1

Cepat dan Akurat adalah Syarat Seorang Engineer (+1)

Muhammad jayyid Zuhdan May 31, 2017

Perkembangan teknologi masa kini menawarkan berbagai kemudahan untuk para penggunanya. Salah satu poin penting yang diberikan adalah kecepatan dan keakuratan. Dimana kecepatan dan keakuratan merupakan tuntutan seorang insinyur ketika bekerja di lapangan. Kanapa kecepatan dan keakuratan merupakan tuntutan? Karena tanpa 2 kemampuan tersebut, mungkin seorang Process Engineer akan gagal menghentikan reaktor yang meledak, mungkin seorang Civil Engineer akan gagal menghentikan jembatan yang hendak runtuh, dan masih banyak kemungkinan kegagalan yang lainnya.

biodiesel plant fire destroyed KansasExplotion in Biodiesel Production

Lalu bagaimanakah kualitas engineer di Indonesia?
“Masalahnya adalah keterampilan dan produktivitas yang berkualitas,” Eko Prasetyo, direktur utama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, sebuah lengan dari Kementerian Keuangan RI yang telah memberikan lebih dari 15.000 beasiswa pascasarjana sejak 2013.

Untuk menjawab hal tersebut, sudahkah Indonesia menerapkan proses belajar yang menunjang kecepatan dan keakuratan yang dapat mendukung kualitas dan keterampilan?
Maka, teknologi perlu dikenalkan sejak berada di bangku pembelajaran.  Seperti excel yang dapat membantu proses kalkulasi dengan kecepatan dan keakuratan tinggi yang sangat dibutuhkan bagi para engineer saat ini, seperti wolframe yang mampu menyelesaikan persamaan dengan hitungan detik, seperti avogadro yang mampu memberikan bentuk 3D dari suatu molekul. Maka, pelajar akan lebih mudah mengimajinasikan molekul kimia yang tidak pernah terlihat, pelajar akan lebih cepat menemukan kesalahan perhitungan, pelajar akan lebih ringan dalam menyerap konsep. Lalu mengapa kita masih ragu untuk mengaplikasikan semua teknologi yang sudah ada? Apa lagi untuk menjawab persaingan global yang telah dibuka pada 2015 lalu yaitu ASEAN Economic Community.

Dan teknologi mampu,
membuat pelajar Indonesia lebih mudah memahami konsep,
membuat belajar menjadi lebih efektif,
membuat belajar lebih menarik,
membuat belajar bisa dilakukan dimanapun,
membuat materi berada dalam satu genggaman,
dan tentunya, kualitas yang dihasilkan akan lebih bersaing.

Manfaatkan teknologi sebaik mungkin dan sebanyak mungkin, karena naik kuda lebih lambat daripada naik pesawat.

Berikut adalah contoh belajar kesetimbangan massa menggunakan excel untuk menyelesaikan persoalan dari program milik Prof. Minta Yuwana :
YouTube Preview Image

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

266 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (1)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!