4

BOT TELEGRAM: MOTIVATOR CANGGIH MASA DEPAN (+5)

Abdul Joenaidy May 31, 2017

GAMBAR 1Teknologi adalah jendela yang akan mengantarkan peserta didik meraih masa depan. Dengan teknologi, sesuatu yang dirasa mustahil menjadi mungkin dan dapat diwujudkan. Dengan teknologi pula, belajar bukan lagi masalah ruang, jarak, waktu dan tempat. Dengan teknologi pula, belajar bukan sekadar perkara transfer of knowledge, namun lebih dari itu belajar adalah happy performence yang harus dinikmati oleh pebelajar, bukan hanya di dalam ruang kelas, namun juga di luar kelas.

Kecanggihan teknologi yang berkembang sangat pesar, mengantarkan ruang kelas konvensional pada ruang kelas digital, yang dapat dijangkau oleh peserta didik kapanpun dan dimanapun ia berada. Dengan teknologi, akses materi dapat dilakukan tanpa batas. Teknologi ini pula yang mendorong peserta didik menjadi termotivasi, tumbuh benih-benih untuk berkompetisi, subur dalam sanubari, kekuatan-kekuatan yang dapat mengantarkan peserta didik pada prestasi maksimal dan tinggi. Pemanfaat teknologi dengan santun dan benar, akan dapat mengubah pola pikir, membangun kreativitas, menumbuhkan sikap optimis dan mampu bersaing, tentunya dengan tidak mengurangi core value yang terkandung dalam belajar itu sendiri.

Apa Itu BOT TELEGRAM ?

Kita tentu tidak asing dengan kata “Telegram”, bukan? Di tahun 90-an, Telegram amat populer dan banyak digunakan. Saat itu Telegram adalah fasilitas kantor pos yang digunakan oleh banyak orang untuk mengirim pesar tertulis jarak jauh dengan cepat. Seiring perkembangan teknologi, Telegram ini tidak lagi digunakan.

Nah…saat ini nama Telegram digunakan oleh salah satu startup sebagai nama untuk salah satu aplikasi yang sedang mereka kembangkan. Masih sama dengan Telegram asli (era 90-an), aplikasi ini berfungsi untuk mengirim pesan tertulis, tentunya dengan menggunakan perangkat canggih smartphone, tablet dan bahkan desktop.

GAMBAR 2Telegram adalah aplikasi messenger yang pertama kali diprakarsai oleh dua bersaudara Nikolai Durov dan Pavel Durov. Pada pertengahan Agustus 2013, Telegram mulai digunakan pada perangkat berbasi iOS, kemudian dua bulan berikutnya (Oktober 2013) mulai dikenalkan pada smartphone berbasis Android. Dengan berbagai fitur dan tampilan yang lebih rapi, Telegram kemudian berkembang pesat dan menarik hati para pengguna ponsel pintar. Nah…pada intinya Telegram adalah aplikasi pesan instan berbasis cloud yang didukung dengan kecepatan dan keamanan data, yang bukan hanya dapat mengirim pesan, gambar, dan video, bahkan file dalam format zip.

Salah satu fitur canggih dalam Telegram adalah Bot (Telegram Bot) atau robot Telegram otomatis. Bot Telegram adalah robot otomatis dalam aplikasi Telegram yang dapat dibuat sendiri oleh pengguna. Bot Telegram ini dapat kita buat sendiri sesuai dengan keinginan kita. Tentunya dengan mengisikan beberapa perintah dan kata kunci tertentu. Kata kunci inilah yang nantinya akan digunakan oleh pengguna lain untuk mengetahui perintah yang kita maksudkan.

Penggunaan Bot Telegram dalam kegiatan pembelajaran rupanya dapat membangun kreatifitas, daya saing dan semangat kompetisi yang baik diantara peserta didik. Dengan kecanggihan teknologi melalui aplikasi Telegram inilah kemudian, perang Bot Telegram dimulai.

Membangun Kelas Maya dengan Telegram

Aplikasi Telegram adalah aplikasi yang tidak asing di kalangan peserta didik. Guru tinggal membangun kelas dengan aplikasi Telegram melalui pembuatan grup khusus yang dirancang sedemikian rupa. Sebelum memasukkan peserta didik ke dalam grup ini, guru terlebih dahulu harus menentukan materi, konten yang akan dimasukkan dan tentunya add Bot Telegram yang telah dibuat ke dalam grup. Grup Telegram inilah yang akan berfungsi sebagai kelas maya, tempat peserta didik berinteraksi dengan guru dan peserta didik lainnya, saling memberi semangat dan motivasi serta menumbuhkan daya saing dan kompetisi yang sehat, dengan fitur Bot Telegram yang telah ditambahkan ke dalam grup.

GAMBAR 3Dalam grup ini, Bot Telegram yang telah dibuat oleh guru diantaranya adalah @welcomebot. Bot ini berfungsi untuk menyapa setiap anggota baru yang masuk dan diundang ke dalam grup. Setiap ada peserta didik yang masuk dan bergabung ke dalam kelas maya ini, @welcomebot akan merespon secara otomatis dengan kalimat khusus yang telah ditentukan sebelumnya oleh guru. Sambutan kata selamat datang ini akan selalu diberikan oleh @welcomebot secara otomatis tanpa harus diperintah oleh guru. Begitu pula sebaliknya, jika ada anggota grup yang left atau meninggalkan grup, baik dengan sengaja tanpa izin atau dikeluarkan oleh guru sebagai pemegang kuasa kelas, maka @welcomebot juga akan merespon dengan memberikan salam dan kalimat perpisahan sesuai dengan yang dikehendaki oleh guru. Di sinilah canggihnya @welcomebot, tanpa guru harus standby dan online 24 jam, @welcomebot mampu menjadi robot yang selalu siap siaga melaporkan perkembangan kelas maya kepada seluruh anggota kelas, termasuk guru itu sendiri.

GAMBAR 7Bot yang ke dua adalah @SMAYOHEBATbot. Bot inilah yang merupakan bot khusus yang dibuat oleh guru untuk mengolah materi, menyampaikan pesan khusus, memberikan tugas tertentu, menilai dan bahkan mengapresiasi anggota grup yang telah berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan melalui kelas maya.

Melalui @SMAYOHEBATbot, anggota grup dapat mengakses materi dan tugas lainnya, dengan kode khusus yang telah ditetapkan oleh guru, dan dimasukkan sebagai perintah otomatis dalam @SMAYOHEBATbot. Begitupula dengan apresiasi yang diberikan kepada peserta didik yang berhasil menyelesaikan tugas yang diberikan, guru sebagai admin dan pengendali penuh grup, akan mengaktifkan fitur tambahan khusus untuk anggota grup berupa medali dalam bentuk stiker yang mewakili diri dan ciri khas peserta didik dimaksud.

Stiker tersebut dapat digunakan hanya ketika peserta didik telah berhasil menyelesaikan satu tugas yang dikeluarkan oleh @SMAYOHEBATbot, begitupula dengan tugas-tugas lainnya, akan diikuti oleh medali-medali berupa stiker-stiker seru dan keren yang melambangkan ciri khas peserta didik.

Dengan Bot Telegram ini, peserta didik akan terpacu dan termotivasi untuk berkompetisi satu sama lain. Tanpa harus memantau 24 jam, Bot Telegram mampu bekerja otomatis sebagaimana yang disetting oleh guru sebagai admin grup di Telegram

Siapa yang paling cepat mengumpulkan tugas, siapa yang paling cepat menyelesaikan setiap instruksi yang diberikan, maka dialah yang akan memiliki banyak medali stiker, yang dapat dipamerkan kepada teman-teman lainnya, yang dapat memotivasi dirinya dan teman-teman di sekitarnya untuk terus berkompetisi dan berlomba-lomba mengumpulkan banyak medali stiker.

Apa yang didapat peserta didik?

Salah satu ciri pembelajaran dikatakan berhasil, disamping peningkatan hasil belajar peserta didik, adalah kegiatan belajar mengajar berjalan baik, menyenangkan dan tidak membosankan. Peserta didik menikmati pembelajaran, dan, ini terjadi di kelas maya dengan Bot Telegram sebagai aplikasi pendukungnya. Teknologi jika dimanfaatkan dengan benar dan terarah serta terencana, akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa, bukan hanya bagi peserta didik, pun bagi lingkungan sekitar dan orang-orang sekitar di mana peserta didik berada.

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru”

2,215 total views, 6 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (4)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar