13

Contoh Penugasan Proyek Tentang Kejadian Alam (+6)

Bu Etna @gurutematik April 13, 2014

Selamat Pagi Guraru. Insya Allah kita selalu sehat wal afiat. Beberapa hari ini awan di atas wilayah Surabaya – Sidoarjo tampak berkabut di pagi hari, namun siang udara cukup panas. Sore hingga malam sering terjadi hujan, bahkan cukup lebat.

Kabut yang masih sering tampak itu membuat saya teringat pada hujan abu sebagai akibat erupsi gunung Kelud. Di negara kita banyak sekali gunung dan sebagian merupakan gunung berapi (vulkanik). Oleh sebab itu, kita harus selalu waspada terhadap erupsi yang sering terjadi. Menurut penelitian, erupsi vulkanik terjadi dalam jangka waktu tertentu dan interval ini berbeda untuk masing-masing gunung api.

Ketika saya membuka YouTube, terdapat beberapa video rekaman kejadian alam, termasuk erupsi vulkanik. Terpikir oleh saya bahwa video ini dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran berbasis proyek. Misalnya video tentang sejarah erupsi Kelud yang saya sematkan di bawah ini dapat dipelajari dari beberapa aspek. Oleh sebab itu, Insya Allah erupsi vulkanik dapat dimanfaatkan sebagai tugas proyek dalam beberapa mata pelajaran. Geografi, Sejarah, PKn, Bahasa Indonesia, Fisika, Biologi, Kimia. Saya juga sering menugaskan siswa dalam setiap liburan akhir pekan atau libur khusus yang agak panjang. Ternyata mereka amat senang dan kita juga melayani konsultasinya selama pelaksanaan proyek, di luar tatap muka.

Gambar 1: Gunung Kelud pada detik-detik erupsi

Erupsi Kelud

Gambar 2: Salah satu dampak erupsi Kelud. Udara penuh abu vulkanik, hingga di atas semua bangunan, kendaraan, Tanah penuh dengan abu yang licin dan runcing.

Dampak erupsi Kelud 1

Gambar 3: Abu melekat di mana saja, tak mungkin pilih-pilih. Penerbangan pun terganggu.

images (3)

Gambar 4: Tak mungkin dalam beberapa hari kita tinggal di dalam rumah. Namun ketika berada di luar, masyarakat harus mengikuti aturan. Siapa pun harus waspada terhadap bahaya abu vulkanik, termasuk kesehatan. Ketika itu kita sangat dianjurkan untuk memakai topi bagi pejalan kaki, kacamata yang menutup seluruh mata, tutup hidung, dan pakaian dengan celana/rok panjang serta lengan panjang.

Dampak erupsi Kelud 3

Dari beberapa foto di atas, banyak hal yang dapat dipelajari oleh siswa. Apalagi erupsi vulkanik bisa terjadi lagi dalam interval waktu tertentu. Sebagai contoh dalam PBL kimia, saya menugaskan siswa untuk berpikir tentang masalah kimia yang terlibat dalam kejadian erupsi Kelud tersebut. Kita harus berhati-hati, berusaha tidak mengintervensi siawa. Kita biarkan pikirannya berkembang, merumuskan sendiri masalah proyeknya dalam kelompok, kemudian merancang proyek yang akan dilakukannya. Kita dampingi dan amati jalannya proyek hingga mereka dapat menyelesaikannya secara utuh sampai diskusi data, menyusunan laporan, presentasi, dan revisi laporan. Insya Allah latihan berpikir kritis dan kreatif, kolaborasi, dan komunikasi dapat membuat mereka siap menghadapi masa depannya.

Marilah kita terus berkreasi untuk sharing ide-ide yang dapat meningkatkan layanan bangsa. Berikut video sejarah erupsi gunung Kelud dan video kumpulan foto dampak erupsi Kelud. Insya Allah bermanfaat.

6,146 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (13)

  1. Ayo Guraru membuat PBL agar guru-guru di era baru ini paling tidak dpt kita bantukelancarannya mempelajari dan menerapkn PBL. PBL salah satu ciri utama dlm pembelajaran era baru. Insya Allah saya akan terus mendampingi perjuangan Guraru dlm layanan bangsa. Selamat beraktivitas. Salam sehat.

  2. Terimakasih bunda Etna atas sharingnya. Bunda telah memberikan contoh PBL dan bisa menjadi inspirasi buat guraru. Memang banyak sekali alternatif PBL yang bisa dilaksanakan oleh guru pada mata pelajaran masing-masing. Contoh PBL lainnya juga seperti memberikan proyek kepada siswa untuk membuat blog terkait penugasan pembelajaran, video pembelajaran dan lain-lain. Pembelajaran era baru khususnya pemanfaatan IT dalam PBL perlu untuk diterapkan. Vote +1.

    Salam hormat,

  3. Sama-sama. Terima kasih juga pak Sukani atas respon dan votenya. Ya begitulah pak PBL memang banyak skl alternatifnya. Itulah pak, pembelajaran yg open ended sll banyak variasi. Seninya disitu jadi siswa tak hrs monoton mengikuti apa kata guru. Hehehe. Salam sukses.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar