2

Celoteh 3 Anak: Mama Bekerja Vs Mama di Rumah? (+2)

deany yasir February 20, 2014

Tak sengaja, dari teras depan rumah kusaksikan anak dan keponakanku sedang bermain bersama. Awalnya kupikir permainan mereka biasa saja. Sambil minum teh manis, kucoba palingkan lagi wajahku ke arah mereka. Ada yang menarik dari proses permainan mereka.

Anakku Sarah (3 tahun) sedang bermain dengan keponakanku Felita (4 tahun) dan Najwa (6 tahun). Sarah dan Felita masih belajar di playgroup. Sedang Najwa tahun ini akan memasuki SD. Mereka seperti biasanya selalu bermain bersama. Kali ini mereka sepakat akan bermain mamah2an (sebutan mereka). Mereka berbagi peran di dalam keluarga, ada yang jadi mama, papa, dan anak. Alhasil Najwa menjadi papa, Felita menjadi mama, dan tentunya si mungil Sarah yang menjadi anaknya.

Permainan pun dimulai dengan mereka bangun pagi dan siap-siap dengan aktivitas pagi hari. Najwa yang menjadi papa mulai pamit bahwa ia akan berangkat kerja kepada mama dan anaknya. Sementara Felita yang menjadi mama pun tidak mau kalah berpamitan bahwa ia akan berangkat kerja juga. Keributan diantara mereka pun mulai terjadi. Najwa mulai protes bahwa mama itu tidak berangkat kerja , tetapi di rumah saja. Felita pun protes, bahwa maminya setiap hari bekerja seperti papinya. Si kecil Sarah pun ikut-ikutan bahwa ibunya bekerja juga seperti ayahnya. Najwa justru menambahkan, bahwa gurunya bilang papa bekerja di kantor. Mama memasak di dapur. Mereka mulai terlihat tidak kompak. Alhasil mereka akhirnya mengakhiri permainan tersebut. Dan mengganti dengan permainan dokter-dokteran tanpa ada perselisihan fisik. Dan mereka bermain kembali dengan senang. Ada yang jadi dokter, suster, dan pasien. Oh lucunya dunia anak-anak.

Ayah, bunda, dan para guru, saat ini mencari nafkah dapat dilakukan oleh para ibu. Mungkin karena alasan ekonomi, aktualisasi diri, menjadi orangtua tunggal, dll. Dan untuk para guru, sudah selakyaknya dalam pembelajaran di sekolah, tidak lagi kaku dalam memberikan penjelasan peran anggota keluarga di dalam rumah.

1,294 total views, 2 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (2)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar