13

Contoh Penugasan Proyek Pada Pembelajaran PKn (+9)

Bu Etna @gurutematik April 3, 2014

Selamat Siang Guraru. Insya Allah kita semua tetap sehat wal afiat. Beberapa sahabat menyatakan merasa belum bisa melaksanakan PBL di kelasnya, sebagian masih menerapkan PBL secara sederhana, dan dikatakan bahwa tak mudah menerapkan secara ideal. Sebenarnya untuk melangkah ke PBL, kita bisa mulai dari yang paling sederhana saja. Misalnya contoh sederhana tentang pernafasan manusia yang telah saya posting.

PBL

Langkah PBL yang utama harus diperhatikan, yaitu adanya 3 urutan langkah dasar sebagai ciri khas PBL. Langkah ini dapat dijabarkan dan penjabaran langkah PBL dapat bervariasi. Salah satu contoh penjabaran langkah PBL seperti skema gambar di atas. Tiga langkah dasar tersebut meliputi:

  1. Kegiatan Awal: Diskusi atau Tanya jawab untuk merumuskan masalah proyek.
  2. Penyusunan program dan pelaksanaan proyek.
  3. Penyusunan laporan proyek.

Proyek yang dilakukan anak didik tentunya bergantung pada tingkat pendidikannya, SD, SMP, SMA, SMK atau yang sederajat. Banyak yang berpendapat bahwa IPA lebih mudah melaksanakan PBL. Ada benarnya juga, sebab IPA adalah ilmu pengetahuan berdasarkan gejala alam. Bagaimana dengan ilmu sosial? Bagaimana pula dengan pelajaran bahasa, dan yang lainnya? Ketika kita amati kehidupan sehari-hari, banyak proses hidup yang dapat diangkat untuk PBL. Masalah banjir, penyakit, perekonomian, interaksi soaial di masyarakat dari berbagai level, cara hidup masyarakat, situasi dan kondisi perkotaan/pedesaan, perbankan, perkantoran, pertokoan, situasi pasar, dan lainnya. Marilah Guraru, bulan ini kita focus untuk mengangkat berbagai tema kehidupan untuk PBL sesuai dengan kompetensi mata pelajaran yang diampu. Insya Allah kita bisa.

Berikut saya sematkan sebuah video yang berisi contoh penugasan proyek pada pembelajaran PKn. Pada pembelajaran PKn yang terdapat di video ini, pak Eko sebagai guru PKn melaksanakan PBL melalui 3 tahap sebagai berikut:

  1. Kegiatan awal yaitu dilakukan dengan membuat perencanaan kegiatan kunjungan lapangan.
  2. Melakukan kunjungan untuk mencari data di lapangan.
  3. Kegiatan pasca kunjungan, membuat laporan tertulis tentang hasil kunjungan dan presentasi proyek.

Gambar di bawah adalah salah satu foto presentasi hasil kunjungan siswa. Presentasi dan diskusi kelas yang berlangsung amat bagus. Antusias, kesungguhan, kerajinan, kedisiplinan, kekompakan, kemandirian, kepemimpinan, kejelasan konsep, dan penggunaan bahasa tampak bagus.

Presentasi Proyek PKn

Insya Allah kita juga bisa melaksanakan PBL seperti yang beliau lakukan, atau kita dapat berkreasi untuk membuat suatu beda. Bagaimanapun video ini dapat kita jadikan salah satu acuan untuk menumbuhkan ide sesuai mata pelajaran. Semoga bermanfaat, amin.

 

72,720 total views, 3 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Bu Etna @gurutematik

Saya guru kimia di SMAN 16 Surabaya sejak tahun 1973 hingga Desember 2011. Saya sudah purna tugas sebagai PNS, namun Insya Allah saya tetap mengajar untuk melayani bangsa hingga akhir hayat. Pembelajaran yang saya lakukan dapat melalui blog, sms, email, atau yang lain. Saya selalu berupaya untuk mengajar kepada siapa saja, kapan saja, dan dimana saja. Sebagian dari pengalaman ini sudah saya tulis di blog saya. Insya Allah saya dapat menulis secara rutin, termasuk permintaan pengguna blog.

View all posts by Bu Etna @gurutematik →

Comments (13)

  1. Iya pak Nur’alim. Saya amat berharap bapak dan Guraru yang lain dalam bulan ini dapat mengikuti tema Admin Guraru. Ayo pak, apa yang sudah bapak miliki, posting di sini agar kita semua dapat selalu saling belajar mengajar yang makin bagus dan mengikuti jaman. Thx kunjungannya. Kangen lho pak, kok lama tak bersilahturahmi. Salam.

  2. Memang banyak Guraru yang sibuk. Saya mungkin memiliki lebih banyak waktu luang sebab hanya home schooling. Jadi tak ada tuntutan laporan tertulis dlm hal evaluasi dll. Maka saya merasa bertanggung jwb utk tetap aktif mendampingi Guraru. OK ayo postingkan PBLnya semampu kita kok. PBL dpt bervariasi. Pengalaman apapun kan mahal harganya. Thx responnya. Salam.

  3. Setuju, Bu Etna. Semua (yang berkompeten) harus memberi kontribusinya. Saya sendiri, karena belum pernah melaksanbakan PBL selama ini, ya masih mempelajarinya saja. Tapi saya pikir, insyaallah bisa jika mau. Ayo, rekan guraruers lain. Selamat beraktivitas dan salam sukses selalu.

  4. Iya pak Rasyid, di sini kita sama-sama belajar. Karena beberapa hari ini para rekan Guraru juga masih sibuk di sekolah sejak bulan Maret yang lalu, maka saya yang sudah purna ini merasa bertanggung jawab untuk memposting pengalaman atau contoh dari pengalaman guru lain misalnya dari YouTube. Bpk mungkin kalau ada waktu bisa memposting PBL yang berhubungan dengan lingkungan sekolah, guru atau karyawan. Tentunya apapun yang sesuai dengan aktivitas bpk. Insya Allah bisa pak. Thx motivasinya. Salam takzim.

  5. Thx kunjungannya pak Bakri, bagaimana kabarnya? Super sibuk ya, sampai jarang mengunjungi web ini. Sebenarnya saya melihat sesekali bapak berkunjung dan merespon balik artikelnya. Alhamdulillah, berarti masih menyempatkan diri di tengah kesibukan. Salam sukses.

  6. Pak Bakri, apa artinya respon bapak itu? Apakah bpk bermaksud tertawa sebab merasa senang membaca tulisan saya? Saya terbiasa menganalisis dan menyimpulkan sesuatu secara positif, Insya Allah tak pernah berpikiran negative, hehehe. Lucu juga setelah melihat kembali respon bapak, hehehe ingat-ingat ketika saya melatih cucu PBL, cucuku juga mengatakan heeeeeee begitu, namun setelah itu Horeeee ternyata dia berhasil dan memperoleh hadiah yang sudah kusiapkan. Heeeeee juga pak Bakri.

    Semula saya hanya amat gembira mendapat kunjungan bapak yang sudah agak lama tak merespon artikel kami. Heeeeee ternyata setelah kubaca lagi respon bapak, heeeeee lucu juga membayangkan wajah bapak ketika menulis heeeeee. Thx.

  7. Ah Pak Nur’ alim bisa saja. Ayo Pak, terus menulis PBL. Bpk bisa membuat rancangan proyeknya dulu dan masukkan ke RPP. Postingan rancangan itu. Gpp walau bpk blm melakukannya, bertahap. Kita di sini memang saling belajar. Senang juga ya. Saya dulu IT nya amat sederhana. Eh setelah gabung dg Guraru jadi bisa macam2 hehehe. Yuk belajar sepanjang hayat. Salam.

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar