0

Berkolaborasi di kelas Matematika – dengan Google Docs (+1)

Hedy Lim May 12, 2017

Bosan dengan jadwal persiapan ujian yang begitu-begitu saja? Pembahasan lagi, penjelasan lagi, bagi lembar kerja banyak lagi, kasih jawaban saja yang penting beres? Tenang, masih ada banyak metode lain yang bisa kita gunakan untuk mempersiapkan siswa menjelang suatu ujian.

Di banyak sekolah (mungkin hampir semua), setiap guru memiliki jadwal rencana pembelajaran selama satu semester, dan biasanya menyiapkan satu sampai dua minggu pertemuan (tergantung jam pelajaran juga) untuk mereview semua bahan pelajaran yang akan diujikan kembali kepada siswanya (standardized test by school).

Salah satu yang saya lakukan adalah memanfaatkan aplikasi google docs dan “add-ons” di dalamnya untuk melakukan kolaborasi antar siswa.

Kolaborasi dapat didefinisikan sebagai praktik kerja dimana setiap individu saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Dalam hal ini, siswa diajak dan diajar untuk memiliki kemampuan dalam membantu dan membuat kerjasama tadi, yang diperlukan untuk mencapai tujuan bersama.

Adapun kolaborasi yang saya lakukan di kelas kali ini adalah membuat siswa mengingat kembali topik-topik pelajaran yang telah dilaluinya selama dua semester. Setidaknya setelah mereka ingat topiknya apa, akan lebih mudah membuat mereka mengingat isi topik tersebut dan bagaimana menyelesaikan pertanyaan-pertanyaannya. Hal ini dalam rangka siswa harus mempersiapkan diri kembali untuk ujian akhir semester, dengan bentuk ujian masih bersifat “paper based test”.

Aktivitas yang dilakukan sebagai berikut:
1. Membuat daftar topik pelajaran selama dua semester. Ketikkan di dalam Google Docs. Lalu bagikan ke semua siswa dan pastikan semua siswa diberikan akses yang sama yaitu bisa melakukan edit atas dokumen tersebut. Hanya edit, jangan akses sebagai admin atau menambah anggota baru.

2. Setelah siswa mempunyai dokumen yang sama, dimulailah kegiatan ini. Siswa wajib membuat minimal 10 soal sendiri (boleh juga mengambil dari soal-soal dari buku teks atau soal yang mereka sudah pernah kerjakan bersama saya di kelas, boleh dari internet), dan tidak boleh sama satu dengan yang lainnya. Terlebih variasi soal di matematika amatlah beragam.

3. Setiap soal yang mereka buat atau ambil dari sumber buku teks tadi ataupun dari internet, harus mendapat persetujuan dari saya sebagai gurunya. Persetujuan di sini dalam arti, memastikan soal berbeda antar siswa, bernalar dan benar bisa dicari jawabannya. Soal yang telah disetujui oleh saya, akan saya berikan tanda “ya” atau “oke” pada kolom komentar di dokumen Google Docs nya. Jika ada yang salah, juga saya tandai di mana kesalahannya dan meminta mereka perbaiki dulu. Dan bila perbaikan selesai, saya cukup memberikan klik “marked as resolved”.

4. Selain tugas membuat soal, mereka wajib pula menjawab soal buatan teman-temannya (tidak boleh menjawab soal sendiri). Dan inipun sama mendapat persetujuan saya sebagai jawaban benar atau kurang tepat.

5. Kegiatan ini menghabiskan 3 jam pelajaran @60 menit di kelas. Sesuai dengan jadwal yang saya rencanakan. Karena kegiatan ini juga online, saya tidak menutup kesempatan mereka melakukan perbaikan di rumah di waktu jam belajar mereka sendiri. Prosedur persetujuan sama seperti yang dilakukan di kelas.

Bentuk penilaian atas kegiatan ini adalah tetap individu. Rubrik penilaian (skala 1-5) sebagai berikut:
1. Kriteria minimal 10 soal, dengan masing-masing soal berbeda topiknya, terpenuhi.
2. Menjawab soal buatan temannya minimal sejumlah soal yang dibuatnya, terpenuhi.
3. Tingkat kesulitan / bobot soal yang dimasukkan di dalam dokumen.
4. Penggunakan g-Math add-ons untuk mempresentasikan persamaan / ekspresi / fungsi matematika di dalam dokumen.

Lalu, bagaimana dengan g-Math? Berikut langkah-langkah mengenal dan menggunakan add-ons ini dalam Google Docs:

Di dalam dokumen

1

2

Boleh ditonton video tutorialnya jika diperlukan, lalu install.

3

Setelah install g-Math, dapat membuat ekspresi matematika:

4

5

6

Membuat Grafik:

7

8

Membuat penampilan data statistik:

9

10

Membuat tulisan tangan:

11

12

Ini adalah salah satu contoh dari kegiatan belajar mengajar saya di dalam kelas, terutama menjelang ulangan akhir semester. Tentu saja, masih banyak kreatifitas lain yang dapat kita lakukan untuk membuat para siswa kita menjadi seorang pembelajar aktif.

Keuntungan lain dari kegiatan ini adalah di akhir kegiatan, saya menerima banyak sekali soal matematika. Sementara bagi siswa, seperti tiba-tiba, mereka memiliki bank soal (dengan lembar jawaban tentu saja), yang tersimpan amat rapi di “cloud” :)

Video berikut direkam saat kegiatan kolaborasi ini berlangsung di kelas.

Salam,
Hedy Lim

- Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guru Era Baru –

952 total views, 3 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!