3

Belajar Makin Asik dengan Mobile Edukasi (+3)

cekgurizal May 20, 2012

Mobile education, Istilah yang aktual dalam teori pembelajaran baru-baru ini. Jangankan orang awam, pelajar, tenaga pendidik perlu mengetahui Istilah mobile education ini.
Fase-fase dalam mendidik selalu dinamis, apalagi ditingkat sekolah menengah kejuruan bidang teknik audio video memerlukan strategi pembelajaran yang menarik agar kompetensi yang diharapkan akan tercapai.
Media elektronika hari ini berkembang dengan pesat, ‘tertidur sesaat’ saja kita akan tertinggal perkembangan media tersebut. Media elektronik yang berkembang pesat hari ini yang selalu dekat pada siswa adalah handphone.
Tidak di pungkiri bahwa kehadiran handphone dalam kehidupan siswa selain sebagai alat komunikasi, yang paling banyak digunakan adalah facebook yang dapat di browsing 24 jam secara online.
Sebagai tenaga pendidik yang berbasis elektro sangat ironis apabila tidak bisa mengikuti perkembangan media tersebut. Dengan memanfaatkan media elektronik pasti materi yang disampaikan dapat di akses secara online.

Benar saja, setelah kita upload dalam bentuk postingan pada sebuah website mini, di www.bjgp-rizal.com/ materi yang dapat berupa Artikel, Quiz, gambar, video, atau informasi edukasi yang lain siswa dapat mengaksesnya secara online 24 jam walaupun tidak terjadi tatap muka

Tampilan website via template

Permasalahan awal dalam pembelajaran berbasis online ini adalah siswa harus ke warnet-warnet dan menyiapkan uang minimal Rp.2000.-/jam (didaerah penulis) untuk mengakses materi yang disampaikan Artikel, Quiz, gambar, video, atau informasi edukasi. Sehingga siswa yang tinggalnya jauh dari warnet kewalahan dalam mengakses.

Tampilan web via HP

Pembelajaran mobile learning adalah bukti Inovasi pembelajaran memang tidak pernah ‘mati’. Surfing di google dengan kata kunci cara mengakses website melalui handphone, maka banyak penyedia gratisan di dunia maya menyiapkan website via handphone misalnya mipping dan MoFuse. Tapi ada trik paling mudah yang penulis telah terapkan melalui blogspot.com yaitu cukup menambahkan ?m=1 diujung link website kita maka website kita akan akan dapat diakses melaui handphone. Misalnya www.bjgp-rizal.com/ tampilan dalam bentuk website ketika kita tambah ujungnya dengan ?m=1 maka akan menjadi www.bjgp-rizal.com/?m=1 maka akan tampil dalam mode handphone.

Berdasarkan pengalaman para siswa, akses yang paling cepat melalui handphone adalah dengan menggunakan aplikasi opera mini. Dan biaya browsing sesuai dengan kartu yang digunakan masing-masing siswa. Ada banyak kartu yang menyediakan layanan internetan murah, kita tinggal pilih misalnya : XL, Exis, AS, dan lain-lain.
Agar website kita selalu link dengan siswa sehingga informasi akan selalu terjalin maka kita bisa buat group di jejaring sosial facebook caranya yaitu :
1. Buat group di facebook yang beranggotakan siswa/i kita
2. Buat status pada group tersebut jika ada pengumuman, informasi, himbauan ataupun tugas dengan meninggalkan link website kita
3. Maka semua siswa yang didalam group akan mendapat informasi terbaru ketika mereka akan membuat status terbaru FB.

Dalam Proses Belajar Mengajar penulis menggunakan modem smart frend, laptop acer plus infocus, maka pembelajaran online akan berlangsung. Kita tinggal menampilkan materi yang telah kita posting di website baik dalam bentuk gambar, video ataupun artikel, dan akhir pertemuan kita beri quiz yang dapat diakses melalui warnet ataupun handphone. Dan hasilnya tinggal di print sebagai barang bukti untuk penilaian.

Berikut ini beberapa picture yang bisa jadi dokumentasi penulis, untuk yang lainnya dapat di klik disini

Yusrizal Panjaitan, S.Pd : Penulis www.bjgp-rizal.com

Contoh Quiz online yang ada di www.bjgp-rizal.com/ dapat dilihat :

Contoh materi dalam bentuk video Editan dapat dilihat melalui HP

 

1,346 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (3)

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar