10

Belajar Membuat Video Animasi Untuk Siswa (+7)

Rakhmad May 8, 2015

Selain menjadi guru kelas saya juga mengajar TIK.  Di  Madrasah kami anak-anak mulai kelas satu sudah mulai belajar tentang seluk-beluk computer. Selanjutnya naik ketingkat selanjutnya diajarkan menggambar computer yang biasanya menggunakan Paint. Akhirnya di kelas empat siswa belajar Windows Movie Maker.

Awal pembelajaran dalam Windows Movie Maker siswa saya ajak untuk mendokumentasikan foto keluarga menjadi video. Dengan menggabungkan lagu dan foto jadilah dokumentasi dalam video. Disini siswa dilatih untuk mendokumentasikan dari bentuk tulisan, gambar dan video.

Karena awal siswa sudah faham tentang paint. Selanjutnya siswa dilatih untuk mengambar setiap detail proses pembuatan gambar untuk disimpan dalam file Jpeg, png dan lainnya. Dari detail-detail ini siswa memasukkan ke dalam Windows Movie Maker dan jadilah animasi video sederhana. Selamat Mencoba.

Di bawah ini hasil karya siswa:

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Menulis Guraru untuk Bulan Pendidikan berhadiah Acer One 10

1,716 total views, 1 views today


Harap login untuk Vote UP postingan ini.

Comments (10)

  1. lama sudah saya tidak pernah pakai software yg tersemat di windows xp ini, yang jelas dengan kreativitas guru hal sederhana bisa menjadi wah..
    sekedar saran, untuk animasi gunung meletusnya lebih bagus lagi bila pakai adobe flash

  2. Pembelajaran seperti ini menarik, kreatif & inovatif, dengan belajar membuat video animasi berdasarkan tema/konsep tertentu jg bisa membantu siswa mempelajari & memperoleh pengetahuan mengenai konsep video animasi yang dibuat. Misalnya temanya tentang tata surya, siswa membuat konsep video animasi isinya Susunan Planet dalam Tata Surya otomatis siswa juga akan mempelajari susunan planet dalam tata surya.

    KEREN.. 🙂

You must be logged in to post a comment.

Login to your account

Can't remember your Password ?

Register for this site!

Skip to toolbar