2

E-Learning Solusi untuk Generasi Z (+3)

Dwi Andika Pratama May 27, 2017

E Learning Solusi Generasi Z

E Learning Solusi untuk Generasi Z

Menjadi seorang guru bukanlah perkara yang mudah, pasalnya tidak semua murid memiliki karakter yang sama. Apa lagi sekarang Generanasi Z.

Dimana anak lebih suka mengexplore keingintahuannya sendiri dan fasilitas di zaman sekarang sudah memadai. Internet yang cepat dan gadget yang canggih.

Ada saja guru yang mengeluhkan bahwa murid zaman sekarang sungguh berbeda dengan muridnya yang terdahulu.Itulah salah satu sebab(berbedanya zaman) yang menjadi perbedaan karakteristik anak.

Kita sendiri bisa lihat perubahan dari era agraris ke era Industri, dari era Industri ke era Informasi, dan sekarang ke era Digital.

Generasi Z ialah mereka yang lahir pada tahun 1995 – 2010. Dimana mereka lahir di dunia digital. Siswa dari SD kelas 1 sampai dengan Mahsiswa semester akhir adalah mereka Generasi Z.

Bisa dilihat mereka yang menguasai teknologi dengan mudah dibanding generasi sebelumnya. Mereka suka bermultitasking(melakukan beberapa hal dalam satu waktu), mereka juga ekspresif di sosial media, dan mereka cenderung  egosentris, individualis, serba instan, tidak suka berproses. (sumber: 4muda.com)

Generasi Z ini lebih suka melakukan eksperimen. Dimana mereka lebih suka belajar dimana pun dan kapan pun. Inisiatif mereka sungguh tinggi. Tingkat kemandirian mereka juga tinggi.

Misalnya ketika sedang luang. Mereka akan browsing untuk mencari sesuatu yang mereka ingin tahu.Mereka fokus ke esensinya dan tidak terlalu memusingkan bagaimana cara mendapatkannya. Ingat! Mereka menguasai teknologi.

 

E-Learning adalah Revolusi Cara Mengajar untuk Generasi Z

Perlu dipahami apa itu E-Learning. Adalah Electronic Learning. Atau pembelajaran yang dilakukan secara online menggunakan media seperti laptop, pc, atau gadget.

Dan definisi versi Wikipedia “Sistem pembelajaran elektronik atau e-pembelajaran (Inggris: Electronic learning disingkat E-learning) dapat didefinisikan sebagai sebuah bentuk teknologi informasi yang diterapkan di bidang pendidikan berupa website yang dapat diakses di mana saja”

Mungkin awalnya kita menyaksikan pembelajaran menggunakan proyektor. Namun sekarang slide itu bisa diunggah ke storage online. Dimana murid bisa mengakses setiap saat.

Kemajuan positif ini patut kita apreasiasi. Karena ini sebuah kemajuan zaman yang sulit terelakkan. Karena demikian, sekarang dunia pendidikan sedang revolusi dengan konsep E-Learning. Bukan sebuah ancaman, namun sebuah terobosan.

Namun apa bila sebuah instansi pendidikan tidak mengikuti perkembangan zaman E-Learning ini, tertinggallah! Namun tetap bisa diupayakan dari Guru yang inovatif.

Dimana E-Learning ini bisa memudahkan siswa mau pun mahasiswa untuk belajar dimana saja dan kapan saja (ingat ini kekuatan generasi Z yang bisa belajar sendiri).

Karena banyak kemudahan teknologi yang hadir dalam kehidupan kita. Seorang Guru mestinya saat ini sudah mampu menciptakan E-Learning-nya sendiri.

Ya, E-Learning itu bisa diciptakan. Karena memang dalam prosesnya sungguh sederhana.

Kita perlu sadar dengan Generasi Z ini. Mereka itu susah diatur. Tapi mereka sangat kreatif. Ketika kita menginstruksikan untuk mendapatkan jawaban atau mengerjakan soal. Mereka lebih dari pada yang kita kira.

Maka dari itu hadirnya Guru yang menciptakan E-Learning akan semakin tersampaikan ilmunya secara luas. Keterbatasan dinding yang menjadi batasan, akan lebur bersama hadirnya E-Learning.

 

Langkah Membuat E-Learning

E-Learning yang kita buat dalam kesempatan kali ini lebih memanfaatkan blog dan storage online. Sederhana dan tetap fokus ke inti E-Learning itu sendiri.

Karena Sudah saatnya Guru membuat E-Learning. Karena Generasi Z ini sulit terlepas dengan gadgetnya. Jangan paksa untuk membaca buku. Tapi ubah cara pendekatan kita dalam menyampaikan materinya.

E-Learning bisa dibuat menggunakan Blog. Bisa menggunakan blog gratis, seperti blogspot, wordpress, tumblr, dsb. Namun saya merekomendasikan blogspot atau wordpress. Karena lebih friendly atau mudah digunakan.

Materi seperti slide yang sudah dibuat bisa diupload ke internet. Bisa ke Powerpoint online atau ke google drive. Agar mereka langsung membacanya atau mereka mendownloadnya.

Simak Video Tutorial pembuatan E-Learning ini, Maka Anda akan langusung membuat E Learning versi Anda sendiri

Tak lupa juga memberikan penjelasan apa yang ada di dalam slide tersebut, agar siswa dengan mudah memahami pelajaran yang mereka akan dapatkan di kelas.

Jadi seorang Guru bisa mengarahkan muridnya untuk mempelajari materi di blog yang telah dibuat. Contoh web E Learning yang sudah dibuat yang dibahas video di atas. klik di sini

e learning adalah solusi generasi z

Ajaklah siswa untuk berkomentar di kolom komentar. Jadilah ini E-Learning yang interaktif.

Ada diskusi dua arah. Artinya mereka (siswa) memberikan feedback. Antara yang mengerti dan tidak mengerti bisa kita ukur.

acer chromebook solusi untuk guru 2

ChromeBook adalah Solusi untuk Guru

Setelah mengetahui konsep dan cara membuat E-Learning yang mudah dan menyenangkan. Tentu harus didukung dengan device yang canggih seperti Acer ChromeBook ini.

Ya, beda dari laptop standar lainnya…

Acer ChromeBook menghadirkan fitur yang meyakinkan seorang Guru. RAM nya 4GB membuat aktivitas pembuatan E-Learning menjadi lebih cepat dan efektif.

Menjadi kekuatan Acer ChromeBook ini baterainya mampu bertahan hingga 12 jam. Sungguh dibutuhkan oleh Guru di zaman sekarang.

Tak hanya itu Acer ChromeBook ini juga difasilitasi Webcam dan Audio internal. Dimana guru bisa merekam suara sekaligus slide materi. Sungguh kemudahan untuk Guru.

Dan fitur lainnya, yakni Acer ChromeBook memiliki teknologi WiFi terbaru MIMO 2×2 802. Yang membuat koneksi lebih cepat.

Sehingga proses menyelesaikan e-Learning menjadi lebih cepat dan efektif. Dan USB 3.1 membuat transfer data menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

Mari majukan Indonesia dengan menghadirkan Guru yang Inovatif dalam Era Digital ini. Mudah mudahan Guru yang ada di Indonesia terus mampu membagikan ilmunya kepada murid murid.[]

 

Sumber:
http://4muda.com/mengenal-generasi-x-y-dan-z-sebagai-generasi-dominan-masa-kini/
http://kooliah.com

 

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru

1,189 total views, 3 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

  1. Generasi Z ini apa ya mas? setelah lihat artikelnya sy masih belum memahami pengertian generasi z nya?
    heeeeeeeeeeeeee

    Mari majukan Indonesia dengan menghadirkan Guru yang Inovatif dalam Era Digital ini. Mudah mudahan Guru yang ada di Indonesia terus mampu membagikan ilmunya kepada murid murid.[]

    amiin

    artikelnya sudah sy VOTE UP dan like fiacebook
    semoga sukses mas
    bisa lihat juga inovasi pembelajaran berikut ini
    http://guraru.org/guru-berbagi/peningkatan-motivasi-belajar-siswa-saat-liburan-dengan-game-bom-whatsapp/?replytocom=43267#respond

  2. Sederhana mas Subakri .. generasi Z itu mereka (anak muda) yang tahun kelahirannya 1995 sampai 2010 … dan saat ini mereka sedang menguasai dunia pendidikan … makanya terjadi perbedaan pola pikir … antara guru dan murid.. hehehe….

    mereka sulit terlepas dari gadget, maka dari itu e learning salah satu pendekatan untuk pembelajaran mereka.
    mudah mudahan bermanfaat. ^_^

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar