17

Berbagi Ilmu Dengan Guru-Guru dan Kepala Sekolah SMP se-Depok (+7)

Pak Sukani @gurumelekIT February 6, 2014

Presentasi sukani awalGambar Tampilan Awal Presentasi (Dokumen Pribadi)

Selamat siang guraruers,

Semoga kita semua dalam keadaan baik, sehat dan dalam limpahan rahmad dari Allah SWT. Amin.

Alhamdulillah, senin (3/2/2014) saya dapat berbagi ilmu dengan guru-guru dan kepala sekolah SMP se-Depok dalam acara “Diklat Sosialisasi dan Implementasi Penilaian Kurikulum 2013 berbasis IT”. Artikel ini adalah lanjutan dari artikel yang ditulis oleh bapak Taufik Opik Ibra (Baca Parade Foto “Sukani Berbagi” di Depok, klik disini). Pagi hari itu saya bangun lebih awal untuk mempersiapkan diri dan sekaligus menjaga agar tidak datang terlambat. Pukul 05. 06 WIB saya mendapat sms dari seorang rekan guraru yaitu pak Subhan yang isinya menanyakan waktu pertemuan untuk menyiapkan materi diklat buat peserta dan sekaligus berpesan agar tidak nyasar. Saya pun mengiayakan untuk sepakat bertemu pukul 07.30 WIB di SMP Negeri 2 Depok. Sebelum berangkat saya sempatkan membuka google maps untuk mencari posisi tempat diklat diselengarakan sedangkan istri saya begitu sabar menyiapkan segala keperluan saya, dimana hidangan masakan sudah disiapkannya, baju sudah rapi, dan bahkan sepatu pun sudah disemirnya. Terimakasih istriku.

Pagi hari itu hujan turun, namun tidak menyurutkan niat saya untuk berangkat ke tempat Diklat lebih awal karena menghindari macet sehingga tidak terlambat. Pukul 07.20 WIB saya sudah tiba di SMP Negeri 2 Depok, tempat diklat dilangsungkan dan merupakan orang pertama yang datang paling awal. he..he..he… Jika melihat jadwal acara maka diklat dimulai pada pukul 08.00 WIB sehingga saya memiliki waktu yang cukup untuk beradaptasi dan sekaligus melihat kondisi lapangan. Saya memasuki suasana sekolah yang asri, sejuk dan bersih. Guru-gurunya pun ramah-ramah. Saya semakin betah disana.

Diklat pun akhirnya dimulai secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok yang diwakili oleh bapak Mochmmmad Nurdin, S.Pd, MM selaku sekretaris Dinas Pendidikan Kota Depok yang didampingi oleh Bapak Komar Suparman, M.Pd (ketua K3S kota Depok), Bapak Yanto Sugianto, M.Pd (Koordinator Pengawas Dinas Pendidikan Kota Depok), dan Bapak Sumarno, M.Pd (Tuan Rumah atau Kepala SMP Negeri 2 Depok). Diklat diikuti oleh guru-guru dan kepala sekolah SMP se-Depok.

Dalam berlangsungnya diklat ini, saya didampingi dan dibantu oleh guraru bapak Subhan dan bapak Ja’i dari Depok. Terimakasih pak atas bantuannya dalam menyiapkan segala sesuatunya.

Materi diklat saya mulai dengan memberikan motivasi (Mengubah paradigma guru dalam Pembelajaran Pembimbingan dan Penilaian) lalu dilanjutkan dengan materi penilaian pada kurikulum 2013 yang mencakup 3 ranah yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan ; penggunaan software penilaian digital untuk kurikulum 2013 ;  penggunaan classdojo dalam penilaian sikap dan presensi ; penggunaan e-learning edu20 dalam penilaian pengetahuan ; penggunaan drive google dalam penilaian diri dan pengetahuan ; serta penggunaan blog untuk pembelajaran dan penilaian.

Dalam diklat tersebut pula saya memperkenalkan penggunaan tablet untuk dijadikan sebagai mouse dan keyboard dengan mempraktikkan langsung pengggunaan tablet tersebut dalam presentasi. Untuk sementara pointer kesayangan saya tidak saya pergunakan, namun saya simpan di saku untuk jaga-jaga jika terjadi masalah atau lost koneksi. Presentasi awal saya buat dengan memanfaatkan powerpoint 2013 dengan tampilan agak berbeda dimana background presentasi saya buat Full Animasi dan saya berikan Sound Jeda (musik). Presentasi ke dua tentang penilaian pada kurikulum 2013 saya buat dengan Prezi untuk memberikan suasana presentasi yang berbeda yang Full Zooming. Presentasi seterusnya saya lebih ke hal praktis alias langsung praktik.

prezi sukaniGambar salah satu presentasi dengan menggunakan Prezi. (Dokumen Pribadi)

Antusias guru-guru dan kepala sekolah SMP di Depok dalam mengikuti diklat begitu tinggi dengan terbukti perhatiannya fokus kepada apa yang saya sampaikan dan banyaknya pertanyaan yang mereka ajukan. Alhamdulillah kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan sesuai dengan rencana yang diharapkan.

Diklat ini ditutup oleh kepala Dinas pendidikan kota Depok pada hari ke dua setelah sesi materi pembuatan blog/web oleh bapak Subhan. Pak Subhan adalah guru era baru yang memiliki motivasi kuat untuk mendorong guru-guru nge-blog dan memanfaatkannya untuk pembelajaran. Pak Subhan sudah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, termasuk video tutorial membuat blog/web.

Berikut ini saya dapat share beberapa presentasi saya :

  1. Mengubah paradigma guru dalam Pembelajaran Pembimbingan dan Penilaian. Silahkan Download DISINI.
  2. Penilaian pada Kurikulum 2013 yang mencakup 3 ranah yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Silahkan Download DISINI.

Demikianlah sharing saya guraruers, semoga bermanfaat.

Salam,

sukani
Sang pengembara..he..he..he..,

3,085 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

About Author

Pak Sukani @gurumelekIT

Pak Sukani @gurumelekIT merupakan guru matematika di SMK Bakti Idhata, Jakarta Selatan. Beliau merupakan seorang trainer, motivator dan pembicara dalam diklat maupun seminar-seminar di Indonesia. Passionnya adalah menulis dan mengembangkan IT untuk pembelajaran. Pak Sukani aktif mendorong guru-guru Indonesia agar melek IT dan memanfaatkannya untuk pendidikan. Kunjungi blognya di http://trainergurumelekit.wordpress.com atau 085695685815

View all posts by Pak Sukani @gurumelekIT →

Comments (17)

  1. Terimakasih pak Taufik @opikibra atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk berbagi dengan guru-guru dan kepala sekolah SMP di Depok. Insyaallah saya tidak kapok pak karena guru-guru dan kepala sekolahnya baik-baik dan ramah-ramah.

    Bagaimana pak Taufik, apakah sudah sembuh? Semoga sehat selalu.

    Salam buat keluarga,

  2. Terimakasih pak Namin atas komentar, kunjungan dan apresiasinya. Ayo persiapkan pak untuk keikutsertaan dalam Acer Guraru Award 2014 nanti. Tingkatkan pemanfaatan IT dan media sosial untuk pembelajaran. Menulis terkait hal-hal yang berkaitan dengan IT untuk mendukung proses pembelajaran baik di blog pribadi maupun di web guraru ini. Libatkan anak-anak dalam proses pembelajaran dengan memanfaatkan penggunaan teknologi. Salam hormat,

  3. Kalau kemaren tingkat kota depok, jangan lupa nanti berbagi ke SMPN 14 Depok, semua guru 14 menyambut baik, hanya tinggal menentukan waktu pada bulan februari (mau dibentuk panitia dulu). Terima kasih Pak Sukani

  4. Terimakasih atas komentar dan kunjungannya. Insyaallah pak Subhan. Semoga kita semua diberikan umur panjang. Terimakasih kembali buat pak Subhan yang telah begitu banyak membantu saya. Salam buat rekan-rekan guru di SMPN 14 Depok.

    Oh iya, saya suka video “Sukani Story” kemarin pak. Lucu dan Hmmm….TOP deh. Terimakasih ya.

    Salam hormat,

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar