0

Saatnya Anda Mengembangkan Jiwa Kepemimpinan Kepada Murid (0)

Pengelola Guraru October 23, 2017

Mungkin beberapa orang bilang bahwa hanya orang-orang tertentu yang bisa menjadi pemimpin. Anggapan tersebut tentu tidak sepenuhnya benar. Setiap orang bisa menjadi seorang pemimpin karena jiwa pemimpin bisa ditumbuhkan. Untuk menanamkan jiwa kepemimpinan pada anak, sebaiknya mulai dilakukan sedini mungkin. Bagi Anda yang merupakan seorang guru, tak ada salahnya untuk mulai menanamkannya sejak dini pada anak didik. Berikut beberapa cara yang bisa guraulakukan.

Mengajarkan Arti Penting Tanggung Jawab

tanggung jawab

Sifat dasar yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah rasa tanggung jawab. Memimpin bukan hanya memerintah bawahannya, tapi juga harus mau bertanggung jawab terhadap semua yang dilakukannya. Berani melakukan berani bertanggung jawab. Tanamkan hal itu pada peserta didik Anda.

Cara menumbuhkan rasa tanggung jawab ini bisa dilakukan seperti dengan memberikan amanah untuk mengemban tugas tertentu yang menyangkut orang lain. Misal, memimpin kelas. Anak yang baik akan berusaha sebaik mungkin untuk menjalankan amanah tersebut dan secara tidak langsung akan membentuk jiwa kepemimpinan.

Sifat Saling Percaya

Silvia Tolisano, seorang teacher blogger yang membagikan pengalamannya untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan pada muridnya mengatakan bahwa membangun kepercayaan juga menjadi hal yang penting dalam prosesnya. Untuk ini, seorang guru harus menjadi role model itu sendiri. Seorang guru harus bisa menjadi contoh yang baik dengan menjadi teman berbagi yang baik untuk muridnya dan juga dipercayai oleh murid-muridnya. Dari sini siswa juga akan belajar untuk menjadi orang yang bisa dipercaya seperti gurunya. Seorang pemimpin harus mendapatkan kepercayaan rakyatnya untuk bisa memimpin, bukan?

Ajari Empati Antar Sesama

empati

Berbeda dengan Beth Holland yang menurutnya, empati adalah hal penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Sebagai seorang guru Anda harus menunjukkan jiwa empati pada murid-murid sehingga murid juga akan belajar dari Anda. Pemimpin yang baik adalah mereka yang mampu berempati dan merasakan apa yang dirasakan oleh bawahannya. Hal ini akan mampu mendekatkan mereka pada sesama.

Biasakan Murid untuk Membuat Target dan Merealisasikannya

Seorang pemimpin harus memiliki pandangan jauh lebih ke depan daripada yang lain. Oleh sebab itu, target adalah hal penting yang harus dimilikinya sebagai acuan dan motivasi. Bantulah murid Anda untuk mengeset target mereka dan ajari bagaimana merealisasikan target tersebut. Jika murid gagal, katakan padanya bahwa itu adalah bagian dari serangkaian proses yang harus ia lalui untuk menuju ke tangga kesuksesan. Janganlah Anda memarahi murid yang gagal, tapi ajari dia untuk menyikapi hal itu dengan positif dan pantang menyerah. Target yang dibuat tidak harus terlalu tinggi, sesuaikan saja dengan realita dan kemampuan.

Belajar Memprioritaskan Sesuatu

priority

Nasib bawahan ada di tangan Anda. Itulah yang terjadi ketika Anda menjadi seorang pemimpin, begitu pula dengan murid Anda. Ajarkan pada mereka bahwa pemimpin harus mampu mengambil Keputusan secara bijak demi kesejahteraan rakyatnya. Setiap sesuatu memerlukan pengorbanan. Begitu pula saat akan mengambil Keputusan. Misal, mengorbankan kepentingan jangka pendek demi kepentingan jangka panjang yang akan memberikan dampak lebih besar daripada harus fokus pada kebutuhan jangka pendek yang belum tentu mampu membawa kelompoknya pada kemajuan.

Menumbuhkan jiwa kepemimpinan memang memerlukan waktu yang tidak sebentar. Masing-masing siswa akan memberikan hasil yang berbeda, karena hal ini juga dipengaruhi oleh karakter masing-masing siswa tersebut. Sebagai guru, tugas Anda adalah membimbing dan mengarahkan mereka. Guru yang baik akan “mencetak” calon pemimpin yang baik pula.

Menjadi Pendengar yang Baik

Menurut Craig Kemp, guru asal Singapura, menjadi pendengar yang baik merupakan hal penting untuk dimiliki para guru. Ia berpendapat bahwa mau mendengarkan keluhan siswa menjadi hal yang penting untuk membantu membangun sifat leadership siswa. Saat siswa mengeluh kepada gurunya bisa membuat kesempatan bagi para guru untuk membantu menyemangati dan memberikan feedback yang membangun.  Jadi, tidak hanya mau untuk didengar tetapi juga mau untuk mendengarkan.

Nah, itu dia beberapa poin yang bisa Anda terapkan agar murid-murid menjadi pemimpin yang berguna di masa depan. Selamat mencoba!

 

296 total views, 3 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar