0

Dampak Positif Teknologi Dalam Belajar dan Mengajar (0)

Pengelola Guraru July 14, 2018

Di zaman sekarang, penggunaan teknologi di kelas semakin dominan. Tablet telah menggantikan buku pelajaran, dan siswa dapat mencari informasi apapun dari smartphone miliknya. Meskipun begitu, penggunaan teknologi di dunia pendidikan bagaikan dua sisi mata uang, di mana dapat berakibat negatif dan positif tergantung bagaimana pemakaiannya.

Tak perlu takut terhadap digitalisasi, Guraru justru harus mengikuti perkembangan zaman agar dapat mengambil banyak nilai positif dari perkembangan teknologi yang semakin pesat. Berikut beberapa manfaat langsung yang dapat dirasakan dengan memanfaatkan penerapan teknologi di dalam kelas:

Teknologi membuat proses belajar-mengajar lebih menyenangkan

Teknologi dapat menjadi alat bantu bagi Guraru untuk menyampaikan bahan ajar di kelas. Tak sebatas menggunakan buku, Anda dapat menggunakan tablet atau proyektor untuk menampilkan presentasi apapun sehingga dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa. Mata pelajaran yang dianggap sulit atau membosankan oleh siswa bahkan dapat menjadi lebih menarik dengan pelajaran virtual melalui video atau gambar saat menggunakan laptop.

Teknologi dapat memotivasi siswa untuk belajar

Siswa zaman sekarang sudah melek teknologi sedari kecil. Makanya, tak heran bila mereka menghabiskan waktunya untuk bermain media sosial, chatting, dan internet. Meskipun begitu, teknologi bisa menjadi pecut bagi siswa untuk semangat ke sekolah dan belajar. Anda bisa mencoba manfaatkan situasi ini untuk mengajak siswa menghabiskan waktu online-nya demi tujuan baik.

Misalnya, siswa menggunakan gadget untuk membuka YouTube guna menonton tayangan video edukatif. Anda juga bisa membuat grup diskusi di Facebook atau Whatsapp untuk menginspirasi siswa lebih aktif dalam suatu pembahasan materi tanpa harus berkumpul.

Teknologi memungkinkan siswa belajar di mana saja

Teknologi menempati posisi penting dalam kehidupan siswa. Ketika mereka tidak masuk sekolah karena izin atau sakit, mereka tetap bisa mengetahui materi atau tugas yang diberikan Guraru. Dengan begini, siswa tak perlu khawatir ketinggalan pelajaran.

Selain itu, teknologi memudahkan siswa untuk memperdalam ilmu atau passion yang diminati. Sebagai contoh, katakanlah salah satu siswa Anda menunjukkan minat yang besar dalam bidang Astronomi. Sayangnya, kurikulum atau sekolah tidak mengakomodir rasa ingin tahu siswa tersebut. Di sinilah peran teknologi dapat membantu siswa untuk mengambil kursus online di Coursera, Udemi, atau layanan online lainnya yang menawarkan proses belajar secara virtual dan berkualitas.

Teknologi mengakomodir siswa untuk belajar sesuai gayanya sendiri

Setiap siswa tentu tidak sama dalam menyerap materi yang diberikan Guraru. Untungnya, mengintegrasikan teknologi ke dalam kelas dapat mengakomodir perbedaan kecepatan belajar dan gaya belajar setiap siswa. Misalnya, belajar menggunakan aplikasi di laptop membantu siswa yang lamban dapat belajar suatu pokok bahasan atau menyelesaikan tugas sesuai kebutuhan dan kemampuannya. Bentuk pengajaran seperti ini juga baik bagi Guraru karena membebaskan waktu Anda untuk bisa lebih fokus membimbing siswa yang membutuhkan pelajaran tambahan atau perhatian lebih.

Teknologi membuat kolaborasi lebih efektif

Teknologi juga bisa membuat kegiatan belajar kelompok menjadi lebih menyenangkan. Lewat aplikasi pendidikan, para siswa dapat berkomunikasi dan mengerjakan proyek grup dari rumah masing-masing, serta membuat anak lebih fokus belajar dibandingkan belajar kelompok di dalam kelas yang berisik.

Agar teknologi benar-benar dapat memberikan banyak manfaat positif dan produktif, bukan berarti siswa dapat leluasa menggunakan perangkat gadget. Butuh peran serta orangtua dan guru untuk mengawasi penggunaan gadget agar tidak disalahgunakan ke hal-hal negatif. Kemudian yang tak kalah penting, orangtua dan guru harus menjadi teladan saat menggunakan teknologi. Mengantisipasi majunya era digital harus diikuti dengan adanya perilaku baik dan kejujuran. Dengan begini, bukanlah hal yang mustahil sistem pendidikan di Indonesia bisa lebih maju di masa depan.

621 total views, 9 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar