untuk bermain game yang mereka sukai? Tentu saja tidak, karena tanpa kita suruhpun, para penggemar game ini akan rela menghabiskan uang dan waktunya hanya untuk sekedar bermain game. Lantas, mengapa kita sebagai guru tidak mencoba untuk menyajikan pembelajaran menggunakan media Edugame? Bukankah jika siswa menyukai sesuatu maka mereka akan ikhlas untuk melakukan sesuatu tersebut tanpa paksaan? Bukankah akan menjadi sebuah kebahagiaan tersendiri jika guru begitu dinantikan para siswanya di kelas karena pembelajaran yang disajikan sangat menyenangkan? Jadi, apakah kita masih akan melarang siswa untuk bermain game? Apakah tidak lebih baik jika kita mengarahkan para siswa untuk membuat game edukasi sesuai dengan mata pelajaran dan model game yang mereka sukai? Coba bayangkan jika para guru mampu membuat Edugame dan mampu mengajarkan cara membuat Edugame kepada para siswanya, berapa banyak game-game edukasi yang akan tercipta di Indonesia ini karena daya imajinasi dan kreatifitas mereka yang masih sangat tinggi. So Amazing bukan? Bukan hal yang mustahil jika negara kita akan menjadi negara yang bisa melesat cepat kemajuannya jika guru dan orang tua mampu mengarahkan anak-anak untuk memanfaatkan penggunaan internet salah satunya adalah dengan melalui media Edugame.

Alasan mengapa Guru harus belajar membuat Edugame.

 Untuk menjadi seorang guru yang diharapkan kehadirannya oleh para siswanya tidaklah mudah. Tetapi kita bisa mengupayakannya, salah satunya adalah dengan cara mengikuti hal-hal yang disukai oleh para siswa. Kita bisa menggunakan Edugame untuk menarik minat siswa dalam belajar karena kegemarannya bermain game. Bahkan kita juga bisa membuat evaluasi pembelajaran dengan menggunakan Game Edukasi. Keren bukan jika ulangan disajikan dalam bentuk Edugame? Bisa di pastikan para siswa akan sangat antusias dalam mengikuti proses evaluasi tersebut dan bukan hal yang mustahil jika para siswa akan meminta gurunya untuk memberikan evaluasi lagi dan lagi. Menyenangkan bukan?

Seorang guru juga dituntut untuk selalu mengupdate pengetahuannya karena tidak dipungkiri lagi bahwa dijaman milenia ini, guru bukanlah satu-satunya sumber belajar, berbeda dengan saat saya menjadi siswa dulu. Dimana semua sumber belajar ada pada guru dan dari bukunya guru yang harus kami catat dari papan tulis.

Guru juga harus terus berinovasi dalam setiap model pembelajarannya. Apa jadinya jika slide pembelajaran dari tahun ke tahun sama? Padahal ilmu pengetahuan kian maju dan bertambah. Jangankan siswa, kita juga pasti akan bosan untuk mengajarkannya. Lantas inovasi yang bagaimanakah yang seharusnya dilakukan oleh seorang guru? Tentu saja inovasi yang baru dengan melihat banyak referensi dari pengalaman mengajar guru lainnya. Bisa kita adopsi dari para guru dalam negeri maupun dari luar negeri yang kita sesuaikan dengan daya kreatifitas yang kita miliki.

Apakah membuat Edugame susah?

Bagi sebagian orang yang belum mengenal software pembuat Edugame pasti akan beranggapan bahwa membuat Edugame itu sulit. Padahal jika kita mengenal konsep dasarnya secara awal, mungkin kita akan kecanduan untuk membuat Edugame lagi dan lagi. Saya akan menunjukkan bagaimana mudahnya membuat Edugame dengan menggunakan software construct 2 yang sangat mudah dalam pengoperasiannya. Berikut adalah salah satu video tutorial yang pernah saya buat.

YouTube Preview Image

Bagaimanakah contoh Edugame yang bisa kita buat?

Game TIK PINTAR

Pada game ini, para siswa di ajak untuk menentukan mana saja yang termasuk ke dalam peralatan input. Jika siswa mampu menjawab dengan benar, maka akan mendapatkan sepuluh point, namun jika siswa menjawab salah, maka akan mendapatkan pengurangan skor sebanyak sepuluh  point. Nilai minimal yang harus dikumpulkan untuk bisa melanjutkan ke level berikutnya adalah 75 atau disesuaikan dengan KKM di masing-masing sekolah.

game2

Gb 3. Cover Game TIK Pintar

game3

Gb 4. Tampilan Level Game 1

 Game BILANGAN PRIMA

Pada game ini para siswa diajak untuk bisa menentukan bilangan prima antara satu sampai dengan sepuluh dalam waktu satu menit. Para siswa akan dituntut untuk bisa berpikir secara cepat dalam waktu yang ditentukan untuk mendapatkan point minimal agar dapat memenangkan game ini. Jika gagal, maka siswa harus mengulangi game ini mulai dari awal sampai berhasil. Secara logika, jika siswa mampu memenangkan game ini, maka sebenarnya siswa sudah menguasasi konsep tentang bilangan prima.

game1

Gb 5. Cover Game Bilangan Prima

game5

Gb 6. Tampilan Game Bilangan Prima

Game GATOTKACA BELAJAR BIOLOGI

Pada game ini, para siswa di ajak untuk menyebutkan nama-nama dari tiap organ ekskresi pada manusia. Semua jawaban harus bernilai benar untuk bisa melanjutkan ke level berikutnya. Terdapat beberapa level dalam game ini, Dan jika siswa mampu menjawab semua pertanyaan dengan benar, maka siswa dapat mencapai level juara dan memenangkan game ini. Itu artinya siswa sudah lulus dalam kompetensi tersebut.

soal paru

Gb 7. Game Gatotkaca Belajar Biologi

Game PENJUMLAHAN

Pada game ini, para siswa bisa menembakkan ke arah soal yang berisi pasangan soal dan jawaban yang bernilai benar. Jika tembakan diarahkan ke pasangan penjumlahan yang bernilai benar, maka siswa akan mendapatkan nilai. Namun jika tembakan diarahkan pada pasangan penjumlahan yang bernilai salah, maka siswa akan mendapatkan pengurangan point.

game4

Gb 8. Game Penjumlahan

Semoga artikel ini bisa menginspirasi para guru agar mampu bersahabat dengan kemajuan teknologi dan menggunakan teknologi secara cerdas dan bijak untuk mengoptimalkan kegiatan belajar dan mengajar di kelas.

Salam Edugame Indonesia.

 “Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

753 total views, 3 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (5)

  1. Avatar of mokhamad subakri

    wah keren banget nih, pinggin membuatnya sy bu
    salam kenal, no hp sy 0856 4584 3399 chat wa ya … kapan2 mau belajar

    sy buat gamenya sederhana, alhamdulilah lumayang hasilnya

    artikelnya sudah sy VOTE UP dan like facebook
    semoga sukses
    bisa lihat juga inovasi pembelajaran berikut ini
    artikel 1
    http://guraru.org/guru-berbagi/peningkatan-motivasi-belajar-siswa-saat-liburan-dengan-game-bom-whatsapp/?replytocom=43267#respond
    artikel 2
    http://guraru.org/guru-berbagi/kearifan-lokal-dunia-digital-belajar-menakjubkan-2/

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!