19

Contoh Video Foto Untuk Pembelajaran Kimia (+8)

Bu Etna @gurutematik March 4, 2014

Selamat Pagi Guraru. Ketika ditantang oleh admin untuk menulis artikel seputar video pembelajaran dalam bulan Maret 2014 ini, saya langsung belajar tak kenal lelah. Sampai makan pun disiapkan oleh suami yang memang pandai memasak. Namun saya hampir putus asa, malas rasanya belajar membuat video sendiri. Sebab waktunya perlu banyak, harus sabar, cermat, dll. Ribet sekali sih. Seumur hidup baru kali ini saya meneteskan airmata karena malu pada diri sendiri. Sedangkan saya sudah paksakan diri untuk mengajak sahabat Guraru membuat video minimal dari foto seperti artikel yang sudah saya posting di akhir bulan Februari.

Guraru, rasa malu ini memuncak ketika saya menyadari bahwa hingga kemarin saya belum mampu menyelesaikan editing video setengah jadi. Setelah termotivasi oleh bpk. Mario Teguh dan artikelnya juga sudah saya posting, saya terus bekerja berdoa dan berjuang. Laptop sejak kemarin malam dan pagi ini belum saya matikan sama sekali. Saya terpaksa  berkonsultasi secara online pada siapa saja. Namun semua orag mengatakan sibuk dan hanya dijawab singkat, ikuti petunjuk bimbingan online youtube. Saya mencoba lagi dari artikel-artikel Guraru, eh hasilnya masih nol. Akhirnya, saya berkonsultasi dengan pakar terhebat, yaitu bpk. Sukani.  Alhasil, jadilah video sederhana dan singkat ini. Allahu Akbar, Allah Maha Besar. Terima kasih tak terhingga pak Sukani. Jika pak Sukani berkenan, saya masih sangat memerlukan bimbingan bapak. Bisakah saya tetap meminta bimbingan onlinenya? Atau saya ingin terbang ke Jakarta Insya Allah awal Mei 2014 home schooling di rumah pak Sukani. Bisa ya pak? Kalau Guraru mengadakan workshop pembuatan video ikut donk saya, di manapun tempatnya, hehehe.

Inilah Guraru video pembelajaran kimia yang singkat tentang Reaksi Redoks kelas X yang umumnya hanya diberikan secara teori, tanpa praktik dan tanpa ditunjukkan bahan-bahan kimianya. Memang alasannya tak cukup waktu. Oleh sebab itu video ini pendek, sebab alokasi waktunya telah disesuaikan dengan RPP.

Pembelajaran melalui video ini harus disertai tugas kelompok dan pertanyaan-pertanyaan lisan. Bahan dan alat yang diperlukan mudah, semuanya ada dalam kehidupan dan harganya relatif murah. Seng dapat diperoleh dari beberapa siswa yang di rumahnya ada lembar seng, atau di ambil dari baterai mati. Kawat tembaga dari kabel, prusi (blau) di bisa dibeli di pasar adalah CuSO4.5H2O. Kemudian guru juga menyediakan bahan-bahan kimia lain agar siswa dapat mengerjakan di kelompok masing-masing. Alternatif lain, tugas rumah praktik sederhana dengan bahan yang ada di dapur.

Video ini bertujuan agar pembelajaran lebih bervariasi. Video pendek namun padat isi dan padat nalar sangat diperlukan dalam pembelajaran di era cyber ini. Video ini juga dapat memotivasi siswa untuk membuat video sebagai laporan tugasnya. Jika guru mampu menunjukkan video buatan sendiri walau sederhana, anak dapat makin tersugesti untuk bisa melakukan apapun yang gurunya bisa melakukan, bahkan seringkali hasil mereka jauh lebih baik. Insya Allah harapan makin tingginya kualitas pendidikan bangsa di era cyber ini dapat segera terwujud. Amin ya rabbal alamin.

Marilah para sahabat Guraru, dalam bulan Maret ii bersama-sama kita terus semangat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran kita, khususnya melalui video. Insya Allah saya bisa terus mendampingi Guraru dalam doa dan perjuangan ini.

156,979 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (19)

  1. Wow mantap videonya bu, yang saya ingin juga bagaimana video Ibu Etna mengajar di kelas. mintalah siswa memegang handycam atau kamera digital menu rec video, pasti lebih seru video suasana Ibu Etna mengajar. diharapkan dengan video bgmna Ibu Etna mengajar di keas pasti lebih bermakna sebagai acuan untuk guru lainnya, Tks ditunggu terus kreatif-nya

  2. Luar biasa, ini lah hasilnya jika kita sebagai guru ingin berkreasi dan memadukan ICT deng pembelajaran…
    Salam Videower (Panggilan Untuk yang menggunakan video dlm pembelajaran)

    Ada Pantun Untuk Ibu
    Beli Celana di Ratu Plasa
    Bu Etna Luar biasa…

  3. Terimakasih bunda Etna atas sharingnya. Bunda memang Hebat dan selalu memberikan contoh kepada guraruers. Insyaallah bisa bu. Kita saling belajar atau “take and give”, tumbuh dan berkembang bersama guraru. Saya sudah memberikan vote.

    Salam hormat,

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar