8

Bersinergi dan Berbagi (+6)

Umar Tholib May 8, 2015

Seiring dengan berkembangnya IPTEK perlu adanya penaatan dan proses pendataan yang valid berbagai administrasi yang berkaitan dengan pendidik dan tenaga kependidikan. Dengan terbitnya Instruksi Menteri Pendidikan No. 2 Tahun 2011, maka seluruh satuan pendidikan diwajibkan untuk melakukan pendataan melalui sistem yang telah disiapkan oleh unit utama (Ditjen Dikdas). Data yang dikirimkan ke dalam sistem ini akan digunakan untuk seluruh penyusunan program pendidikan baik itu bantuan, hibah, tunjangan, subsidi dan lain-lain.

Menghadapi tantangan tersebut guru paling tidak harus belajar IT guna memperlancar administrasi lembaga yang banyak kontens onlinenya serta berguna bagi pengembangan pembelajaran yang interaktif, inovatif sekaligus menarik bagi guru dan siswa. Kenyataan ini disambut baik di wilayah kecamatan kami dengan membentuk sebuah organisasi independen yang bertujuan menjadi jembatan pembelajaran IT di jajaran UPT kec. Ranuyoso, maka sejak saat itu terbentuklah Forum operator Ranuyoso yang secara kebetulan penulis menjadi koordinatornya. Sampai saat ini forum masih eksis dalam belajar dan berbagi.

Berbagai cara dan upaya dilakukan oleh segenap pengurus dan anggota Forum Operator Ranuyoso, mulai dari pembekalan ICT, libur bareng OPS hingga diskusi kecil baik secara offline maupun online berkaitan dengan beragam aplikasi yang semakin hari butuh keseriusan dalam mengerjakannya. Semua itu diberlakukan guna untuk menjaga eksistensi, rasa solidaritas serta kualitas data ataupun laporan lembaga ke UPT hingga server nasional.

operator ranuyoso

Guru sekaligus OPS bersama pengawas dan KS ke Pulau Merah

Disaat menghadapi adanya Uji Kompetensi Guru, Forum Operator Ranuyoso bertindak cepat dengan membuatkan aplikasi seperti layaknya UKG. Sehingga guru-guru di wilayah kami serta guru se Indonesia amat terbantu dengan aplikasi tersebut. Selain itu banyak aplikasi-aplikasi penunjang administrasi pendidikan yang di terbitkan oleh Forum Operator Ranuyoso.

OPERA

splash screen di setiap aplikasi karya OPS

 Disamping itu forum ini juga menyelenggarakan pelatihan IT sekaligus diklat bagi guru yang mau belajar IT secara gratis yang dilakukan di setiap minggu di luar jam dinas. Banyak peserta baik itu guru muda maupun yang tua bahu membahu dengan semangat belajar IT dengan arahan tutor lokal yang kemampuannya tidak bisa diremehkan.

734394_559966190700161_1928988163_n

Penulis berbagi tips IT pada guru

OPERATOR RANUYOSO

Kesederhanaan dalam belajar IT

Upaya lain juga dilakukan guna tetap terjalin komunikasi dan silaturrahmi operator dengan struktur organisasi terkait lainnya, seperti K3S, PGRI, KKG, dll. Misalnya kemarin saat memperingati HUT RI ke 69, Forum Operator Ranuyoso merangkul jajaran pendidikan di kecamatan dalam rangka turut serta memeriahkan acara yang diselenggarakan panita di kecamatan Ranuyoso yaitu Perlombaan Gerak Jalan. Bak pepatah Jawa “kriwikan dadi grojogan”, berawal dari percakapan beberapa pengurus inti menyulut rencana yang pada awal mulanya hanya ingin mendaftar sebagai penggembira beralih menjadi peserta lomba dan ujung-ujungnya penghargaan terbaik sebagai Juara 1 Lomba Garak Jalan dapat diraih oleh Operator Ranuyoso

saat mengikuti lomba baris dan menjadi juara I

 

Dari sini, ada beberapa hal kecil yang patut dicermati dari sikap OPS Ranuyoso ini. Diantaranya kemampuan OPS untuk selalu menjaga persatuan anggotanya dalam segala kondisi, kesadaran untuk tetap merangkul berbagai pihak terkait dalam setiap kegiatan. Juga perlunya berbagi sehingga dengan begitu persatuan dan kesatuan antar sesama guru dengan yang lain tetap bersinergi.

Acer Indonesia - Guraru Lomba Menulis Hardiknas 2015

“Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

1,558 total views, 1 views today

Tagged with: ,

Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (8)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar