Artikel Pilihan

PRESENTASI MENARIK DENGAN PREZI

Salah satu daya tarik mengajar antara lain dengan performance penyampaian…

Selengkapnya

Artikel Pilihan

Tampilan Baru untuk Website Guraru

Guraru, tak terasa website Guru Era Baru (Guraru) hampir menginjak…

Selengkapnya

Artikel Pilihan

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Sendiri

Menjadi tiga besar artikel pilihan di bulan Juni 2014 memotivasi…

Selengkapnya

Lain-lain
Home > Kategori: > Belajar Kimia tentang Struktur Lewis secara Daring

Belajar Kimia tentang Struktur Lewis secara Daring (+1)

Penulis: Urip Kalteng
Kategori:

Mempelajari ikatan kimia tidak pernah lepas dari bahasan tentang menggambara stuktur Lewis. Meskipun ini adalah "akal-akalan" dalam upaya memahami ikatan kimia yang dapat ditempuh dengan berbagai cara namun logis. Untuk itulah hingga kini dalam pembelajaran ikatan kimia selalu menggunakan gambaran "dot matrik" cara Lewis. Perlu penjelasan yang cukup untuk bisa memahami dan latihan berbagai molekul maupun ion poliatomik.

Untuk mempelajari hal itu sedikit terbantu dengan adanya sarana belajar on line dan bersifat interaktif. Guru tidak perlu lagi harus mengecek kerjaan siswa dalam menggambar struktur Lewis dari suatu molekul. Namun demikian tentu diperlukan penjelasan awal bagaimana konsep penggambaran struktur Lewis yang dimaksud. Misalnya bagaimana menerapak aturan duplet dan aturan oktet serta berbagai kemungkinan penyimpangan aturan dalam struktur Lewis nantinya. Bagaimana menuliskan ikatan, menentukan jumlah pasangan elektron bebas, menentukan jumlah pasangan elektron berikatan. Bahkan sampai pula pada hal tentang struktur resonansi juga muatan formal. Itulah peran guru dalam mengantarkan siswa mempelajari bahasan ikatan kimia.

Jika bahasan di atas selesai, maka tiba saatnya mempraktikkan segala aturan tentang ikatan kimia. Diperlukan kesabaran dalam pendampingan bahasan ini. Sekali lagi dengan adanya sarana belajar interaktif secara on line yag bisa diakses siswa kapan saja dan di mana saja. Siswa akan bisa melakukan simulasi dalam penggambaran struktur Lewis dan langsung mendapat respon akan tindakan yang dilakukan serta mendapatkan saran serta penjelasan dari apa yang ia lakukan.

Meskipun pembelajaran on line tersebut masih menggunakan bahasa Inggris itu tidak jadi soal, sekalian siswa sambil belajar bahasa :). Ok berikut ini adalah screeshoot web yang saya maksud. untuk menuju ke alamat web ini silahkan klik gambar berikut.

Untuk memulainya klik spin (segitiga kecil) pada PICK COMPOUND untuk memilih senyawa yang akan digambarkan, selanjutnya ikuti prosedurnya.

Selamat belajar, selamat bereksperimen :)

urip.wordpress.com

170 total views, 1 views today



Harap login untuk Vote UP postingan ini.


No comments yet

You must be logged in to post a comment.

Panduan

Mari bergabung dengan Guru Era Baru! Baca panduan disini.

Panduan Bergabung

Klik Disini
Dr. Acer

Punya pertanyaan seputar komputer dan produk Acer lainnya?

Tanya Dr. Acer

Submit