0

Deretan Museum Seru, di Jakarta (0)

Mila Millis November 2, 2017

Berjalan-jalan di Jakarta, sebenarnya tidak melulu harus ke pusat perbelanjaan. Buat kamu yang setuju dengan perkataan tersebut, museum tentu bisa kamu jadikan salah satu pilihan tujuan perjalanan mu di Jakarta. Berbagai museum sebenarnya ada di Jakarta, baik yang menceritakan sejarah bangsa hingga yang bertemakan kesenian. Ketika kita berkunjung ke museum, manfaat yang kita rasakan tidak hanya sekedar rekreasi melainkan juga edukasi.

Berbagai museum yang menjadi saksi bisu perjalanan bangsa, dapat kita temui dengan mudah di Jakarta. Namun terkadang kita sendiri menutup mata terhadap destinasi rekreasi dan edukasi yang satu ini. Lewat Museum dengan mudah kita dapat mengetahui perkembangan bangsa ini. Hal ini, tentu dapat kamu tularkan lagi kepada anak-anak mu nantinya. Sehingga nantinya tidak ada sejarah yang terputus. Berikut ini merupakan deretan museum yang wajib kamu kunjungi di Jakarta.

  • Museum Fatahilah
    Museum Fatahilah Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta adalah sebuah museum yang terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 2, Jakarta Barat. Dengan luas lebih dari 1.300 meter persegi, dulunya gedung ini merupakan sebuah Balai Kota yang dibangun pada tahun 1707-1710 atas perintah Gubernur Jendral Johan van Hoorn. Sekarang, di sekitar tempat ini bahkan sudah menjadi tujan wisata yang seru lho.
  • Museum Satria Mandala
    Museum yang terletak di Jalan Jenderal Gatot Subroto no.14, Jakarta Selatan ini, merupakan museum sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia. Museum yang diresmikan oleh Mantan Presiden Indonesia Soeharto ini, merupakan kediaman dari salah satu istri mantan Presiden Indonesia, Soekarno, yaitu istrinya yang bernama Ratna Sari Dewi Soekarno. Di museum ini kamu dapar melihat bebagai benda unik peninggalan perang seperti koleksi ranjau, rudal, torpedo, tank, meriam bahkan helikopter dan pesawat terbang.
  • Museum Bahari
    Museum Bahari merupakan museum yang menyimpan koleksi yang berhubungan dengan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia. Museum Bahari terletak di Jalan Pasar Ikan No. 1 Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Di dalam museum terdapat kamu dapat menemukan beberapa koleksi antara lain jenis perahu tradisional dengan aneka bentuk, gaya dan ragam hias, hingga kapal zaman VOC. Sedikitnya ada 126 koleksi benda-benda sejarah kelautan.
  • Museum Wayang
    Museum yang berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Jakarta Barat, awalnya bernama De Oude Hollandsche Kerk (Gereja Lama Belanda) dan dibangun pertama kali pada tahun 1640. Gedung ini telah mengalami beberapa kali perombakan. Adapun di museum ini kamu dapat menemui berbagai jenis dan bentuk wayang dari seluruh Indonesia, baik yang terbuat dari kayu dan kulit maupun bahan-bahan lain. Beragam wayang dari luar negeri punjuga dapat kamu temukan di sini, misalnya dari Republik Rakyat Tiongkok dan Kamboja. Kurang lebih ada 4000 wayang dari berbagai jenis yang dapat kamu temukan disini.
  • Museum Adam Malik
    Museum Adam Malik awalnya merupakan tempat tinggal Mantan Wakil Presiden RI Adam Malik. Dalam rumah yang kini telah dijadikan museum ini, kamu dapat melihat berbagai benda bersejarah yang terdiri dari 13 jenis koleksi yaitu lukisan, ikon Rusia, lukisan Cina, keramik, buku-buku, senjata tradisional, patung batu dan perunggu, ukiran kayu, batu permata, emas, tekstil, kristal, dan alat fotografi. Adapun di bagian dalam terdapat terdapat pula seperangkat kursi gaya Eropa dan lemari Cina, seekor harimau yang sudah diawetkan serta dilengkapi pula dengan tiga buah lonceng antik.

Itulah dia deretan museum yang tidak boleh kamu lewatkan ketika hendak berjalan-jalan di Jakarta. Budaya berkunjung ke museum perlu dibiasakan. Hal ini dilakukan agar kita dapat lebih memahami perjuangan dan keelokan bangsa lebih dalam lagi. Nah, ada baiknya juga apabila hendak berjalan-jalan, selalu sediakan pembersih tangan ya agar teman – teman terhindar dari bakteri dan kuman yang mengganggu perjalanan kalian!

269 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar