0

DOGMIT Lahirkan Guru Melek IT, Pacu Indonesia Jaya (+1)

Havidz Masnurillah January 1, 2016

Penggunaan media visual dalam kegiatan pembelajaran di sekolah kerap digunakan dewasa ini. Penyajian materi didukung ilustrasi gambar dan grafik memudahkan siswa untuk menerima informasi. Harapannya, materi dibuat lebih menarik sehingga mudah diterima siswa. Ketika menyampaikan materi, umumnya guru memanfaatkan aplikasi desain visual seperti Microsoft PowerPoint. Namun, tidak semua ide desain materi pembelajaran bisa difasilitasi dengan aplikasi tersebut. Supaya hasilnya optimal, saya menginginkan tampilan yang lebih menarik lagi bagi siswa misalnya video animasi. Jika guru hanya memakai video animasi yang sudah tersedia, mungkin tidak semua bagian sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu, saya berinisiatif mencari informasi yang berkaitan dengan video animasi. Melalui Youtube, saya menemukan video dengan konsep (seolah) menggambar atau menulis materi pada papan tulis. Video unik tersebut dikenal dengan istilah Whiteboard Animation, bahkan dipakai pula untuk promosi/kampanye bahkan pembuatan CV (riwayat hidup). Tanpa niat dan fokus mempelajarinya, saya kira bukan hal mudah untuk bisa membuatnya.

 

Di sela-sela waktu berselancar di dunia maya, ada informasi di Facebook grup Komunitas Guru Era Digital (KGED) Indonesia mengenai pendaftaran Diklat Online Guru Melek IT (DOGMIT) Angkatan 30 dengan materi Whiteboard Animation dan SnagIT for Education. Diklat ini diprakarsai oleh Pak Sukani dari Jakarta dan boleh diikuti oleh guru SD, guru SMP, atau guru SMA/SMK dari berbagai daerah di Indonesia. Sebenarnya sejak lama saya tertarik mengikuti DOGMIT via http://trainergurumelekit.wordpress.com, namun kendala waktu selama hari efektif pembelajaran di sekolah mengurungkan niat saya. Diklat berbayar Rp390.000,00 ini berlangsung selama 12 hari (60 jam) mulai 28 Desember 2015 s.d. 8 Januari 2016. Jadwal kegiatan yang bertepatan di sekitar liburan semester ganjil, saya putuskan bergabung dan mempelajari video animasi.

 

#1 DOGMIT Memfasilitasi Kompetensi Guru Abad XXI

Dengan belajar video animasi, keterampilan saya untuk mempresentasikan materi dalam pembelajaran menjadi lebih variatif dan menarik minat siswa sebagai ikhtiar pengembangan diri profesi guru. Penguasaan IT penting bagi guru untuk mendidik siswa era digital seperti sekarang ini. “Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka akan hidup pada zaman yang berbeda denganmu”, demikian pesan khalifah Umar bin Khaththab. Pesan tersebut mendorong saya untuk terus belajar mengaktualisasi diri.

 

#2 DOGMIT Mudah, Murah, dan Terbuka Sistemnya

Sistem diklat memudahkan peserta seperti saya untuk belajar secara mandiri dan fleksibel menyesuaikan waktu luang. Berbeda dengan diklat konvensional yang harus dilakukan tatap muka langsung di waktu dan tempat yang ditentukan, sistem on-line dengan biaya relatif terjangkau dan didukung akses internet tentu dapat diikuti peserta secara bersamaan dengan berbagai latar daerah mengingat kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan. Hal inilah yang menyadarkan saya untuk senantiasa belajar bersama siapapun, di manapun, dan kapanpun.

 

#3 DOGMIT Dikelola Secara Profesional

Instruksi yang diberikan pada DOGMIT jelas dan sistematis mulai materi pembelajaran, penggunaan aplikasi, jenis tugas, dan penilaiannya meliputi absensi, partisipasi aktif diskusi forum, pengumpulan tugas, dan juga tes. Diklat ini dikelola langsung oleh Pak Sukani, instruktur nasional peraih Guraru Award 2013 yang memacu para guru untuk melek teknologi dan kreatif memanfaatkannya dalam pembelajaran. Beliau telah menginspirasi saya untuk menjadi pribadi yang bermanfaat bagi sesama.

 

#4 DOGMIT sebagai Forum Komunikasi

Melalui diklat ini, antarpeserta dapat saling berkenalan untuk menambah tali persaudaraan, menceritakan kendala yang dialami, dan saling mendukung berbagi solusi. Merekateman-teman seangkatan sebagai jemaah yang memiliki kepedulian tinggi terhadap kualitas pendidikan untuk mempersiapkan generasi emas Indonesia. Karena kalau bukan kita siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi.

 

Saya yakin DOGMIT dapat mengakselerasi kuantitas dan kualitas guru profesional Indonesia di masa mendatang. Biidznillah, insha Allah kull khayr. Terima kasih Pak Sukani, DOGMIT luar iasa, Indonesia jaya dengan melek IT.

 

1,227 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar