20

Cara Mengajar yang Unik dengan Sulap Edukatif (+9)

Windy Citra Negara May 21, 2015

Edutainment Magic di SDN Ploso 1 bersama Kak Windy Citra Negara 3

Di kesempatan kali ini saya ingin menceritakan mengenai pengalaman saya beberapa minggu yang lalu pada saat di undang untuk mengisi di sebuah Sekolah Dasar tepatnya di SD Negeri Ploso 1 Surabaya. Saya diminta untuk memberikan hiburan yang mendidik untuk meningkatkan motivasi dan minat siswa dalam belajar bahasa Inggris. Untuk meningkatkan minat belajar siswa, saya menggunakan sulap edukatif yang di padukan dengan materi bahasa inggris. Materi yang saya pakai dalam kegiatan tersebut yaitu animals (hewan-hewan) dan things (benda-benda). Untuk membantu saya membuat siswa fokus dengan apa yang saya sampaikan, saya menggunakan boneka puppet sebagai media.

Pada sesi pembukaan saya memberikan humor agar suasana menjadi menyenangkan dan kondusif sehingga siswa siap untuk mengikuti materi yang akan saya sampaikan. Setelah kondisi siswa sudah fokus dengan saya dan siap untuk mengikuti kegiatan sepenuhnya, saya langsung mengajak siswa berinteraksi dengang menggunakan puppet, pertama-tama saya mengajak siswa untuk mengingat-ingat kembali materi yang pernah mereka pelajari dari gurunya yaitu tentang animals. Mereka saya ajak menyebutkan nama-nama hewan dalam bahasa inggris dengan pronunciation yang tepat, setelah itu saya ajak mereka bermain tebak-tebakan.

Edutainment Magic di SDN Ploso 1 bersama Kak Windy Citra Negara 1

Setelah tebak-tebakan selesai, saya ajak mereka untuk bermain sulap sambil mempelajari bahasa inggris note by note. Saat bermain sulap saya ajak mereka belajar memahami bahasa inggris tentang benda-benda (things). Saya ambil sebuah kipas, saya ajak merka untuk berpartisipasi dalam permainan sulap, jadi saya minta seorang anak untuk maju kedepan sambil mengucapkan bahasa inggrisnya kipas. Setelah semua anak mengucapkan kipas dalam bahasa inggris, saya ajak mereka bermain sulap menggunakan kipas. “Sim salabim Abrakadabra”, ajaibnya tiba-tiba kipasnya menjadi rusak, dan banyak tawa mulai terdengar. Dan saat saya melihat  wajah mereka yang terhibur, saya sangat senang sekali karena hiburan yang saya berikan bisa menghibur dan membuat mereka nyaman dengan apa yang saya sampaikan. Setelah itu saya mengambil sebuah tali dari sebuah kotak, kemudian saya mulai melakukan aksi tanya jawab pada siswa untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif. Saat mereka masih belum mengetahui bahasa inggrisnya suatu benda, saya bantu mereka untuk mempelajari bahasa inggris beserta pengucapannya. Setelah itu saya ajak mereka bermain sulap tali dan kemudian dilanjutkan dengan sulap lainnya yang dipadukan dengan bahasa Inggris. Selama kegiatan berlangsung saya mengajak siswa untuk berhitung dan menyebutkan warna dalam bahasa Inggris serta mengucapkan kata-kata lainnya dalam bahasa Inggris. Dalam kegiatan ini saya selalu menggabungkan sulap dengan pembelajaran bahasa Inggris agar siswa tertarik dan ingin mempelajari bahasa Inggris lebih jauh lagi. Seperti sulap menggunakan lampu, kotak dan lainnya.

Edutainment Magic di SDN Ploso 1 bersama Kak Windy Citra Negara 4

Edutainment Magic di SDN Ploso 1 bersama Kak Windy Citra Negara 2

Dari pengalaman ini, saya banyak belajar bahwa sulap juga bisa digunakan dan diterapkan dalam dunia pendidikan karena sulap itu sendiri berasal dari perpaduan dari berbagai macam seni seperti seni tari, seni rupa, seni musik dan seni lainnya. Selain itu sulap juga tercipta dari perpaduan beberapa ilmu dasar, seperti bahasa, fisika, kimia, biologi, matematika, psikologi, dan ilmu dasar lainnya. Oleh karena itu sulap bisa dimanfaatkan dalam dunia pendidikan.

Berikut ini  dokumentasi video saat memberikan sulap edukatif.

Baner-Guraru2

2,839 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (20)

  1. Avatar of Windy Citra Negara

    @bu yuli: Terima kasih bu yuli. Salam kenal juga.

    @pak Susantochimi: Terima kasih atas apresiasi dan Vote-nya pak. Saya dulu belajar otodidak dan sedikit dapat bimbingan dari pesulap senior. :D Salam kenal juga pak.

    @pak Roni: iya pak, di guraru banyak guru kreatif.

    @pak Rusdi: Terima kasih atas apresiasi dan Vote-nya pak.

    @pak Nur Alim: iya pak, dengan sulap anak-anak jadi lebih termotivasi untuk belajar.

    @pak I Gusti Lanang: iya pak terima kasih :)

    Kunjungi juga Kegiatan Menyenangkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris
    http://guraru.org/guru-berbagi/kegiatan-menyenangkan-dalam-pembelajaran-bahasa-inggris/

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!