0

Cara Mudah Merawat Tempat Cuci Piring Stainless Steel Anti Karat (0)

Kharisa Ayu October 13, 2017

Peralatan dapur seperti tempat cuci piring stainless steel memang memberikan dapur terlihat mewah dan memukau, namun untuk merawatnya dibutuhkan perawatan khusus agar wastafel cuci piring tetap bersih dan berkilau serta terhindar dari noda bercak yang membuatnya kusam. Bahan material stainless steel merupakan bahan dari besi baja anti karat yang mengandung kromonium. Untuk peralatan dapur dan wastafel cuci piring berbahan stainless steel, bahan baja anti karat yang digunakan mengandung kadar kromium 10% dan kemampuan tahan karat dari terbentuknya lapisan film oksida kromium, karena fungsi dari lapisan oksida ini dapat menghalangi proses oksidasi besi. Meskipun tempat cuci piring berbahan stainless steel memiliki ketahanan anti karat, namun stainless steel tidak tahan terhadap noda seperti kerak air. Perlengkapan berbahan stainless steel harus sering dibersihkan secara teratur agar tidak sampai kusam dan menimbulkan bintik hitam yang nantinya akan menimbulkan karat pada peralatan dapur Anda.

Untuk membersihkan tempat cuci piring stainless steel dengan mudah, Anda tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia keras yang sebenarnya dapat memperburuk kondisi wastafel. Sebaiknya Anda menghindari penggunaan cairan yang mengandung bahan yang bersifat abrasif dan dapat menyebabkan kerusakan pada wastafel cuci piring. Untuk saat ini sudah tersedia cairan pembersih ampuh aman yaitu Sunlight yang dapat digunakan untuk membersihkan wastafel cuci piring dengan mudah. Untuk proses pembersihannya, Anda perlu mengikuti arah serat pada stainless steel ketika mengelap dan menggosok serta utamakan bagian kecil yang tersembunyi. Gunakan sarung tangan karet agar kulit Anda tetap terlindungi.

Terdapat 2 cara pembersihan yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan tempat cuci piring dari stainless steel terlihat bersih seperti baru. Berikut adalah 2 cara tersebut.

1. Pembersihan Ringan

Biasakan untuk melakukan pembersihan ringan setiap harinya setelah tempat cuci piring dapur selesai digunakan. Caranya sangat mudah, gunakan Sunlight Jeruk Nipis 100 ke dalam wadah berisi air, kemudian celupkan spons ke dalam wadah tersebut, selanjutnya tinggal gosok seluruh permukaan wastafel hingga bersih. Bilas semua permukaan yang sudah dibersihkan menggunakan air bersih lalu keringkan dengan kain lap kering.

2. Pembersihan Berat

Noda soda atau wine dapat menyebabkan tempat cuci piring stainless steel menjadi berbintik-bintik hitam. Namun, Anda tidak perlu bingung karena noda tersebut dapat dihilangkan dengan CIF Cream. Dengan cara oleskan CIF Cream Pembersih Serbaguna pada bagian yang bernoda, kemudian gosok dengan menggunakan kain kering. Selanjutnya, bilas dengan air hangat hingga noda hilang.

Selain melakukan pembersihan pada tempat cuci piring stainless steel, Anda juga dapat menjadikan wastafel Anda tampak lebih bersinar dan berkilau. Anda juga dapat menggunakan minyak zaitun untuk memoles tempat cuci piring stainless steel agar tampak lebih bersinar. Gunakan sedikit minyak zaitun pada kain lap kering dan gosokkan secara merata semua permukaan wastafel. Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat. Tidak hanya noda pada makanan atau minuman saja yang dapat membuat wastafel stainless steel menjadi kotor dan kusam. Namun, noda sabun seperti sabun colek juga dapat menjadikan tempat cuci piring ini terlihat kusam. Untuk menghindari noda sabun pada wastafel cuci piring, gunakan cairan pencuci piring yang tidak meninggalkan noda sabun seperti Sunlight. Hindari penggunaan spons berbahan kawat saat mencuci piring.

189 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar