4

Bukan Belajar TIK, Belajarnya Menggunakan TIK (+1)

Subhan June 6, 2012

Tidak semua siswa di kelas memiliki laptop, bagaimana caranya agar setiap kelas ada yang punya laptop., bicaralah di kelas “ Pembelajarn kita akan lebih menarik jika di kelas ini ada beberapa orang yang punya laptop, kira-kira siapa di antara kalian yang akan punya laptop? acungkan tangannya.”
Mintalah tolong kepada sesama guru mata pelajaran lain yang sudah kelihatan doyan TIK untuk menganjurkan siswanya mempunyai laptop, jika banyak guru yang meminta … tentu siswa kita akan diskusi dengan orang tuanya untuk mempunyai laptop. Minggu depannya guru perlu terus menerus menanyakan : “Sudah berapa orang yang mempunyai laptop?”
Insya Allah perlahan lahan di setiap kelas ada yang sudah mempunyai laptop dan dari hari ke hari akan terus bertambah jumlah yang mempunyai laptop, tetapi jangan lupa mereka harus difasilitasi oleh sekolah wifi gratis internet, adakan ekskul multimedia agar mereka merasa beda dengan anak yang belum punya laptop, sebab pada dasarnya orang itu perlu ditantang atau di badingkan dan mereka perlahan-lahan akan merasa bahwa punya laptop itu lebih baik daripada tidak punya laptop. Anak lainnya akan bermimpi ingin juga punya laptop.
Jika setiap kelas ada 4,5 atau 6 orang saja punya laptop buatlah kelompok sesuai jumlah laptop di kelas.
Wajibkan setiap kelompok mempunya account email misalnya [email protected], [email protected], [email protected], [email protected], [email protected], [email protected] dan setiap kelompok tahu alamat email guru yang mengajar di kelas tersebut.
Mintalah kelompok browsing ke Google misalnya Tuliskan di papan tulis : http://subhandepok.wordpress.com/download/bse-smpmts/2-bse-seni-rupa-smp-789/ kelompok akan berlomba menuju alamat tersebut kemudian mendoanload BSE tersebut dan akhirnya mintalah mereka untuk mengubah file BSE dalam bentuk PDF tersebut dengan software solid converter (diberi oleh siswa dan setiap laptop sudah terinstal solid converter tersebut).
Setelah jadi file Ms. Word mintalah mereka membuat rangkuman materi misalnya halaman 65 s.d 68, buatlah seringkas-ringkasnya dan mintalah masing-masing membuat file presentasinya dalam bentuk powerpoint.
Setelah jadi powerpointnya… suruhlah kelompok mengirimkan karya mereka ke email kelompok lainnya dan ke email gurunya.
Proses belajar tersebut adalah anak bukan diajarkan TIK melainkan belajarnya menggunakan TIK. Jika banyak guru yang melakukan hal tersebut, insya Allah pembelajaran berbasis TIK akan menjadi budaya sekolah.
Pertanyaannya apakah sudah semua guru mau menuju seperti itu?
Bagaimana agar guru mampu melaksanakan proses belajar seperti itu?
Jawabannya guru harus : Tahu, Mau, Bisa, ada daya dukung dari semua teman guru dan Kepala sekolah.
a. Tahu
Guru harus tahu untuk apa Microsoft office (Word, excel, powerpoint)
RPP itu butuh Ms Word, Olah nilai butuh Excel, Presentasi media ajar butuh powerpoint dan sebagainya.
Guru harus tahu ternyata banyak software untuk kemudahan dalam pembelajaran di kelas

b. Mau
Betapapun mahalnya laptop yang dipunyai guru, jika tidak ada kemauan untuk belajar TIK…maka kasihan sekali siswa-siswi yang bersekolah di sekolah tersebut karena guru-gurunya mengaminkan pembelajaran tradisional alias tidak doyan TIK. Jika Mau dan membuka diri tentu banyak kawan akan membantu kita menjadi bisa TIK.

c. Bisa
Jika sudah tahu dan mau insya Allah, Allah akan memberi sesuai dengan apa yang diusahakan oleh guru yang mau berusaha. Jika sudah bisa… biasanya orang akan ingin menambah pengetahuan TIK yang lebih tinggi lagi dan mereka berkata “TIK itu ternyata menyenangkan”.

d. Daya dukung
Jika di sekolah kita masih banyak guru yang belum doyan TIK, guru yang sudah doyan sebaiknya mau berbagi dengan ikhlas dan kalau sudah bisa dikit tularkanlah yang dikit tersebut. Budayakan guru ber-TIK
Mintalah para guru membeli laptop, kalau di sekolah saya ada guyonan begini: “ Guru yang sudah punya Laptop duduknya di sebelah kanan, dan guru yang belum punya laptop duduknya di sebelah kiri” (itu dulu di awal-awal. Mintalah sekolah menyediakan akses listrik, wifi, pandulah mereka agar punya account email, taruhlah sebuah LCD proyektor di meja ruang guru jangan semua ditaruh dilemari alat, LCD tersebut untuk dijadikan latihan mengkoneksi laptop dan lcd agar guru menjadi senang dan tenang jika tampil di kelas tanpa harus malu karena tidak mampu mengkoneksi laptop dan LCD proyektor.

Pancinglah mereka dengan cara menginstalkan di laptopnya software Proshow Gold 4.5, ajarkan kepada mereka membuat slide, menambah teks, transisi, durasi, musik dan creat file video. Usahakan foto yang ditampilkan adalah foto dirinya, foto keluarganya, anaknya sebab bagi mereka foto keluarganyalah foto yang paling menarik di seluruh dunia.
Mereka perlahan akan menyukai TIK, tangannya akan terbiasa dengan mouse Klik drag, klik kanan dan lainnya. Pujilah mereka jika berhasil.

Lalu bagaimana anak belajarnya menggunakan TIK, caranya guru sebaiknya mempunyai Blog pribadi. Janganlah takut dibilang orang Blognya jelek, tidak rapi, Cuma begitu saja, kurang poles dan sebagainya. Sebaiknya abaikan saja apapun bisikan hati kita yang mengatakan membuat Blog itu susah, repot, mahal dan sebagainya, jangan bandingkan dengan Blog guru bergelar S.Kom biarkan saja, orang itu punya keunikan masing-masing.

Jika ingin menjadi guru yang senang dan tenang sebaiknya kuasai TIK, buatlah sebuah Blog gratis di wordpress, Isilah blog kita dengan materi ajar, tugas, pengumuman atau apapun tentang sesuatu yang kita pikirkan. Jangan tanggung-tanggung kalau belajar TIK, teruslah sampai benar-benar kebutuhan pembelajaran di kelas menjadi nyaman karena TIK.

Terakhir… ayo kita mulai membuat Blog dengan WordPress, Tiketnya Cuma punya account email misalnya: [email protected] kemudian harus ada jaringan internet. Selanjutnya silakan Lihat dan Download Video Tutorial membuat Blog WordPress meski bahasa saya kurang baik tapi tangkaplah pesan dan maksudnya. Semoga bermanfaat bagi guru yang mau berpindah dari kwadran nyaman.
 

Jika Tertarik dan berminat membuat Blog wordpress silakan download dan selamat berlatih semoga bermanfaat

Klik Tutorial Membuat Blog WordPress

958 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (4)

  1. Artikel menarik pak..!! Bukan Belajar TIK, Belajarnya Menggunakan TIK. Belajar dengan menggunakan TIK. Memanfaatkan fasilitas leptop, infokus dan bahan ajar flash/video pembelajaran tentunya sangat mengasyikkan. Menerapkan atau mempraktekkan pembelajaran dengan TIK. salam sukses..pak!!!

    Silahkan kritik dan komentar juga di artikel saya :

    1. Pembelajaran berbasis E-learning di
    http://www.guraru.org/news/2012/05/20/536/klinik_matematika_online.html

    2. Cara praktis memasukkan video pembelajaran dari youtube ke powerpoint di
    http://www.guraru.org/news/2012/06/03/720/bagaimana_cara_memasukkan_video_pembelajaran_dari_youtube_ke_powerpoint_untuk_presentasi.html

    3. Cara praktis mendownload video pembelajaran di Youtube dengan Video Download Helper di
    http://guraru.org/news/2012/06/03/716/bagaimana_cara_mendownload_video_pembelajaran_di_youtube_dengan_menggunakan_video_downloadhelper

    4. Memanfaatkan Youtube sebagai media pembelajaran di
    http://www.guraru.org/news/2012/05/31/639/memanfaatkan_youtube_sebagai_media_pembelajaran_yang_interaktif_menarik_dan_menyenangkan.html

    Maturnuwun…!!!

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar